Tutorial Kamera Green Screen via Android

Tutorial Kamera Green Screen – Smartphone android memang memiliki banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan sehingga perangkat ini disebut smartphone atau telpon pintar.

Salah satunya adalah kameranya yang dengan beberapa aplikasi tertentu bisa mengubahnya menjadi sebuah perangkat canggih. Berikut ini ada sebuah tutorial kamera green screen via android.

Bagi Sobat yang belum mengetahui apa itu green screen, green screen adalah latar belakang dari suatu objek foto atau rekaman yang kemudian bisa diganti dengan latar belakang yang sesuai dengan keinginan kita.

Karena umumnya menggunakan latar hijau maka seringkali teknologi ini disebut sebagai green screen.

Tutorial Kamera Green Screen

Aplikasi Yang Digunakan

Aplikasi yang Sobat butuhkan untuk tutorial kamera green screen via android ini adalah aplikasi Musemage.

Aplikasi ini tersedia baik untuk android maupun iOS dan memiliki banyak sekali fungsi yang bermanfaat untuk mereka yang menyukai dunia fotografi melalui smartphone. Tapi jangan khawatir, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dari store dan juga tidak menampilkan iklan sama sekali.

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi fotografi yang sangat direkomendasikan untuk Sobat sekalian.

Langkah-Langkah

Setelah Sobat mengunduh aplikasi Musemage dari store dan juga menginstalnya, ada beberapa langkah yang Sobat perlu lakukan yakni sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Musemage
  2. Berikan ijin akses terhadap kamera apabila muncul pertanyaan
  3. Sebelum mulai melakukan merekam, yang bisa Sobat siapkan adalah sebuah foto atau rekaman video dari suatu tempat seperti tempat wisata atau lokasi yang ramai seperti Kota Paris.
  4. Selanjutnya, siapkan latar belakang atau background yang memiliki warna yang sama dan juga tidak memiliki tekstur. Sebagai tips, warna background tersebut jangan mirip seperti baju yang dikenakan.
  5. Selain menggunakan background tertentu, Sobat juga bisa menggunakan tembok dengan warna selain hitam karena akan mirip dengan rambut kita.
  6. Di halaman awal akan muncul empat buah menu yakni video, photo, blue screen dan satu lagi adalah magic color. Untuk merekam atau memfoto dengan background yang berbeda atau melakukan greenscreen, pilih Blue Screen karena memang fungsi dari Blue Screen ini mirip dengan teknologi Green Screen
  7. Selanjutnya, arahkan kamera kepada objek foto. Akan ada dua pilihan untuk Sobat, yakni merekam dan satu lagi adalah untuk memfoto. Sobat bisa memilih salah satunya karena fungsinya sama
  8. Saat Sobat mengarahkan kamera kepada objek foto, tekan dua kali pada background yang sobat ingin gantikan. Secara otomatis background tersebut  akan berganti dengan background yang sudah Sobat siapkan. Apabila Sobat menggunakan foto Kota Paris Perancis, maka di background akan berganti sesuai dengan gambar atau video yang sudah Sobat siapkan.
  9. Selanjutnya, Sobat bisa menekan tombol shutter atau tombol kamera. Untuk berfoto, tombol shutter nya bisa ditekan di pojok kanan atas.
  10. Dengan sedikit latihan dan sedikit usaha, maka hasil rekaman Sobat akan semakin baik hasilnya.
Baca juga:  Tutorial Membuat Shortcut Dari Tombol Smartphone

Nah itulah beberapa langkah untuk tutorial kamera greenscreen via android yang bisa Sobat coba dirumah.

Teknik atau tutorial dari foto ini bisa Sobat manfaatkan untuk foto suatu produk atau kegiatan foto lainnya. Yang pasti, aplikasi ini memiliki fitur unik yang bisa Sobat gunakan.

Meskipun demikan, masih ada beberapa fitur lainnya dari aplikasi ini yang masih bisa Sobat gunakan seperti memungkinkan untuk menggunakan kamera dengan setting manual.

Mengapa sebaiknya memilih Musemage daripada menggunakan aplikasi lainnya seperti background remover yang hanya terbatas menghapus background dari sebuah foto dan mengganti background foto namun tidak untuk hingga mengganti background dari sebuah video.

Jelas tentunya lebih menarik apalagi jika Sobat memostingnya atau membagikannya di media sosial yang bakal membuat Sobat semakin laris dari produk yang digunakan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan tutorial green screen via android menggunakan aplikasi Musemage.

Selanjutnya, tinggal bagaimana kreatifitas Sobat dalam menggunakan aplikasi ini baik sebagai bentuk promosi kreatif atau malah membuat film ala sinetron-sinetron ajaib di televisi.

Tertarik? Segera unduh aplikasinya dan rencanakan untuk segera mencobanya.