Kami melihat Bahwa ASUS sebagai pabrikan yang tidak pernah bosan merilis notebook baru. Dan belum lama ini, notebook terbaru yang mereka rilis adalah ZenBook Flip S, yang diklaim katannya sebagai notebook konvertibel tertipis di dunia. ZenBook Flip S adalah notebook premium, yang berarti harganya sangat mahal.

Review ASUS ZenBook Flip S
Review ASUS ZenBook Flip S

ASUS mendesain ZenBook Flip S dengan dua hal, desain dan kekuatan. Sampai artikel ini dibuat, ZenBook Flip S masih terdaftar sebagai notebook konvertibel tertipis di dunia. Ketebalan rata-rata notebook konvertibel umumnya sekitar 13 mm. Sementara ZenBook Flip S hanya 10.9 mm. Namun, sebenarnya bukan hanya tipis, karena bobotnya sangat ringan, yaitu hanya 1.1 kg. Setelah kami mengetahui, ternyata ASUS menggunakan aluminium 6013 yang biasanya digunakan untuk industri otomotif dan pesawat terbang.

Review ASUS ZenBook Flip S
Review ASUS ZenBook Flip S

Ini adalah salah satu penyebab mengapa Notebook ini sangat ringan. Jika kita melihat bagian depan, versi Royal Blue membawa karakteristik Zen Style yang berkilau. Warna biru ini dibawa ke bagian dalam notebook juga.

Sementara itu, seluruh tepi notebook diperindah oleh garis-garis berwarna emas yang sesuai dengan keyboard. Diklaim sebagai notebook konvertibel tertipis, port otomatis yang disediakan agak terbatas.

Di sisi kiri, ada port USB C dan jack audio. Di sisi kanan, ada juga satu port USB C yang disertai sensor sidik jari datar, volume jack, dan tombol power.

Review ASUS ZenBook Flip S #5
Review ASUS ZenBook Flip S #5

Sadar bahwa port terbatas, ASUS juga menyertakan satu multi-adaptor di dalam kotak. Sebagai notebook konvertibel, layar ZenBook Flip S dapat dilipat 360 derajat yang dapat Sobat gunakan sebagai tablet raksasa. ASUS mengklaim engsel ErgoLift pada notebook ini sangat kuat, sudah teruji hingga 20 ribu kali.

Baca juga:  Hanya 12 Jutaan, Xiaomi Produksi Laptop Gaming Ala Macbook

Berbicara tentang engsel, kami menemukan bahwa ada sesuatu yang sangat unik. Ketika kita membuka layar ke sudut lurus 90 derajat, semuanya biasa saja. Namun ketika layar ini tersebar di 90 derajat, posisi engsel akan berubah yang menyebabkan area keyboard sedikit dinaikkan.

ASUS sengaja mendesainnya seperti ini demi menghadirkan pengalaman mengetik yang lebih nyaman. Keyboard dilengkapi dengan lampu latar dengan tiga tingkat kecerahan. Lampu latar ini akan mati secara otomatis saat keyboard tidak digunakan lebih dari satu menit.

Kenyamanan yang bijaksana menurut kami, kurang lebih sama dengan notebook ZenBook lainnya. Keyboard ini terasa cukup datar dengan jarak 1 mm dan mengeluarkan suara saat ditekan. Keyboard tersebut juga dilengkapi touchpad dimensi lebar.

Dimensinya kurang lebih sama dengan MacBook 2017. Touchpad ini terasa sangat halus, apik, cukup presisi dan didukung oleh multi-gesture. Layar berukuran 13.3 inci dengan resolusi Full HD. Karena ia mendukung sentuhan, untuk itu ASUS juga melindunginya dengan Gorilla Glass.

Yang menarik adalah bahwa layar ini memiliki bezel kiri dan kanan yang cukup tipis, hanya 0,6 cm. Namun bezel atas dan bawah lebih tebal.Dalam paket penjualan, ASUS juga menyertakan stylus digital ASUS Pen untuk coret-mencoret dan telah mendukung Windows Ink. Akurasinya sangat bagus menrut kami.

Review ASUS ZenBook Flip S #2
Review ASUS ZenBook Flip S #2

Untuk menonton video atau mendengarkan musik, ada speaker Harman Kardon yang ditempatkan di belakang. Selain desain, ASUS juga sangat memperhatikan kekuatan pada ZenBook Flip S. Hal ini tercermin dari spesifikasinya, yaitu chipset Intel Core i7-7500U, GPU Intel HD Graphics 620,16 GB RAM, 512 GB SSD, dan 39 Baterai Whr.

Baca juga:  5 Daftar Laptop Murah 2 Jutaan Dari Berbagai Merek 2018/2019

Baterai ini dapat diisi daya dengan cepat, yaitu sekitar 60 persen dalam 49 menit dan dapat terisi penuh dalam waktu 2 jam. Sementara itu, daya tahannya sekitar 8 jam untuk penggunaan intensif, seperti streaming video.

Nah, ada satu hal yang harus Sobat ketahui. Selama proses pengisian baterai atau saat bekerja cukup keras, kita akan merasakan panas di area keyboard. Suhu di keyboard bisa menembus 40 derajat Celcius. Selain itu, kami juga samar-samar mendengar suara pendinginan aktif yang merupakan kipas kecil di dalamnya.

Penempatan ZenBook Flip S masih sama dengan seri ZenBook high-end lainnya. ASUS mendesain notebook ini untuk mereka yang ingin tampil trendi, berkelas, memiliki mobilitas tinggi, dan yang tidak terganggu dengan ukuran perangkat besar. Itu sebabnya ASUS ZenBook Flip S mencapai Rp 25 juta.

Gimana, sobat tertarik untuk membeli? kalau tidak benar-benar butuh, dipertimbangkan baik-baik dulu untuk membeli, siapa tahu uang 25jt yang sobat punya bisa untuk DP rumah atau Beli kendaraan. Terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here