Jika Sobat merasa terganggu nomor HP asing, ingin melacak keberadaan seseorang, atau ingin melacak posisi HP yang hilang, Google Maps (GPS) bisa menjadi solusi semua masalah di atas. Google Maps yang biasanya digunakan kebanyakan orang untuk mencari lokasi tertentu ternyata punya banyak fungsi lain yang salah satunya adalah melacak nomor HP. Jika Sobat ingin tahu cara melacak no HP lewat Google Maps, maka Sobat harus perhatikan artikel ini sampai selesai.

Fitur-fitur Google Maps

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara melacak nomor HP lewat Google Maps, mari kita lihat dulu fitur apa saja yang tersedia pada Google Maps. Ternyata, ada banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk para penggunanya, meliputi:

  1. Driving Direction

Fitur ini berfungsi untuk memandu perjalanan agar pengguna tahu harus lewat jalan mana untuk menuju lokasi tertentu.

  1. Transit and Walking Direction

Fitur ini berguna untuk mendapatkan informasi tentang jadwal perjalanan dan rute baik untuk pejalan kaki maupun dengan naik bus.

  1. Street View

Fitur ini bisa menampilkan peta jalan serta lokasi tempat-tempat tertentu yang ada pada peta tersebut.

  1. Business Listings

Fitur ini memungkinkan pengguna mencari nama wilayah atau area tertentu untuk kepentingan bisnis atau kepentingan lainnya.

  1. Latitude

Ini dia fitur dari Google Maps yang bisa digunakan untuk melacak posisi atau lokasi no HP seseorang.

  1. My Loacation
Baca juga:  Ragam Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Agar Tidak Terlewat

Fitur ini bermanfaat untuk mengetahui lokasi ponsel meski ponsel tersebut tidak menggunakan Google Maps.

  1. Traffic

Satu lagi, fitur Traffic berguna memberi info lalu lintas dan membantu dalam memantau lalu lintas real time.

Langkah-langkah Melacak No HP Lewat Google Maps

Sekarang, kita masuk ke pembahasan langkah-langkah yang harus Sobat ikuti jika Sobat ingin melacak keberadaan nomor HP seseorang dengan menggunakan Google Maps. Berikut langkah-langkah yang perlu Sobat ikuti:

1. Pertama-tama, Sobat harus memiliki aplikasi Google Maps pada ponsel yang Sobat gunakan. Jika belum, Sobat bisa mendownloadnya dengan mudah dan gratis. Caranya, silahkan masuk ke Google Play Store dan cari Google Maps atau GPS lalu download. Alternatif lain adalah dengan mencari link download melalui search engine Google. Jika sudah ketemu, segera download. Saat proses pengunduhan selesai, biasanya aplikasi akan segera terinstal secara otomatis. Silahkan tunggu hingga Google Maps selesai terinstal.

2. Langkah kedua cara melacak no HP lewat Google Maps adalah dengan membuka aplikasi Google Maps tersebut. Agar pelacakan bisa terproses, Sobat harus pastikan kalau ponsel yang digunakan terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, sebaiknya gunakan provider yang memiliki sinyal kuat atau bisa juga dengan menyambungkannya ke Wi-Fi.

3. Langkah selanjutnya cara melacak no HP lewat GPS adalah dengan masuk ke menu Option. Setelah itu, silahkan Sobat pilih menu Friend List. Jika Sobat menggunakan bahasa Indonesia, maka pilih Daftar Teman. Selanjutnya, pilih Tambah Teman atau Add Friend.

Baca juga:  Begini Cara Membuat Swipe Up Instagram Stories, Dijamin Mudah

4. Sekarang Sobat bisa invite atau mengundang no HP yang ingin dilacak keberadaannya. Misalnya adalah nomor HP keluarga, pacar, teman, tetangga, dll. Pastikan nomor atau kontak yang diinvite sudah benar, jangan sampai salah invite.

5. Agar cara ini berhasil, nomor yang ingin dilacak harus mengkonfirmasi undangan terlebih dahulu. Untuk itu, pastikan nomor HP yang akan dilacak keberadaannya telah mendapat undangan tersebut.

6. Berikutnya, Sobat klik teman yang ingin dilacak keberadaannya yang sudah diinvite barusan. Dengan klik teman tersebut, maka Google Maps akan segera melacak keberadaannya secara otomatis.

Jika proses pelacakan sudah selesai, Google Maps akan segera memberitahu lokasi nomor yang dilacak tersebut lengkap dengan petanya dan petunjuknya. Sangat mudah bukan?

Cara Melacak No HP Lewat SMS

Ada cara lain yang bisa Sobat gunakan untuk melacak keberadaan no HP seseorang yaitu lewat SMS. Berikut caranya:

1. Pertama, nomor yang ingin dilacak harus mengirimkan link lokasi via SMS. Jadi, pastikan nomor tersebut memiliki pulsa yang cukup untuk mengirim SMS.

2. Jika Sobat telah menerima link lokasi tadi, silahkan buka pesan dan klik pada link tersebut. Kemudian, pilih Telusuri.

3. Sekarang, Sobat akan otomatis diarahkan ke Google Maps. Jadi, Sobat harus memiliki aplikasi Google Maps juga.

4. Jika Google Maps sudah terbuka, maka Sobat bisa melihat lokasi di mana nomor HP yang ingin dilacak berada. Untuk mendapatkan petunjuk jalan, Sobat bisa klik tombol PETUNJUK ARAH.

Baca juga:  Cara Melacak Lokasi No HP Dengan Google Earth Dengan Tepat dan Mudah

Ternyata tidaklah sulit bukan? Jadi sekarang, jika Sobat teknocanggih ingin melacak keberadaan no HP, maka Sobat bisa menggunakan aplikasi GPS yang sudah terpasang di HP Sobat masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here