Cara Membuat Email Gmail di HP Android

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

Cara Membuat Email Gmail di HP Android – Email adalah singkatan dari elektronik mail yang digunakan untuk mengirim pesan, file dan sebagainya kepada orang lain. Email ini memiliki fungsi yang sangat banyak bagi masyarakat penggunanya. Terlebih lagi untuk era modern ini yang banyak menggunakan teknologi canggih untuk menyelesaikan pekerjaan. Dengan menggunakan email ini, kirim pesan antar pengguna memiliki waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan surat yang waktu kirim mencapai hingga seharian atau bahkan berhari-hari jika jaraknya cukup jauh.

Fungsi dari email ini sendiri yaitu sebagai alat untuk menerima dan mengirim pesan, menerima dan mengirim file, sebagai identitas seseorang, sebagai alat pendaftar suatu situs, dan masih banyak fungsi menarik lainnya. Di email ini hanya bisa digunakan untuk mengirim file berupa gambar, video dan format lainnya dan juga text. Anda tidak bisa melakukan video call atau telfon dengan menggunakan email. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat email gmail di handphone android.

Cara Membuat Email Gmail di HP Android

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu copy link https://accounts.google.com/signup/v2/webcreateaccount?hl=in&flowName=GlifWebSignIn&flowEntry=SignUp di browser yang Anda miliki.
  2. Kemudian nanti akan muncul laman baru dan Anda wajib mengisi data diri sesuai dengan identitas Anda.
  3. Mulai dari nama depan, nama belakang, nama pengguna, kata sandi, dan juga kata sandi kedua untuk mengonfirmasi.
  4. Jika semua identitas sudah lengkap dan sudah terisi kemudian klik tombol next yang ada di bagian bawah kanan.
  5. Nanti Anda juga akan dialihkan ke halaman baru, disitu juga Anda harus mengisi dengan identitas yang benar.
  6. Anda harus mengisi nomor handphone aktif karena nantinya akan digunakan untuk mengirim kode verification,tanggal lahir Anda dan juga jenis kelamin.
  7. Klik next pada tombol yang ada di bagian bawah kanan.
  8. Selanjutnya nanti akan muncul kebijakan google lalu Anda klik tombol I agree pada bagian bawah.
  9. Akun Anda sudah jadi dan sudah bisa digunakan, nantinya Anda akan dialihkan ke aplikasi email di handphone android.
Baca juga:  Cara Mengatasi Laptop Hang dan Tidak Merespon

Itulah cara membuat email gmail di handphone android Anda. Selanjutnya saya akan membahas mengeni email. Email ini dibagi menjadi dua jenis yaitu email berbasis web dan berbasis client. Keduanya terdapat sedikit perbedaan namun tetap saja memiliki fungsi yang sama. Email berbasis client tidak memerlukan akses internet untuk membuka email, membaca dan melakukan pengeditan. Sedangkan email berbasis web memerlukan koneksi internet untuk melakukan pengeditan, dan lain sebagainya. Namun pada saat pengiriman pesan keduanya tetap memerlukan akses internet.

Dalam penggunaan email itu sendiri, Anda harus lebih berhati-hati dalam mengirim pesan karena akses sepenuhnya dipantau oleh perusahaan email. Anda juga harus waspada dengan kata sandi yang Anda gunakan. Jangan sampai ada orang lain yang mengetahui karena email ini bisa digunakan di semua perangkat. Email bertanggung jawab jika ada kebocoran akun email pengguna. Email hanya menyediakan fitur keamanan dengan cara mengganti password yang dulu dengan yang baru.

Kelebihan dari email ini yaitu, ketika semua pesan di inbox telah terhapus tetapi email masih menyimpannya di menu sampah. Hal ini bertujuan agar file yang tidak sengaja terhapus akan mudah ditemukan kembali. Dengan menggunakan email Anda juga bisa menguasai semua aplikasi karena pada umumnya media sosial sangat berkaitan erat dengan email. Email digunakan sebagai alat verifikasi.