Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Kembali Bisa Produktif Meski Sudah Berumur

Terserah apakah Sobat baru saja membeli laptop baru atau telah menggunakan laptop yang ada untuk waktu yang lama, Sobat pasti mungkin akan memperhatikan bahwa seiring waktu laptop itu akan mulai melambat. Ini adalah kejadian yang natural untuk komputer mana pun, apakah itu laptop MacBook, Linux atau Windows. Makanya, tak heran jika banyak orang mencari cara agar laptop tidak lemot.

Terjadinya kejadian laptop lemot ini biasanya karena Sobat menginstal terlalu banyak aplikasi dan menjalankannya secara bersamaan, laptop harus membagi memori yang digunakan untuk mengerjakan berbagai hal yang jika terlalu banyak hal yang dikerjakan maka akan mempengaruhi kinerja perangkat.  Tentu saja, laptop yang berjalan lambat menjadi hal yang sangat frustasi bagi Sobat semua. Namun tenang, teknocanggih.com memiliki solusi untuk ini.

Meskipun kemungkinan besar laptop miliki Sobat tidak akan pernah beroperasi secepat seperti ketika Sobat pertama kali mengeluarkannya dari kotaknya, ada beberapa hal yang dapat Sobat lakukan untuk membuat laptop tidak lemot lagi.

Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Seiring waktu, pasti akan ada banyak program di laptop Sobat yang sebenarnya tidak digunakan lagi. Karena itu, cara agar laptop tidak lemot yang pertama sebaiknya hapus semua program yang tidak berencana untuk digunakan guna membantu mempercepat sistem. Microsoft mengatakan bahwa sangat penting untuk menghapus semua program utilitas yang mungkin telah Sobat instal selama berbulan-bulan penggunaan, seperti pemindai virus dan pembersih disk, karena aplikasi-aplikasi ini sering berjalan secara otomatis dan diam-diam berjalan di belakang di mana Sobat tidak dapat melihat mereka. Tidak ada kata terlambat untuk menghapus aplikasi ini dan menyingkirkan kekacauan dan sumber daya sistem yang terbuang.

Baca juga:  Cara Mudah Mengganti Jenis Font Di WhatsApp Agar Tambah Keren

Cara untuk Menghapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Ada sedikit perbedaan teknik cara menghapus aplikasi antara tiap operating system-nya jadi sebelum melihat tutorial ini pastikan dulu Sobat sudah mengetahui OS mana yang berjalan di laptop yang Sobat miliki.

Cara mengapus aplikasi pada Windows 10

  1. Tekan start menu – atau tombol windows di keyboard – dan navigasikan mouse ke arah settings dan klik.
  2. Didalam menu settings ada banyak menu namun Sobat hanya perlu memilih “System”
  3. 3. Dari panel sebelah kiri akan terlihat opsi “Apps & Feature” dan klik opsi tersebut
  4. Setelahnya akan keluar banyak aplikasi yang terinstal di laptop Sobat, pilih aplikasi yang ingin dihapus dan klik “Uninstall”. Akan keluar pop-up yang mengonfirmasi proses ini, dan sekali lagi klik “Uninstall”
  5. Tunggu hingga proses uninstalling

Cara mengapus aplikasi pada MacOS

Untuk menghapus aplikasi dari macOS Sobat perlu memahami sistem katalog macOS. Jika Sobat adalah pengguna baru dalam operating system ini, kami sangat menyarankan Sobat untuk terlebih dahulu mempelajari tentang folder hidden Library dan kemudian menggunakan tutorial ini. Sobat harus sangat berhati-hati untuk tidak menghapus file secara tidak sengaja, yang resikonya dapat merusak kinerja sistem macOS. Oke, setelah memahami itu semua, mari kita pelajari cara manual untuk menghapus aplikasi dari macOS. Berikut langkah-langkah yang perlu Sobat ikuti:

  1. Buka Finder lalu buka folder Application dan pindahkan aplikasi yang ingin dihapus ke Trash.
  2. Langkah selanjutnya Sobat harus menghapus file service dari aplikasi yang baru saja dihapus. File-file ini biasanya disimpan di folder Library. Secara default folder ini akan disembunyikan (hidden).
  3. Periksa sisa subfolder dari aplikasi dan hapus. Berikut adalah daftar penyimpanan file sistem yang paling umum ditemui di macOS:
  • Macintosh HD > Users > [current user=””][/current] > ~Library > Application Support
  • Macintosh HD > Users > [current user=””][/current] > ~Library > Caches
  • Macintosh HD > Users > [current user=””][/current] > ~Library > Logs
  • Macintosh HD > Users > [current user=””][/current] > ~Library > Preferences
  • Macintosh HD > Users > [current user=””][/current] > ~Library > Containers
  • Macintosh HD > Users > [current user=””][/current] > ~Library > Cookies
Baca juga:  Cara Meningkatkan Sensitivitas Sidik Jari di Hp Android

4. Setelah selesai, bersihkan trash dengan menghapus semua file yang ada di dalamnya.

Itulah tadi beberapa cara agar laptop tidak lemot dan kembali responsif. Semoga bermanfaat ya Sobat.