Cara Download Windows 11, Bagaimana? Ini Dia Langkahnya!

Cara download Windows 11 bisa Anda lakukan langsung di perangkat PC atau laptop yang Anda pakai. Penginstalan Windows 11 ini bisa Anda dapatkan secara gratis saja.

Hari ini, 5 Oktober 2021, Microsoft akan melakukan peluncuran Windows 11 sebagai sistem operasi untuk seluruh pengguna Microsoft. Windows 10 akan membawa sejumlah peningkatan dari seri sebelumnya, Windows 10.

“Dengan senang hati, kami umumkan, Windows 11 sudah tersedia mulai 5 Oktober 2021,” ungkap pihak Microsoft yang ia tulis dalam blog resminya beberapa waktu waktu.

Windows 11 bisa terinstall di PC atau Perangkat laptop Windows 10 yang telah menemui persyaratan. Dari segi perangkat keras, usia perangkat, matrik keandalan, dan beberapa faktor lain. Lantas bagaimana cara mendownloadnya?

Bagaimana Cara Download Windows 11?

Microsoft juga menuliskan beberapa penjelasan lain terkait peluncuran Windows 11 ini. “Pembaharuan akan meluncur dari waktu ke waktu pada setiap perangkat di pasar.

Hal in akan mempertimbangkan beberapa faktor seperti kelayakan perangkat keras, usia perangkat, metrik keandalan, serta faktor yang masih memberikan pengaruh dalam peningkatan.

Sehingga, kami sangat berharap untuk semua perangkat yang telah memenuhi kriteria tersebut bisa mendapatkan update segara gratis ke Windows 11 hingga pertengahan 2022.”

Karena menggunakan sistem gulir atau bertahap, perangkat baru yang kompatibel akan menjadi prioritas utama Microsoft, kemudian barulah semua pengguna bisa ikut merasakan Windows 11 di perangkat atau PC-nya.

Baca juga:  Cara Mudah Cek VGA Pada Laptop Windows

Simak Cara Download Windows 11 di Laptop dan PC

Bagi Anda pengguna Laptop atau komputer dengan spesifikasi minimum, segera saja lakukan pengunduhan secara gratis Windows 11 dengan langkah-langkah di bawah ini:

Buka pengaturan (settings). Akses setting ini bisa Anda dapatkan di bagian ba4 notifikasi yang terletak di pojok kanan bawah layar. Gulir ke bawah, kemudian klik pada bagian “Update & Security”.

Di halaman Update & security tersebut, nantinya Anda akan berhadapan dengan tab Windows Update. Silahkan Anda klik di bagian “Check For Updates”. Hal ini adalah untuk memeriksa apakah Windows 11 tersedia untuk diinstal di perangkat Anda atau tidak.

Apabila sudah tersedia, langsung saja klik tombol update, dan proses penginstalan akan segera berlangsung.

Fitur Utama yang Tersedia di Windows 11

Setelah tahu bagaimana cara download Windows 11, ada baiknya Anda juga tahu tentang beberapa fitur barunya. Sistem operasi Window 11 menyuguhkan beberapa fitur baru yang bisa dinikmati pengguna nantinya. Desain Windows 11 tampil lebih bersih dan era suara baru.

Menu Start akan tampil di bagian tengah. Start ini juga akan bermanfaat untuk cloud dan Microsoft 365 fungsinya untuk menampilkan file yang dibuka, meski sedang Anda gunakan dari perangkat lain.

Windows 11 juga mempunyai cara baru untuk terhubung ke pengguna dengan lebih mudah dengan tersematnya fitur Snap Layouts, Snaps Groups, dan Desktops. Kemudahaan lainnya juga tampak pada Chat dari Microsoft Team yang tergabung ke taskbar.

Baca juga:  Cara Melacak Lokasi No HP Dengan Google Earth Dengan Tepat dan Mudah

Windows 11 membawa kabar bahagia juga kepada kalangan gamers yang kini terdapat fitur gaming. Anda DirectX 12 Ultimate, DirectStorage, Xbox Game Passs for PC or Ultimate yang bisa Anda gunakan untuk mengakses 100 game PC lebih.

Dari segi Microsoft Store, tampilannya juga sudah mengalami perubahan sehingga pengguna lebih mudah untuk mencari aplikasi, acara, game, atau film. Dengan peluncuran Windows 11 ini, akan berpotensi untuk untuk toko aplikasi pengguna terbuka ke para developer dan ISV (Independent Software Vendors).

Cara download Windows 11 dengan desain dan rancangan baru, kabarnya menyematkan fitur aksesibilitas yang menjadikannya lebih ramah bagi para penyandang disabilitas. Kecepatan dan dukungan layar sentuh, pena digital, serta input suara sudah terdapat di Windows 11 ini.

Tersedia Untuk PC dan Perangkat yang Memenuhi Spesifikasi Minimum

Microsoft sudah memberi penjelasan terkait hal ini. Spesifikasi minimum ini sangat perlu untuk mendukung kinerja dan keamanan ketika menerapkan cara download Windows 11.

Ketika ujian internal Microsoft berlangsung, ada beberapa informasi yang mereka dapatkan yakni perangkat. Baik PC atau laptop yang tidak memenuhi kriteria atau biasa disebut Blue Screen, yakni tidak memenuhi persyaratan minimum 52 % lebih banyak dari mode kernel crash.

Nah, begitulah kiranya cara download Windows 11 di perangkat PC atau Laptop secara langsung. Beberapa fitur utama sudah kami ulas pula. Ini akan mempermudah Anda dalam mengakses perangkat Anda selanjutnya. Sehingga segera lakukan pembaruan perangkat Anda yang tentunya sudah memenuhi persyaratannya.

Baca juga:  Cara Mengganti Font atau Jenis Huruf di IG Stories, Jadi Tambah Keren