WA Facebook Instagram Down, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

WA Facebook Instagram down atau mengalami gangguan koneksi tepatnya pada Senin (4/10) malam. Berdasarkan situs pelacakan, Downdetector gangguan tersebut memiliki potensi yang berdampak pada puluhan juta penggunanya.

Ketiga aplikasi tersebut mengumumkan permintaan maaf serta memberi penjelasan. Mengenai koneksi down yang terjadi melalui sosial media Twitter. Ketiganya juga mengungkapkan bahwa sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah koneksinya yang sedang down tersebut.

Penyebab WA Facebook Instagram Down

Tentunya tidak hanya kesulitan dalam mengakses WA, Facebook, dan Instagram. Namun saat itu tidak dapat mengakses ketiga aplikasi tersebut sama sekali. Hal ini pastinya menjadikan banyak orang merasa kebingungan.

Padahal ketiga aplikasi tersebut penggunaannya terbilang sangat penting. Mengenai alasan ketiga aplikasinya menjadi down, memang belum dapat memastikannya. Kemungkinan adanya maintenance internal atau masalah dengan server pada ketiga platform tersebut.

Bahkan kemungkinan lainnya layanan tersebut sedang diserang. Dalam pengujian BleepingComputer, ternyata pada server DNS WA, Facebook, dan Instagram tidak merespons alias down. Hal ini yang menunjukkan bahwa adanya kesalahan konfigurasi DNS atau adanya masalah server.

Masalah yang terjadi memang bukan hanya terjadi di Indonesia. Namun seluruh dunia juga mengalami masalah down tersebut. Sementara itu, Facebook menyampaikan melalui keterangan pada akun twitter.

Pihaknya menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin. Untuk dapat segera memperbaiki masalah yang terjadi tersebut. Pihaknya juga menyampaikan permohonan maafnya atas ketidaknyamanan tersebut.

Baca juga:  5 Game PC RPG Ringan Ukuran Kecil Terbaik 2018/2019

Menjadi Trending Topic

WA Facebook Instagram down secara bersamaan, masalah ini membuat keyword WhatsApp serta tagar Instagram Down. Bahkan hal tersebut menjadi trending topic. Menurut situs Downdetector.com, masalah ini terjadi pada sejumlah negara.

Terdapat sekitar 60 ribu penggunanya yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down tersebut yang melapor mencapai 54 ribuan. Keluhan penggunanya paling banyak yaitu tidak mengakses aplikasi, website yang error, serta koneksi servernya yang tumbang.

Para penggunanya yang terdapat di seluruh dunia termasuk Swiss, Malaysia, dan Monaco. Selain itu negara Jepang, Inggris, Indonesia, Kanada, Iran, Israel, Argentina, dan yang lainnya. Semuanya mencurahkan tumbangnya layanan media sosial Facebook tersebut.

WA Facebook Instagram sedang down, maka pengiriman pesan WA pada malam tersebut mengalami gangguan. Bahkan juga tidak dapat mengirimkan pesan alias tidak ada centang sama sekali. Pengiriman pesannya hanya meninggalkan status seperti lambang jam atau belum terkirim.

Hal tersebut yang terjadi sejak pukul 22.30 WIB. Sedangkan pada aplikasi Instagram tidak menampilkan halaman terbaru atau tidak dapat refresh.

Bahkan pada halaman reels hanya menampilkan layar hitam. Mengenai situs Facebook hingga Selasa pukul 00.13 yang tidak dapat membukanya sama sekali.

Cara Mengatasinya

Apabila penyebab WA Facebook Instagram down dari kerusakan server pusatnya. Tentunya memang tidak ada cara lain, Anda perlu untuk menunggu servernya hingga pulih kembali.

Baca juga:  Cara Mudah Mendapatkan Gold Bar yang Banyak Di Game Life After

Sehingga pastikan Anda memiliki aplikasi chatting lainnya bukan hanya WA. Untuk dapat terhubung dengan kolega Anda atau yang paling mudah melakukannya melalui email. Pada dasarnya perlu untuk memiliki aplikasi tertentu. Penggunanya juga perlu memiliki suatu akun emailnya yang aktif.

Anda juga perlu mengecek status Instagram melalui beberapa situs terlebih dahulu. Dengan mengecek status situs WA Facebook Instagram yang sebenarnya sedang down atau hanya error. Anda dapat menggunakan 3 situs independen untuk mengetahuinya.

Seperti halnya menggunakan Is It Down Or Just Me (https://isitdownorjust.me/). Selain itu situs Is It Down Right Now (https://www.isitdownrightnow.com/). Bahkan melalui Down Detector (https://downdetector.co.uk/).

Apabila menggunakan ketiga situs tersebut, Anda cukup mengetikkan instagram.com . Sehingga akan mengetahui status Instagram tersebut sedang down atau tidak. Penggunaan ketiga situs tersebut dapat Anda akses secara gratis.

Sebelumnya memang banyak yang menanyakan untuk mengatasi WhatsApp, Facebook, dan Instagram tersebut. Hal tersebut yang terjadi secara massal serta murni dari pihak utamanya.

Maka yang dapat menyelesaikan masalah tersebut, tentunya hanya pihak pengembang dari aplikasinya. Namun, Anda juga masih dapat menggunakan alternatif aplikasi lainnya. Untuk menggantikan aplikasi tersebut sementara waktu.

Saat ini cukup banyak alternatif aplikasi lainnya yang dapat Anda gunakan. Meskipun penggunaannya hanya untuk sementara waktu saja. Tidak hanya mengandalkan WA Facebook Instagram yang sedang down tersebut.

Baca juga:  Inilah 9 Aplikasi Pembuat Logo Gratis Untuk Android Maupun PC