Cara Menghidupkan Komputer yang Benar Supaya Terhindari dari Kerusakan Fatal

Kebanyakan orang menganggap remeh cara menghidupkan komputer, hanya dengan menekan tombol power saja PC sudah bisa menyala.  Namun, ada hal yang perlu Sobat perhatikan ketika akan menghidupkan komputer agar tidak menimbulkan masalah pada sistem pengoperasian komputer.  Bisa jadi malah PC tidak menyala karena ada kesalahan yang tidak Sobat perhatikan ketika menghidupkan PC tersebut. Untuk itu, pada kesempatan kali ini teknocanggih.com akan mengulas bagaimana cara menghidupkan komputer dengan baik dan benar.

1. Periksa Kabel Power

Pertama kali yang harus Sobat lakukan sebelum menghidupkan komputer yaitu periksa kabel power yang menghubungkan komputer dengan sumber listrik.  Tak sedikit orang yang menyepelekan hal ini, padahal dengan memeriksa kabel power dapat mengantisipasi terjadinya konslet pada kabel power.  Jika komputer Sobat menggunakan stabilizer, Sobat harus menyalakan terlebih dahulu stabilizer dengan menekan switch power sampai lampu indicator menyala.  Pastikan jarum penunjuk arus listrik bergerak ke kanan ya.  Jangan lupa juga untuk memeriksa komponen yang terhubung dengan listrik dan komputer seperti printer atau speaker.

2. Tekan Tombol Power

Setelah kabel power serta komponen lainnya sudah aman diperiksa dan terhubung dengan sumber listrik, langkah selanjutnya untuk menghidupkan komputer yaitu dengan menekan tombol power yang terdapat pada casing komputer.  Biasanya, pada CPU terdapat 2 tombol yaitu tombol power dan tombol restart.

Baca juga:  Cara Melacak Lokasi Nomor HP Telkomsel Dengan Mudah

Tombol power memiliki bentuk yang lebih besar dan mempunyai icon power.  Sedangkan tombol satu lagi adalah tombol restart yang berfungsi untuk menghidupkan kembali komputer Sobat jika mengalami masalah seperti hang dan lainnya.  Pastikan ketika menekan tombol power, lampu indikator akan menyala dan proses kerja CPU mulai berjalan.  Jika tidak terjadi aktivitas tersebut, coba periksa kembali kabel power serta komponen lainnya seperti stabilizer.

3. Tekan Tombol On

Ketika tombol power sudah ditekan dan sistem CPU sudah mulai berjalan, yang perlu Sobat lakukan selanjutnya yaitu menekan tombol on pada monitor Sobat.  Tombol on di monitor biasanya terletak di bagain kanan bawah monitor.  Jika monitor tidak menyala, sedangkan CPU sudah hidup, coba Sobat periksa lagi kabel monitor yang terhubung dengan CPU.  Bisa jadi kabel penghubung tersebut kendor, sehingga aktivitas CPU tidak terbaca di monitor.

4. Tunggu Proses Booting

Cara menghidupkan komputer yang baik berikutnya, setelah tombol power dan tombol on sudah berhasil dinyalakan, Sobat tinggal menunggu saja proses booting di layar monitor Sobat.  Biasanya proses ini memakan waktu yang cepat dan ditandai dengan muncul layar desktop di monitor Sobat.  Jika terjadi proses booting yang lama, menandakan bahwa ada perangkat keras yang rusak atau tidak berfungsi dengan normal, untuk masalah ini, Sobat bisa berkonsultasi dengan teknisi komputer.

Baca juga:  Cara Melacak No HP Lewat Internet Mudah Tanpa Ribet

Setelah layar desktop sudah tampil di monitor, Sobat bisa mengisi password yang sudah diatur (jika menggunakan password, demi keamanan data komputer).  Setelah itu, Sobat sudah bisa menggunakan komputer sesuai dengan kebutuhan Sobat.  Pastikan juga kabel komponen lain seperit kabel keyboard, kabel mouse, kabel LAN (jika ada) dan kabel sound sudah terpasang dengan benar di CPU sesuai dengan colokannya ya, sehingga proses pengoperasian komputer dapat berjalan dengan lancar.

5. Jangan Terburu-buru

Kebanyakan penggunakan komputer khususnya pemula tidak memberikan kesempatan kepada sistem untuk mempersiapkan diri. Banyak dari mereka langsung memerintahkan komputer untuk menjalankan program beberapa menit setelah komputer menyala. Padahal, ada banyak proses startup yang harus dituntaskan terlebih dahulu. Membebani prosesor dengan perintah-perintah yang membabi-buta justru akan membuat komputer cepat panas dan potensi error semakin besar. Jadi, sabarlah sebentar untuk menunggu sampai semua proses startup selesai. Setelah itu, silahkan genjot komputer Sobat sekeras mungkin, selama ia siap maka ia juga akan menjalankan perintah secara optimal.

Itulah langkah-langkah yang bisa Sobat lakukan untuk menghidupkan komputer.  Dengan melakukan prosedur cara menghidupkan komputer yang benar, Sobat dapat mengurangi terjadinya kendala pengoperasian komputer yang sudah dinyalakan.  Selain itu, komputer Sobat juga dapat terjaga awet dan tahan lama, karena menghidupkan komputer dengan benar termasuk salah satu cara perawatan komputer.

Baca juga:  Cara Menggunakan HP Android Menjadi Scanner