Tanda Akun Facebook Dibajak dan Cara Mengatasinya, Simak di Sini!

Tanda akun Facebook dibajak adalah hal yang sebenarnya sangat penting untuk Anda ketahui. Meski aplikasi Facebook ini terbilang jejaring sosial media lawas, namun tidak menjadikan pengguna aplikasi tersebut berkurang.

Bahkan sebelum kemunculan TikTok, Facebook menjadi platform sosial media pertama yang terus mempunyai peningkatan jumlah pengguna. Aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini selain sebagai media untuk messenger, juga bisa berguna untuk mengunggah atau melihat foto, video hingga berita terbaru.

Namun teryata, seiring perkembangnya teknologi ini, tidak serta merta membawa hal-hal yang baik saja. Teknologi yang sudah modern ini terkadang banyak penyelewengan, salah satunya yaitu untuk meretas akun Facebook orang lain.

Hal inilah yang menjadikan para pengguna merasa tidak aman dengan data pribadi dan privasi ketika berselancar di Facebook. Tidak hanya satu dua pengguna saja yang pernah mengalami kasus ini. Mungkinkah Anda salah satunya?

Tanda-Tanda Akun Facebook Dibajak, Apa Saja?

Meski setiap aplikasi sudah tersemat sistem keamanan masing-masing, bukan berarti bisa bebas dari pembajakan. Begitu juga dengan Facebook, terkait dengan adanya pembajakan akun Facebook seseorang, sebenarnya sudah ada peringatan dari pihak Facebook itu sendiri melalui laman resminya.

Akun Facebook seseorang sering terkena bobol oleh oknum tidak bertanggung jawab, lantaran akun tersebut Anda gunakan untuk melihat aktivitas yang mencurigakan. Namun, tidak hanya itu saja, sebab tidak jarang pelaku peretasan menggunakan sampel acak untuk melakukan peretasan.

Baca juga:  Cara Mengatasi Laptop Hang dan Tidak Merespon

Dalam hal ini, yang perlu Anda tahu terlebih dahulu adalah tanda akun Facebook dibajak itu apa saja. Sehingga Anda nantinya bisa berpikir solusi untuk mengatasinya.

Ciri-Ciri Akun Facebook Kena Bajak

Sebuah akun yang sudah pindah ke tangan orang lain, tentu akan menunjukkan kejanggalan. Hal ini bisa menjadi pedoman Anda untuk mewaspadainya. Lantas apa saja kejanggalan dan tanda-tanda itu?

Ada sekitar 5 tanda yang muncul jika sebuah akun terbobol. Setidaknya satu atau dua tanda jika terjadi di dalam akun Facebook Anda, maka segera tangani karena mungkin saja Facebook Anda memang sudah berada di tangan selain Anda.

Pertama, ketika Anda mendapati Email atau Password (kata sandi) Facebook Anda berubah. Kedua, apabila nama dan tanggal lahir di akun Facebook Anda sudah berubah.

Tanda selanjutnya akan tampak ketika permintaan pertemanan terkirim kepada seseorang yang tidak Anda kenal. Keempat, adanya sebuah pesan yang terkirim semnentara Anda tidak pernah menulisnya.

Untuk tanda yang kelima, ini adalah tanda yang paling umum terjadi pada setiap kasus pembobolan akun, yakni adanya postingan yang tidak pernah Anda buat sebelumnya.

Apabila salah satu dari tanda akun Facebook dibajak di atas terjadi pada akun Facebook Anda, maka segera tindaklanjuti. Sebab hal ini akan menyangkut privasi dan data diri Anda jika Anda biarkan terlalu lama.

Baca juga:  Tutorial Membuat Kamera Smartphone Menjadi Kamera Pintar

Bagaimana Cara Mengatasi Akun Facebook Terbobol Orang?

Mengetahui tanda saja tidak cukup jika tidak ada tindakan mengatasinya. Sebenarnya, Anda bisa melihat apakah seseorang sedang menyelam dengan akun Anda melalui lokasi penggunaan akun.

Sedangkan untuk cara keluar (logout) dari Facebook dari perangkat komputer, ponsel atau yang lainnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Tanda akun Facebook dibajak bisa Anda tangani dengan masuk ke Facebook dan pergi ke pengaturan Keamanan dan Login. Kemudian buka di bagian Tempat Anda Login. Klik pada bagian Lihat, dan Anda bisa menyusui satu per satu tempat Anda pernah Login Facebook.

Pilihlah sesi tempat yang ingin Anda akhiri lalu klik, atau Anda juga bisa mengklik logout. Dengan demikian, Akun di perangkat tersebut sudah akan keluar dengan sendirinya.

Jika sudah selesai semua proses di atas, jangan lupa untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk menjadikan akun Anda lebih kuat. Selengkapnya, bisa Anda simak pengaktifan Two-Step Authentication.

Langkah Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor di Facebook

Pertama, pergi ke pengaturan Keamanan dan Login akun Facebook Anda. Scroll ke bawah ke bagian Gunakan Autentikasi dua faktor, kemudian klik di bagian Edit. Anda bisa memilih metode keamanan yang ingin Anda tambahkan dan terus ikuti arahan di layar tersebut.

Saat Anda di dalam halaman autentikasi dua faktor ini, Anda harus memilih salah satu dari tiga metode keamanan dari Facebook. Pertama, yakni ketuk kunci keamanan yang ada di perangkat kompatibel. Dua, kode SMS dari ponsel Anda, terakhir, kode login dari aplikasi autentikasi pihak ketiga.

Baca juga:  Cara Mengatasi Komputer Lemot dan Lambat

Itulah tanda akun Facebook dibajak dan cara mengatasinya. Bisa Anda praktekan sendiri jika Anda Facebook Anda mulai terlihat kejanggalan. Sehingga tidak ada lagi oknum tidak bertanggung jawab yang meretas akun Facebook Anda.