Cara Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi Mudah, Syarat Keluar Rumah

Cara menggunakan aplikasi Peduli Lindungi menjadi hal yang sangat penting sekarang ini. Karena, aplikasi tersebut saat ini juga, menjadi aplikasi yang harus dimiliki oleh setiap individu. Bahkan ibaratnya, tanpa aplikasi tersebut, kita tidak bisa keluar rumah.

Kemudian, aplikasi tersebut juga menjadi salah satu syarat untuk masuk ke berbagai fasilitas umum, seperti sekolah, rumah sakit hingga pusat perbelanjaan. Cara untuk mengaplikasikan aplikasi tersebut juga menjadi hal yang harus diperhatikan, pada masa pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Oleh karena itu, miliki aplikasi ini untuk memudahkan urusan di luar rumah, apalagi Anda yang sudah vaksin.

Peduli Lindungi mempunyai berbagai jenis fungsi. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk paspor digital Covid-19. Selain itu, di dalam aplikasi juga ada data dari sertifikat vaksin. Sehingga, tidak heran apabila pemerintah menetapkan aplikasi tersebut sebagai syarat untuk melakukan perjalanan.

Cara Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi yang Mudah

Masyarakat yang akan berkegiatan harus melakukan check-in serta check-out, dengan Peduli Lindungi. Caranya adalah dengan scan barcode. Setelah scan selesai, nantinya akan terlihat status vaksinasi serta riwayat Covid-19. Seseorang atau masyarakat boleh masuk, apabila sudah menunjukan scan barcode tersebut.

Terdapat juga beberapa fitur penting sebagai informasi vaksin juga penataan jumlah kasus yang positif covid, sekitar Anda. Meskipun sudah marak, akan tetapi bagi para pemula, masih banyak yang bingung dengan bagaimana cara menggunakannya.

Baca juga:  Ini Dia Tutorial Mengunci Sinyal 4G LTE Smartphone

Poin pertama dan merupakan poin yang paling penting adalah, Anda harus memiliki aplikasi dan akun. Caranya adalah tentu dengan mengunduh aplikasi dari Playstore maupun Appstore. Pastikan koneksi internet Anda lancar jaya, tanpa hambatan. Apabila proses download sudah selesai maka, silahkan Anda buka aplikasinya, akses lokasi, penyimpanan juga kameranya.

Kemudian, silahkan Anda membuat akun dengan cara mengisi nama lengkap, nomor ponsel, juga nomor KTP atau NIK. Tetapi, apabila Anda sudah mempunyai akun, Anda hanya butuh login dengan menggunakan nomor telepon saja. Pasalnya, nomor tersebut sudah terdaftar dan masukkan juga kode OTP. Guna melakukan verifikasi. Kode OTP tersebut, biasanya akan dikirim melalui SMS ke nomor ponsel.

Peduli Lindungi untuk Perjalanan

Setelah Anda memiliki akun, dan bisa login dengan menggunakan nomor ponsel yang sudah terdaftar, juga memasukkan kode OTP, Anda akan melihat tampilan awal dari aplikasi tersebut. Akan terdapat beberapa menu, antara lain Pendaftaran Vaksin, Scan Barcode, Teledokter, Paspor Digital, Diary Perjalanan, hingga Info Penting.

Bagi Anda yang hendak menggunakan aplikasi ini untuk menjadi syarat perjalanan. Caranya adalah dengan menekan Paspor Digital pada menu aplikasi. Jika Anda sudah melakukan perintah tersebut, maka akan ada sub-menu, yakni Sertifikat Vaksin dan hasil test Covid-19. Sub-menu sertifikat vaksin akan menunjukkan sertifikat, apabila Anda itu sudah melakukan vaksin. Sedangkan sub-menu yang ke berikutnya, akan menunjukkan hasil tes covid-19.

Baca juga:  7 Game Simulator Mobil di HP Android Terbaik 2019

Cara Melakukan Scan Barcode

Setelah mengetahui beberapa informasi yang berkaitan dengan aplikasi dari pemerintah tersebut, penting juga Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk scan barcode. Tentu saja, Anda harus membuka aplikasi tersebut dan login. Tugas yang selanjutnya, silahkan Anda tekan menu Scan QR Code. Selanjutnya, scan QR Code yang berada di pintu masuk. Maka, Anda bisa menunjukkan hasilnya ke petugas.

Hasil pemindaian tersebut, nantinya juga akan memberikan kejelasan, apakah Anda itu boleh masuk atau tidaknya. Apabila warna nya yang keluar itu adalah hijau, maka Anda boleh masuk. Tapi, jika warna yang muncul itu adalah kuning. Petugas akan melakukan verifikasi ulang. Sedangkan warna merah, jangan berharap petugas akan membiarkan Anda untuk masuk.

Bagi Anda yang sudah memiliki aplikasi anjuran dari pemerintah tersebut, jangan lupa perbarui, apabila terdapat perintah untuk Anda melakukannya. Apabila Anda mengalami suatu masalah yang sekarang ini memang viral terjadi, perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyebabnya adalah, Cache tidak rutin Anda periksa dan hapus. Peduli Lindungi tidak akan menerima perintah apapun dari Anda, dan langsung saja keluar.

Mari bersama menuju Indonesia yang sehat dan gemilang. Dengan mengamalkan cara menggunakan aplikasi Peduli Lindungi tersebut.