Pengetahuan Dasar Terkait Cara Mengoperasikan Komputer

Komputer adalah perangkat yang fantastis dan mengetahui cara kerja komputer serta bagaimana semuanya bekerja bersama dapat membantu kita untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang komputer. Saat ini, banyak perangkat yang dapat diklasifikasikan sebagai komputer, tetapi dalam artikel ini kita akan berbicara secara umum tentang cara mengoperasikan desktop, laptop, netbook, dan komputer hybrid.  Jika Sobat baru saja membeli komputer, sebelum dapat melakulan sesuatu dengan komputer, Sobat harus menghubungkan semua kabel dan koneksi listrik dengan tepat.

Setelah semua kabel dihubungkan dengan tepat, kini saatnya untuk menekan tombol power di CPU atau di laptop yang Sobat miliki. Saat Sobat pertama kali menekan tombol daya, komputer akan mengirimkan sinyal ke catu daya yang mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Proses ini akan memasok komputer dan komponennya dengan jumlah tegangan dan listrik yang dibutuhkan. Setelah komputer dan komponennya memiliki daya yang cukup dan catu daya melaporkan tidak ada kesalahan, bagian ini akan mengirim sinyal dengan menggunakan transistor ke motherboard dan prosesor komputer. Setelah proeses ini terjadi, prosesor akan menghapus semua data yang tersisa di register memori dan memberikan penghitungan program CPU angka heksadesimal F000. Nomor ini adalah lokasi instruksi pertama yang akan memberi tahu CPU bahwa ia siap untuk memproses instruksi yang terdapat dalam sistem input / output dasar (BIOS).

Baca juga:  Rekomendasi Kamera Mirrorless Canon Terbaik - Wajib Dibeli

Setelah operating system selesai untuk booting, sekarang komputer Sobat akan menunggu input dari mouse dan keyboard. Dengan pengecualian pada tablet dan smartphone, semua komputer akan memiliki keyboard dan mouse atau touchpad sebagai perangkat input. Kedua perangkat ini akan menjadi variabel penting dalam pengoperasian komputer. Setiap komputer memerlukan sistem operasi, yang memungkinkan perangkat lunak dan perangkat keras untuk berkomunikasi dengan sempurna. Memahami sistem operasi apa yang berjalan pada komputer yang Sobat miliki akan membantu dalam menemukan apa yang kompatibel dengan komputer yang Sobat miliki. Menjadi terbiasa dengan sistem operasi dan versi yang berjalan di komputer akan menjadi tahap paling penting dalam mengoperasikan komputer.

Setiap komputer saat ini dapat memiliki beberapa akun pengguna. Selama setup awal, komputer mungkin telah membuat akun baru. Jika Sobat memiliki pengguna lain di rumah, Sobat mungkin ingin membuat akun tambahan untuk mereka, sehingga mereka juga dapat menggunakan komputer. Semua komputer biasanya sudah diinstal dengan program, permainan, dan perangkat lunak lain yang dapat digunakan untuk kebutuhan dasar. Jadi untuk me-recap semuanya, ikuti langkah-langkah dari teknocanggih.com berikut guna mendapatkan bagaimana cara mengoperasikan komputer.

  1. Pastikan semua kabel dan koneksi antar perangkat keras sudah tersambung dengan sempurna.
  2. Pastikan komputer yang Sobat miliki telah memiliki OS yang terinstal didalamnya.
  3. Selanjutnya tekan tombol power dan tunggu sistem operasi dalam komputer untuk menyelesaikan proses booting
  4. Masuk ke dalam akun yang telah dibuat otomatis di dalam sistem operasi yang telah terinstal dalam komputer yang Sobat miliki.
  5. Jika semua langkah telah Sobat ikuti dengan sempurna, maka nantinya Sobat akan mendapatkan layar desktop dan dari sini Sobat dapat memulai mengeskplorasi dunia tanpa batas yang ditawarkan oleh komputer.
Baca juga:  Cara Kerja Komputer, Apa yang Sebenarnya Dikerjakan?

Beberapa hal yang dapat Sobat lakukan dengan komputer antara lain:

  1. Memodifikasi dan membuat file dokumen dan spreadsheet.
  2. Menikmati pilihan entertainment dengan musik dan video.
  3. Berselancar di dunia maya melalui internet.
  4. Dan ada banyak opsi-opsi lainnya.

Itulah beberapa panduan cara mengoperasikan komputer bagi Sobat yang belum begitu fasih dengan system di dalamnya. Tak perlu buru-buru, pelajari saja dari awal hingga akhir di artikel ini, sebelum berpindah ke tutorial lainnya. Ketahui juga bahwa komputer mempunyai resiko ancaman misalnya dari malware atau virus. Jadi, Sobat perlu menjauhkan setiap akses dari pihak ketiga misalnya flagshdisk, memori bahkan koneksi nirkabel. Sebagai pelapis, Sobat juga bisa memasang aplikasi antivirus untuk mencegah interupsi dan serangan digital.