Cara Cepat Belajar Komputer Dengan Mudah Tanpa Kursus

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara cepat belajar komputer di era yang sudah serba digital sekarang ini. Jawabannya tentu tidak mudah, karena pertanyaan ini dilemparkan oleh kebanyak dari pengguna yang masih awam dengan komputer. Tanpa pengenalan dasar, akan sulit bagi mereka menyerap ilmu secara praktis dari internet.

Pengetahuan tentang komputer, mungkin sudah jadi kewajiban bagi setiap orang di tahun 2019 ini. Tetapi tidak semua orang dapat mengoperasikan komputer dengan lancar, entah karena memang tidak familiar dengan komputer dari dulu atau memang tidak mau belajar pengoperasiannya yang terlihat rumit.

Tetapi harus Sobat ketahui, komputer dapat mempermudah sebagian besar pekerjaan Sobat, karena fungsinya yang dapat melakukan pekerjaan komunikasi, perhitungan, pengeditan, dan lain-lain dengan mudah. Selain itu komputer juga  dapat menghibur Sobat sebagai sarana media, jika Sobat bosan. Maka dari itu, semua orang dari yang muda sampai yang tua harus bisa menggunakan komputer. Berikut teknocanggih.com akan ulas bagaimana cara cepat belajar komputer dengan mudah.

Pahami Ilmu Dasar Dahulu, Dimulai dari Komponen Komputer

Sobat harus mengetahui terlebih dahulu, jika komputer dibagi atas 2 komponen penting yaitu hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras atau komponen-komponen yang membentuk laptop hingga bekerja sebagaimana mestinya, contohnya adalah keyboard yang Sobat pakai untuk ketik, layar komputer, hardisk, dan lain-lain.

Sedangkan software adalah perangkat lunak, yang membantu hardware bekerja sebagai mestinya dan dapat membantu Sobat melakukan pekerjaan ataupun hal yang Sobat inginkan dengan lancar.

Baca juga:  Cara Menghapus Virus di HP Android Yang Mudah dan Cepat

Pelajari Cara Mengetik yang Benar dan Cepat

Cara cepat belajar komputer adalah dengan memakainya terus menerus, misalnya dengan belajar membuat dokumen. Jika Sobat ingin belajar mengoperasikan komputer dengan lancar, Sobat minimal harus bisa mengetik keyboard komputer dengan benar dan biasakanlah diri dengan mouse atau touchpad. Hal-hal ini sangat mendasar dari penggunaan komputer, pertama cobalah mengetik 10 jari dan salinlah misalkan sebuah artikel ke Microsoft word tanpa melihat artikel tersebut.

Jika Sobat tekun, dalam seminggu seharusnya Sobat dapat terbiasa mengetik 10 jari dengan lancar dan cepat, selain itu dengan Sobat lancar mengetik 10 jari Sobat juga dapat melakukan setiap pekerjaan Sobat dengan lancar dan cepat.  Tetapi jika Sobat hanya ingin sekedar bisa menggunakannya, Sobat hanya perlu memahami fungsi tombol huruf dan angka, juga fungsi tombol cursor, hapus, dan capslock/shift.

Pelajari Mouse

Untuk pengoperasian mouse sangat simple, biasanya untuk menggunakan mouse dan touchpad Sobat dapat klik kanan, klik kiri, ataupun klik 2 kali. Selain itu ada juga fungsi lain seperti drag atau menarik icon tertentu ke tempat lain untuk melakukan copy data.

Kenali Software Dasar Komputer

Selain itu untuk sebagian besar orang, biasanya aplikasi  yang sering digunakan adalah Microsoft office. Cobalah Sobat mempelajari Microsoft office terutama word dan excel yang sangat berfungsi untuk sebagian besar pekerjaan. Microsoft word adalah aplikasi berupa kertas kosong untuk catatan Sobat atau untuk membuat surat, cerita, atau apapun yang ada dipikiran Sobat. Sedangkan Microsoft excel biasanya dipakai untuk pembukuan dan record data untuk sebagian besar orang, tetapi excel membutuhkan penghafalan beberapa rumus sehingga Sobat mungkin harus menghafalkan beberapa rumus.

Baca juga:  5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android Dan Bagaimana Menghack Passwordnya

Pada tahun 2019 ini juga, komputer sangat sering dipakai untuk online melalui koneksi internet. Sobat dapat mempelajari cara membuka web dan membuat email pada langkah awal. Untuk membuka web, Sobat harus membuka browser, jika Sobat menggunakan windows gunakanlah internet explorer/ Microsoft edge. Dan pada bagian kolom putih bagian atas, klik kiri dan masukan situs yang Sobat ingin masuki, untuk langkah awal masuklah ke situs google di www.google.com. Selain itu Sobat juga dapat membuat email di gmail atau yahoo, cobalah masuk ke gmail.com atau ymail.com, pilih buat akun baru dan ikuti instruksi dari masing-masing web.

Cara cepat belajar komputer terkahir adalah dengan memanfaaatkan media sosial Youtube dan melihat video-video instruksi yang diberikan, karena youtube biasanya memuat banyak video yang dapat membantu segala kebutuhan Sobat. Cobalah minta panduan dari teman-teman Sobat yang mengerti komputer jika Sobat masih tidak mengerti. Tidak terbatas dari youtube atau teman-teman, biasanya sudah terdapat banyak buku yang dapat Sobat ikuti untuk memperlajari pengoperasian komputer.