Asus memiliki berbagai macam produk laptop dan netbook di pasaran, untuk para gamers ada Asus ROG, untuk kelas entry-level banyak juga jenisnya. Tak ketinggalan laptop dan notebook untuk kalangan menengah ke atas yang memiliki spesifikasi tinggi serta desain yang mewah.

Salah satu notebook Asus untuk kelas premium adalah Asus Zenbook 3 UX390UA. Spesifikasi yang diusung oleh Asus Zenbook 3 UX390UA termasuk gahar dan di sisi desain sangat elegan. Notebook berkelas tersebut bisa didapatkan dengan merogoh kocek sekitar Rp 19 jutaan.

Kalau Sobat merupakan seorang fans berat Asus dan kebetulan saat ini sedang mencari sebuah alat komputasi yang ringan dan tipis, Sobat bisa mempertimbangkan untuk memilih Asus Zenbook 3 UX390UA ini. Seperti apa spesifikasi dan fitur yang dibenamkan pada notebook yang tersedia dalam 3 pilihan warna ini? Simak pembahasan teknocanggih.com di bawah ini.

Desain dan Layar Asus Zenbook 3 UX390UA

Asus Zenbook 3 UX390UA memiliki ketebalan yang tergolong tipis yaitu cuma sekitar 11,9 milimeter saja. Sementara panjang bodi adalah 29,6 cm dan lebar sekitar 19,1 cm. Dari segi bobot terbilang sangat ringan cuma 910 gram. Bobot super ringan tersebut bisa diperoleh karena penggunaan bahan berkualitas tinggi sama dengan material pembuatan pesawat ruang angkasa.

Pada bagian touchoad terdapat sensor sidik jari yang akan sangat berguna bagi Sobat yang super sibuk, sebab untuk login ke dalam OS Windows, cukup hanya dengan menempelkan jari pada sensor tersebut. Di samping itu, tersedia juga opsi menggunakan fitur operating system yakni Windows Hello.

Di sektor layar, Asus Zenbook 3 UX390UA menggunakan panel IPS yang dipadukan dengan Corning Gorilla Glass 4. Tipe layar ini selain memiliki tampilan yang sangat bagus, viewing angel atau sudut pandangnya juga lebih lebar, sehingga dilihat dari arah samping pun akan tetap keliahatan jelas.

Baca juga:  Review Xiaomi Mi Notebook Air: Harga Terbaru dan Spesifikasi Lengkap

Luas layar notebook premium Asus yang satu ini adalah 12,5 inci dengan aspec ratio 16:9. Resolusi layarnya sendiri terbilang tinggi yaitu Full HD 1920 x 1080 piksel. Jika dilihat dari perbandingan antara luas layar dan resolusi yang dimiliki, hampir bisa dipastikan setiap objek yang ditampilkan layar akan terlihat halus dan jelas serta kaya warna.

Bukan hanya itu saja, Asus telah membekali juga notebook besutannya tersebut dengan teknologi mutakhir hasil inovasi brand Taiwan tersebut, sebut saja Asus Slendid dan Asus Tru2Life video yang akan sangat memanjakan mata pengguna baik saat membaca, menonton film maupun sekedar melihat koleksi foto.

Performa Asus Zenbook 3 UX390UA

Dapur pacu yang dsematkan pada Asus Zenbook 3 UX390UA adalah prosesor Intel Core i7-7500U yang memiliki kinerja sangat bagus di kelasnya. Selain memiliki konsumsi daya yang rendah, kinerjanya sangat bisa diandalkan untuk menjalankan aktivitas komputasi harian.

RAM yang dibenamkan berkapasitas lega yakni sebesar 16 GB. Jebis RAM-nya tersebut adalah tipe OnBoard LPDDR3 2133MHz. Kapasitas RAM sebesar itu sudah pasti akan membuat proses multi tasking berjalan dengan sangat lancar tanpa kendala.

Di sisi grafis, Asus Zenbook 3 UX390UA menggunakan Intel HD Graphics 620 yang memang merupakan bawaan prosesornya, namun karena dukungan hardware lain yang tangguh, notebook Asus ini bisa untuk menjalankan game serta beberapa program desain.

Jika Sobat memiliki banyak koleksi file multimedia, Asus Zenbook 3 UX390UA sudah termasuk lapang untuk menampung berkas-berkas tersebut, sebab kapasitas media penyimanannya adalah sebesar 512 GB. Jenis media penyimpanannya merupakan SSD PCIE Gen3 terbaru yang memiliki kecepatan transfer data berkali-kali lipat lebih cepat daripada HDD SATA yang umum ditemui pada laptop kebanyakan.

Baca juga:  Rekomendasi 14 Laptop Gaming 5 Jutaan Terbaik 2018/2019

Pilihan Konektivitas Asus Zenbook 3 UX390UA

Notebook Asus Zenbook 3 UX390UA telah dibekali dengan satu port USB Type-C dan satu colokan audio combo 3,5 milimeter. Jumlah port yang tersedia yang menempel di bodinya memang sedikit, namun Sobat bisa membeli lagi sebuah adapter khusus untuk Asus Zenbook 3 UX390UA yang memiliki banyak pilihan port yang umum terdapat pada laptop atau netbook, misalnya SD Card Reader, colokan kabel LAN, HDMI, port VGA dan lain-lain.

Untuk konektivitas wireless, pengguna bisa memanfaatkan Wifi versi terbaru yakni Wifi 802.11 AC serta koneksi bluetooth. Type bluetoothnya juga merupakan versi terbaru yang lebih hemat konsumsi daya serta memiliki fitur keamanan yang lebih baik.

Baterai, Audio dan Fitur Menarik Yang Lain

Asus Zenbook 3 UX390UA memakai baterai jenis Lithium Polymer berkekuatan 40 WHrs sebagai sumber tenaganya. Kalau ditinjau dari jumlah cell, baterai yang dibenamkan pada notebook Asus ini berjumlah 6 cells. Sebagai info saja, baterai Lithium Plolymer memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan dengan baterai Lithium Ion biasa.

Bukan cuma memiliki kapasitas baterai yang diperkirakan bisa bertahan sampai dengan 9 jam pemakaian normal, Asus juga yelah menyempurnakan produknya ini dengan fitur seperti fast charging, dimana Sobat hanya perlu mengecas sekitar 49 menit saja untuk mengisi ulang baterai sampai 60 persen.

Di segi suara, disematkan pemroses suara digital Asus SonicMaster Premium yang merupakan hasil racikan dari Asus Golden Ear serta spesialis audiophile – Harman Kardon. Kualitas suara yang dihasilkan tak perlu diragukan lagi, karena selain prosesor audio canggih, jumlah speakernya juga empat buah. Hasil suaranya mampu diproduksi dalam format 5.1 channel. Fitur audio yang seperti itu pastinya akan memanjakan telinga pengguna.

Baca juga:  Laptop HP Spectre 13 X360 (2018): Review, Harga dan Spesifikasi

Perangkat laptop atau notebook yang tipis biasanya memiliki masalah dengan panas yang berlebih, namun tidak pada Asus Zenbook 3 UX390UA ini karena sistem pendinginnya sudah disempurnakan dengan teknologi pendinginan mutakhir dari Asus. Teknocanggih tersebut berupa kipas cairan krystal polimer yang hanya setipis 0.3mm yang mampu mendinginkan notebook secara maksimal.

Ringkasan Spesifikasi Notebook Asus Zenbook 3 UX390UA

Harga: Mulai Dari Rp 19 Jutaan
Prosesor: Intel Core i7-7500U
Clockspeed: 2.7 GHz, Fitur Tirbo Boost sampai dengan 3.5 GHz
Jumlah Core: Dual Core – 4 Threads
RAM: 16 GB LPDDR3
HDD: 512 GB SSD
Layar: 12,5″ Resolusi Full HD 1920×1080 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 620
Port Konektor: USB 3.1 Type-C dan Jack Audio 3,5 mm Combo
Konektivitas Wireless: Bluetooth dan Wifi
Baterai: Lithium Pplymer 40 Whrs
Webcam: Resolusi VGA
Audio: Asus SonicMaster Premium
Dimensi: 296 x 191.2 x 11,9 mm
Sistem Operasi: Windows 10 Pro

Sеtеlаh melihat bahasan раnjаng lebar tеntаng notebook Asus Zenbook 3 UX390UA dі аtаѕ, apakah sekarang Sobat jadi tertarik untuk memilikinya? Jіkа Yа, ѕіlаhkаn kunjungi toko-toko laptop terdekat atau Andа bіѕа langsung mengorder mеlаluі toko online tanah air уаng menjual produk super tipis miliki Asus tеrѕеbut, dаn jangan lupa untuk menanyakan masalah garansi, karena jіkа Andа membeli dі toko уаng menyediakan garansi resmi dаrі Asus Indonesia, maka garasni tеrѕеbut аkаn berlaku global dаn tentu ѕаjа bіѕа diklaim saat Sobat berada dі luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here