Cara Kerja Komputer, Apa yang Sebenarnya Dikerjakan?

Komputer memiliki sejarah panjang sebelum akhirnya menjadi bentuk seperti yang kita kenal sekarang. Cara kerja komputer pada awalnya hanyalah alat hitung sederhana yang bentuknya hanya sekedar batang kayu yang disebut abacus, kemudian berevolusi menjadi mesin hitung analitikal yang diciptakan oleh Charles Babbage, hingga akhirnya menjadi bentuk sempurna seperti Personal Computer (PC) yang kita kenal saat ini.

Makna Komputer saat ini menjadi sangat luas, yang dulu hanya berarti alat bantu hitung, sekarang telah menjadi sebuah perangkat elektronik yang dapat melakukan segala hal. Bukan hanya hitung-menghitung, komputer saat ini digunakan untuk keperluan beragam, hampir semua aspek kehidupan manusia dapat dilakukan dengan komputer.  Dimulai dari yang paling sederhana seperti untuk menulis, menggambar, mendesain, mengolah foto dan video, bermain game, hingga yang paling rumit seperti untuk mengolah keuangan, mendukung kegiatan industri dan bisnis, hingga menyelesaikan permasalahan geologi dan telekomunikasi.

Sobat pasti pernah bertanya-tanya, bagaima sih cara kerja komputer? Kok bisa perangkat seukuran segitu melakukan hal-hal yang luar biasa? Jika Sobat punya pertanyaan-pertanyaan seperti itu, maka Sobat beruntung, karena pada artikel kali ini teknocanggih.com akan mencoba membahas secara singkat bagaimana cara kerja komputer yang sebenarnya.

Secara garis besar, cara kerja komputer terbagi atas 3 (tiga) proses, yakni Input, Process, dan Output. Serta proses tambahan yang menjadi bagian dari Process yakni Storage. Kita bahas satu-satu:

  1. Input (Masukan)
Baca juga:  Rekomendasi Kamera Mirroless Sony Terbaru - Bikin Dunia Jadi Nyata

Pada dasarnya komputer itu bekerja dengan mengolah perintah atau informasi dalam bentuk data kemudian menampilkan hasilnya. Tahap input merupakan proses awal dimana komputer mengambil data mentah berupa perintah atau informasi melalui perangkat (hardware) input. Perangkat input sederhana yang kita kenal seperti keyboard atau mouse. Namun sekarang perangkat input telah berkembang luas dan berbentuk macam-macam, seperti Scanner, Drawing Tab untuk para desainer, Joystick untuk bermain game, Camera untuk teleconference, mic untuk komunikasi, dan banyak lainnya. Perangkat-perangkat tersebut digunakan untuk memasukan data perintah atau informasi yang akan diolah atau diproses oleh komputer.

  1. Process (Proses)

Pada tahap ini komputer mulai memproses perintah atau informasi yang masuk sebelum akhirnya berbentuk hasil (output) pada tahap selanjutnya. Tahap ini merupakan inti utama dan yang terpenting dari cara kerja komputer secara keseluruhan. Otak utama dari proses pengolahan data ini dilakukan oleh hardware CPU (Central Processing Unit) yang terletak pada perangkat Mainboard komputer. Jika Sobat pernah mendengar nama Intel atau AMD, itulah CPU yang bekerja untuk mengolah data atau perintah yang masuk. Dalam prosesnya, CPU tidak bekerja sendiri, ketika menerjemahkan data atau perintah, CPU dibantu oleh hardware-hardware lainnya seperti RAM (Random Access Memory) untuk mempercepat membaca data, Harddisk untuk media penyimpanan data, VGA (Video Graphic Array) untuk membantu mengolah data yang berhubungan dengan grafis, Power Supply untuk mensuplai daya listrik ke semua hardware, LAN Card atau Network Adaptor jika pengolahan data memerlukan internet, dan lain-lain. Semua hardware tersebut dalam satu perangkat yang dinamakan motherboad.

Baca juga:  Rekomendasi Aplikasi Lowongan Kerja Di HP Android

Selain hardware, untuk mengolah semua data atau perintah yang masuk tadi juga diperlukan perangkat lunak untuk menerjemahkan perintah ke dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti, kita mengenalnya sebagai software. Terdapat banyak sekali software yang ada tergantung jenis perintah apa yang hendak kita olah. Misal kita ingin mengolah jenis data text, maka software yang digunakan adalah sejenis Microsoft Word, atau untuk mengolah data grafis maka diperlukan software sermisal Photoshop.

  1. Ouput (Keluaran)

Output merupakan hasil atau keluaran dari tahapan process. Media output akan menerjemahkannya sedemikian rupa hingga data tersebut tampil ke dalam bentuk utuh atau jadi sehingga dapat dimengerti oleh manusia. Hasil pengolahan data bisa berupa softcopy atau hardcopy. Softcopy artinya hasil pengolahan tidak berbentuk fisik, melainkan hanya berbentuk file atau visual yang ditampilkan dalam layar. Perangkat yang termasuk sebagai hardware output antara lain Monitor, speaker, printer, projector, dan lain-lain.

Mengetahui cara kerja komputer memang akan sangat berguna, terlebih jika Sobat berencana berkarir di bidang IT (Teknologi Informasi) yang membutuhkan pengetahuan dasar tentang komputer. Atau jika Sobat sekedar hanya mengetahui supaya bisa merakit komputer sendiri. Apapun alasannya, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Sobat.