Cara merawat laptop – Dibutuhkan lebih dari sekedar berhati-hati dan untuk menjaga teknologi seperti laptop untuk tetap dalam kondisi prima. Pemeliharaan dan perawatan laptop secara rutin akan memastikan kelancaran pengoperasian laptop serta membuat laptop tidak mudah lemot dan yang terpenting, menjaga data pribadi untuk tetap terlindungi.

Semakin baik Sobat merawat laptop maka semakin lama ia akan bertahan, yang tidak hanya menghemat uang tetapi juga memastikan bahwa Sobat akan tetap lebih produktif dengan lebih sedikit downtime akibat timbulnya masalah pada laptop. Berikut teknocanggih.com akan ulas beberapa cara merawat laptop agar bertahan untuk durasi waktu yang lama.

1. Merawat laptop dengan Membersihkan Hard Drive

Selama periode waktu yang panjang lazim bagi setiap dari kita untuk mengumpulkan banyak file yang mungkin tidak diperlu pada hard drive laptop. Luangkan waktu setidaknya sebulan sekali untuk memeriksa file yang menumuk di dalam hard drive. Saat sedang memeriksa file-file tersebut, tentukan mana yang harus disimpan di tempat lain untuk referensi di masa mendatang dan yang dapat dibuang. Selain itu, jika Sobat kerap mengunduh program secara rutin untuk mencoba hal-hal baru atau memiliki akses ke program baru untuk kebutuhan pekerjaan, hapus instalan program-program tersebut dengan sempurna ketika mereka tidak diperlukan lagi.

2. Rawat Laptop dengan Defrag Hard Drive

Baca juga:  Tutorial Cara Menambahkan Mouse di Android

Cara merawat laptop yang kedua adalah Defragment, yang merupakan proses untuk mengatur ulang data secara terfragmentasi agar lebih mudah dibaca. Proses ini memungkinkan komputer untuk bekerja lebih efisien. Tidak mengherankan, mendefrag hard drive adalah tugas rutin lain yang harus dikerjakan untuk memastikan laptop akan berjalan seefisien mungkin. Ketika Sobat mendefrag hard drive laptop secara teratur, Sobat akan melihat lebih sedikit potensi crash atau freezing selama pengguaan laptop. Defragging bisa dilakukan ddengan menggunakan software defragmenter. Tetapi perlu diperhatikan bahwa jika Sobat memiliki solid-state drive (SSD) di laptop, maka Sobat tidak perlu melakukan defrag.

3. Jaga Laptop Tetap Bersih

Kali ini kita berbicara tentang menjaga kebersihan laptop secara fisik. Membersihkan laptop membantu mencegah panas berlebih dan membuat partikel debu tidak menumpuk di dalam kipas laptop. Membersihkan layar juga berarti Sobat akan selalu melihat layar dengan jelas yang akan jauh lebih memperingan beban mata.

Menjaga kasing laptop bebas dari debu dan kotoran akan membantu laptop dengan mencegah kotoran masuk ke dalam laptop.  Tips penting lainnya adalah untuk selalu berhati-hati dengan makanan dan minuman saat sedang menggunakan laptop. Ada banyak orang diluar sana yang akhirnya harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk memperbaiki atau bahkan mengganti laptop mereka karena keteledoran ketika membawa makanan dan minuman.

Baca juga:  2 Cara Download Video di Facebook Lewat PC dan Aplikasi

4. Back-Up Secara Rutin

Proses pencadangan (backup) idealnya harus dilakukan setiap bulan. Ada berbagai pilihan perangkat lunak dan perangkat keras yang tersedia untuk membantu mempercepat proses ini. Sobat juga bisa memilih metode yang mudah dan dapat dilakukan tanpa repot. Yang paling penting, Sobat harus memiliki lokasi drive yang aman dan tahan api untuk menyimpan data cadangan ini.

5. Update Software Secara Rutin

Sama seperti kebiasaan untuk memperbarui anti-virus dan firewall, Sobat juga harus memperbarui semua program perangkat lunak lainnya. Untuk banyak program, pembaruan akan memberikan solusi pada masalah keamanan yang akan membantu menjaga laptop dan data tetap terlindungi.

Sobat dapat melakukan pembaruan saat tersedia, tetapi untuk menghindari gangguan dan pengelolaan waktu dengan lebih efisien, kami sarankan Sobat untuk menyediakan waktu sebulan sekali untuk menginstal semua pembaruan baru tersebut.

Itulah beberapa cara merawat laptop untuk pemula, untuk orang yang baru saja kenal dan mempelajari perangkat serba guna ini. Tetapi, perlu Sobat ketahui bahwa sebagian besar dari tips ini justru dilupakan, alias tidak pernah lagi diterapkan. Padahal, sedikit banyak akan mempengaruhi performa perangkat di kemudian hari. Satu hal lagi yang sepertinya terlewatkan, cobalah untuk secara rutin melakukan pemindaian virus, termasuk melakukan pembaruan defenisi virus agar perangkat tetap aman dari serangan.

Silahkan dipraktikkan jika ada waktu dan temukan berbagai artikel tips bermanfaat lainnya untuk memperkaya pengetahuan Sobat semua.

Baca juga:  Cara Mudah Menggabungkan Dua Foto di Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here