Kecepatan Akses Internet Paling Ngebut di Indonesia, di Kota Mana Ya?

Kecepatan akses internet di Indonesia ternyata bukan Jakarta, melainkan kota Tangerang yang saat ini menduduki peringkat teratas. Hal ini telah terungkap dari sebuah laporan Speedtest yang sudah menyediakan pengujian terhadap koneksi kecepatan internet.

Hasilnya terungkap bahwa Jakarta serta kota-kota pendukung lain menempati empat besar, hal ini sesuai laporan dari Speedtest tersebut. Sehingga kota Tangerang berhasil mengalahkan Jakarta sebagai salah satu kota dengan koneksi internet yang super ngebut. Bagaimana dengan kota lain di Indonesia?

Inilah Kecepatan Akses Internet di Indonesia Paling Teratas dan Super Ngebut

Kita sedang hidup di zaman yang serba online sehingga jaringan internet menjadi hal utama dan paling penting bagi semua orang. Sedangkan salah satu hal yang paling penting lagi adalah dengan memiliki kecepatan unduh dan unggah yang super cepat.

Selain itu keberadaan internet akan memudahkan para penggunanya, seperti belanja online, belajar, bekerja dan masih banyak lagi lainnya. Namun apa jadinya jika koneksi lemot? Tentu akan membuat pengguna merasa jengkel.

Jadi kecepatan akses internet merupakan hal terpenting, karena selain memudahkan untuk melakukan kegiatan, juga tidak membuat rasa marah. Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini perkembangan internet mampu membuat teknologi juga semakin maju.

Beberapa jaringan yang ada seperti 3G, 4G hingga 5G sekarang sudah ada di Tanah Air yang tentunya akan memudahkan para penggunanya. Meski demikian tidak semua daerah dan kota juga memiliki akses internet yang cepat, bahkan ada yang sangat lemot.

Baca juga:  4 Keputusan Tak Terlupakan Selamanya Dalam Raksasa Bisnis Internet

Tangerang Menjadi Urutan yang Pertama

Kecepatan akses internet di kota Tangerang menduduki urutan yang paling atas, hal ini sebagaimana hasil laporan dari Speedtest. Kesimpulannya Tangerang menjadi salah satu kota dengan jaringan internet seluler tercepat dan kencang.

Pasalnya kota tersebut memiliki kecepatan unduh hingga mencapai rata-rata hingga 24,69 Mbps. Sementara untuk kecepatan unggahnya mencapai hingga 14,85 Mbps dengan latensi hingga sebesar 28 ms.

Dari catatan Speedtest menunjukkan bahwa Tangerang menjadi salah satu kota yang memiliki kecepatan internet tercepat dan terbaik. Karena tangerang mampu menunjukkan kecepatan unduh rata-rata tercepat daripada kota lain di Indonesia.

Lalu bagaimana untuk kota Jakarta dan kota pendukung lainnya? Apakah jaringan internetnya masih lemot, atau malah juga sudah cepat? Simak ini!

Kota Jakarta Menjadi Urutan Kedua dan Disusul Kota Lain

Rupanya kecepatan akses internet kedua ini menunjukkan bahwa kota Jakarta sudah mampu menduduki peringkat kedua setelah Tangerang. Sebagai salah satu kota menyandang status Runner Up, rupaya Jakarta memiliki kecepatan unduh rata-rata mencapai 23,94 Mbps.

Selain itu dengan kecepatan mengunggah hingga 13,23 Mbps dengan latensi hingga 30 ms. Sementara kota Bekasi sebagai urutan yang ketiga dengan memiliki kecepatan unduh mencapai 23,48 Mbps.

Untuk kecepatan unggahnya mencapai 14,09 Mbps dengan latensi 24 ms. Sedangkan pada urutan yang keempat dan kelima, rupanya kota Depok dan Makassar telah berhasil menduduki posisi itu.

Baca juga:  Inilah 5 Resiko Jika Anda Menggunakan Payment Via Pay Later

Untuk kota depok memiliki rata-rata kecepatan unduh hingga 23,07 Mbps, upload hingga 14,119 Mbps dan latensi sebesar 26 ms. Sedangkan kota Makassar memiliki kecepatan hingga 22,37 Mbps upload sebesar 11,58 Mbps dan latensinya sebesar 49 ms.

Hasil Riset pada Kuartal II (Q2)

Perusahaan Ookla rupanya telah meriset tentang kecepatan akses internet sejak dua bulan yang lalu pada kuartal II periode 2021 di beberapa negara. Secara umum, negara Indonesia hanya memiliki rata-rata kecepatan unduh mencapai 22,14 Mbs. Kecepatan unggahnya 12,62 Mbps dengan latensi 36 ms.

Namun berbeda lagi dengan koneksi seluler, terutama pada Fixed Broadband yang ternyata Jakarta menduduki peringkat paling atas. Kota tersebut rupanya memiliki kecepatan rata-rata download mencapai 32,86 Mbps dengan upload hingga 23,58 Mbps.

Sehingga khusus untuk koneksi Fixed broadband tersebut, rupanya Tangerang malah berada pada peringkat ke delapan. Untuk peringkat kedua masih sama yaitu kota Depok dengan kecepatan download hingga 29,77 Mbps dan download 15, Mbps.

Dari Speedtest tercatat bahwa kecepatan jaringan internet mobile Indonesia sebesar 22,14 Mbps, upload 12,61 Mbps dan latensi 36 ms. Sedangkan untuk Fixed Broadband adalah kecepatan rata-rata di Indonesia mencapai 26,17 Mbps, upload 15,27 mbps dan latensi 19 ms.

Kesimpulannya bahwa kecepatan akses internet menurut catatan Speedtest bahwa Tangerang yang menjadi kota dengan kecepatan koneksi terbaik. Sementara kota Jakarta menduduki peringkat kedua setelah Tangerang (khusus Speedtest).

Baca juga:  6 Cara Rahasia Menghasilkan Uang Tanpa Kerja Keras, VIRALL.!!