Cara Merekam Layar di Smartphone Android

Cara Merekam Layar di Android – Smartphone memang masih terus berkembang fitur-fiturnya sehingga setiap kali ada saja yang baru. Bahkan di jaman sekarang ini, untuk mendapatkan data dari layar smartphone kita, kita tak hanya sekedar bisa mengandalkan screenshoot saja, namun juga bisa merekam layar seperti layaknya merekam video.

Fitur tersebut disebut screen recorder. Fitur tersebut tidak hanya sekedar merekam percakapan atau saat Sobat sedang bermain game saja untuk diupload ke media sosial, namun juga bisa merekam video call untuk menyimpan momen berharga bersama dengan orang terkasih.

Lalu bagaimana kah tutorial merekam layar smartphone android tersebut? Berikut ulasannya unuk Sobat. Jangan khawatir, hampir semua smartphone android bisa melakukan fitur ini karena fitur ini akan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Merekam Layar di Android

Langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download aplikasi screen recorder

Yang pertama kali Sobat perlu lakukan adalah Sobat harus mengunduh aplikasi screen recorder atau aplikasi untuk merekam layar smartphone Sobat. Ada beberapa aplikasi dengan fitur tersebut, namun yang paling mudah dan direkomendasikan adalah DU Recorder. Aplikasi ini bisa Sobat unduh secara gratis di Playstore.

2. Buka Aplikasi DU Recorder dan Berikan Ijin

Selanjutnya, Sobat perlu membuka aplikasi DU Recorder. Setelah itu apabila ada permintaan ijin untuk aplikasi ini, Sobat tinggal menerimanya atau mengklik OK. Jsngan khawatir, aplikasi ini terjamin aman untuj digunakan.

Baca juga:  Tutorial Filter Layar Smartphone Android

3. Mulai merekam

Setelah membuka dan memberi ijin pada aplikasi, langkah selannjutnya adalahSobat dapat mulai merekamnya. Caranya adalah saat Sobat membuka aplikasi DU Recorder tersebut, klik tombol rekam atau record. Aplikasi akan tertutup dan Sobat akan kembali ke halaman awal.

Jamgan khawatir, ini bukan berarti aplikasi tertutup paksa atau forced close, namun itu artinya Sobat sudah dapat mulai merekam. Namun sebelum mulai merekam, arahkan layar menuju ke area yang ingin Sobat rekam terlebih dahulu agar rekaman layar Sobat tidak terlalu panjang.

4. Tekan Tombol Rekam Untuk Mulai

Selanjutnya Sobat hanya perlu menekan tombol rekam dengan gambar ikon mirip kamera syuting yang kini mengambang di pojok kanan bawah layar smartphone Sobat. Maka secara otomatis layar smartphone Sobat akan terekam. Akan ada tanda khusus bahwa layar Sobat masoh direkam yang hanya bisa Sobat lihat.

5. Tekan Tombol Stop Untuk Selesai

Selanjutnya ketika Sobat sudah selesai merekam, Sobat bisa menekan tombol stop yang letaknya sama persis dengan tombol mulai merekam. Secara otomatis hasil rekaman layar Sobat akan tersimpan di smartphone Sobat yang mana bisa Sobat buka dengan mengakses Galeri.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Salah satu kelebihan dari aplikasi DU Recorder ini adalah Sobat juga bisa merekam suara atau audio yang sedang dimainkan di smartphone Sobat. Jadi selain videonya yang terekam, suara atau audio dari yang sedang berjalan akan terekam meski smartphone Sobat dalam keadaan silent atau diam.

Baca juga:  Cara Mudah Menambah Tema Screenshot HP Android

Sebagai contoh Sobat ingin merekam layar yang sedang digunakan seperti YouTube. Nah, suara  dari video yang dimainkan di YouTube tersebut akan terekam yang mana rekamannya tersebut juga suaranya yang akan terekam secara otomatis.

Rekaman audio atau suara dari rekaman layar tersebut tidak menggunakan microphone sehingga Sobat tidak perlu khawatir dengan hasil rekaman audionya akan baik atau tidak. Selama sumber dari audio baik maka hasilnya juga takkan merubah kualitas dari video aslinya.

Itulah kelebihan dari DU Recorder yang mana meskipun sangat berguna, gratis dan juga sangat membantu namunm masih memiliki sebuah kekurangan.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah sulit untuk menghilangkan watermark dari layar smartphone yang merekam. Watermark tersebut bisa hilang apabila Sobat membeli versi Pro nya. Namun, tak apa jika hasil rekaman atau hasil rekaman layar Sobat masih berwater mark karena memang letaknya tidak terlalu mengganggu yakni hanya berada di pojokan layar saja.

Jangan tunggu terlalu lama, segera instal aplikasi DU Recorder ini sebagai cadangan untuk kejadian tertentu, Sobat hanya perlu membuka aplikasi ini dan melakukan sesuai dengan tutorial merekam layar smartphone Android. Yuk!