Cara Menghapus Virus di HP Android Yang Mudah dan Cepat

Cara menghapus virus di HP Android – Dengan menggunakan hp android, Sobat pasti sering berselancar di dunia maya. Digunakan untuk streaming, bermain game online, bermain sosial media dan masih banyak lainnya. terkadang Sobat juga pernah melakukan install aplikasi yang tidak ada di playstore. Semua kegiatan tersebut bisa membuat hp android rentan terkena virus internet. Jika hp terkena virus, akan membuat sistem rusak dan mencuri data. Oleh karena itu Sobat harus tahu cara menghapus virus di hp android dengan mudah.

Ada berbagai jenis virus di android. Contohnya adalah spyware, malware, trojan dan masih banyak lainnya. setiap virus memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang langsung merusak sistem, mencuri data, menyembunyikan data, menghapus dan masih banyak lainya. Jika Sobat sering bermain internet, malware menjadi virus yang paling menggangu. Ciri-ciri hp terkena virus adalah kinerja dari hp tersebut akan melambat, baterai cepat habis atau hp sering mati sendiri.

Gejala yang muncul memang berbeda-beda. Bahkan ada virus yang bisa menghabiskan paket data Sobat semua. Padahal Sobat jarang memakainya, tetapi paket data habis begitu saja. selain itu hp lebih lemot dan mudah crash ataupun error. Digunakan untuk bermain game atau membuka aplikasi, tiba-tiba hp tidak bisa digunakan sama sekali. Padahal Sobat hanya membuka satu aplikasi saja. jika hp Sobat mengalami masalah tersebut, bisa jadi hp android terkena virus. Untuk itu, lakukan tips cara menghilangkan virus di HP Android dari teknocanggih.com berikut ini.

Baca juga:  Cara Mengedit Foto Menggunakan 7 Aplikasi Ini (100% Pasti Cantik)

Hapus Virus di HP Dengan Menggunakan Antivirus

Cara yang paling mudah menghapus virus android dengan antivirus, ada banyak sekali antivirus yang bisa Sobat gunakan. Seperti 260 security, AVG antivirus, avast mobile security, clean master dan masih banyak lainnya. setiap antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak semua jenis virus bisa dihilangkan dengan antivirus tertentu.

Clean master dan security master menjadi antivirus yang bagus untuk android. Tidak hanya menghilangkan virus tetapi juga menghapus sampah di hp android Sobat semua. Sobat bisa download aplikasi antivirus gratis di playstore.

Menggunakan Safe Mode

Selain menggunakan antivirus, Sobat juga bisa menggunakan safe mode. Metode ini tidak perlu instal antivirus. Dengan masuk safe mode, Sobat bisa mengetahui virus yang menyerang karena semua aplikasi sementara akan dihilangkan. Sobat bisa membersihkan file-file yang mencurigakan. Ikuti langkah-langkah cara menghapus virus di hp berikut ini:

  1. Tekan tombol power dan volume bersamaan, hingga masuk booting.
  2. Cek aplikasi yang terinstal, dengan masuk ke setting – aplikasi – download.
  3. Sistem akan menghapus aplikasi yang terinstall. Tetapi bila sistem terkena virus, aplikasi akan terlihat dan dijalankan oleh sistem atau muncul aplikasi yang tidak pernah diinstall.
  4. Setelah menemukan file yang mencurigakan, langsung klik uninstall di aplikasi tersebut. Jika tidak bisa di uninstall, harus menggunakan akses administrator.
  5. Cara menggunakan akses administrator dengan masuk ke setting – securty – device administrator. Hilangkan centang akses administrator di aplikasi yang mencurigakan. Kemudian hapus aplikasi.
  6. Jika sudah selesai, keluar dari safe mode dengan restart hp seperti biasanya.
Baca juga:  Cara Mengatasi Laptop Hang dan Tidak Merespon

Untuk lebih aman, jangan lupa untuk back up data sebelum masuk ke menu safe mode. Karena untuk berjaga-jaga bila proses penghapusan menghilangkan seluruh data hp.

Manfaatkan Fitur Keamanan Smartphone

Cara menghapus virus di hp android yang ketiga dengan memanfaatkan fitur keamanan smartphone. Dibeberapa smartphone sudah dibekali fitur ini, bernama mobile manager atau security. Fitur ini sudah mendukung penghapusan virus. Penggunaanya sangat mudah, Sobat tinggal masuk ke fitur tersebut, kemudian pilih scan virus, maka akan terlihat virus apa saja yang masuk ke hp. Kemudian bersihkan. Saat ini hampir sebagian besar smartphone sudah dibekali dengan fitur ini.

Hapus Hak Administrator Aplikasi

Jika Sobat menemukan aplikasi yang mencurigakan, bisa langsung uninstall tanpa masuk ke safe mode. Jika tidak bisa di uninstall, Sobat harus hapus hak administrator aplikasi. Cara ini hampir sama dengan cara masuk ke mode safe mode diatas. Langkah yang harus dilakukan :

  1. Masuk ke setting, kemudian pilih security dan klik bagian device administrator.
  2. Akan muncul menu android device manager.
  3. Pilih aplikasi yang mencurigakan kemudian cabut izin administratornya.
  4. Selanjutnya langsung hapus aplikasi tersebut dan restart hp Sobat.

Setelah virus di hp hilang, Sobat harus merawatnya dengan baik sehingga tidak mudah terkena virus lagi. Selalu install aplikasi dari sumber terpercaya. Jangan instal aplikasi yang belum jelas sumbernya, karena mungkin membawa virus. Selain itu selalu gunakan internet dengan aman. Jangan masuk ke website yang mengandung banyak iklan dan virus. Jangan suka klik link sembarangan, karena banyak sekali cara menyebarkan virus di internet. Yang paling penting install antivirus di hp android Sobat. Sehingga hp terlindungi dari virus internet yang berbahaya.

Baca juga:  Cara Melacak Lokasi Nomor HP Secara Detail dan Lengkap Semua Operator

Cobalah untuk selalu scan hp secara rutin, minimal satu bulan sekali. Apalagi jika Sobat sering berselancar di internet dan install berbagai macam aplikasi. Sobat juga bisa install aplikasi superuser, sehingga bisa tahu aplikasi yang mencurigakan. Selalu hati-hati dalam berinternet, jangan bermain di tempat-tempat yang mencurigakan. Jika mendapatkan link mencurigakan di email, jangan langsung klik. Menggunakan smartphone harus lebih pintar dan teliti. Itulah sedikit informasi yang bisa teknocanggih.com sampaikan tentang cara menghapus virus di hp android. Semoga bermanfaat.