Cara screenshot laptop berbeda satu sama lain, tidak hanya dibedakan oleh bagaimana sistem operasinya bekerja tapi juga dipisahkan oleh perbedaan merek. Karenanya, pembahasan ini menjadi cukup panjang karena kita harus bahas semuanya.

Penggunaan fitur screenshot terbilang cukup penting untuk berbagai macam keperluan, mungkin bagi Sobat yang sering menggunakan laptop, terkadang merasa kesulitan untuk mengambil screenshot. Setiap sistem operasi Windows telah menyematkan fitur screenshot bagi penggunanya.  Untuk itu, Sobat tidak perlu bingung ketika akan mengambil screenshot menggunakan laptop.  Bagi beberapa sistem operasi Windows memang berbeda cara untuk mengambil screenshot, semuanya akan teknocanggih.com ulas dengan lengkap disini. Langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Screenshot Laptop di Windows XP

Meskipun terbilang usang, Windows XP telah mengalami update sehingga dapat bersaing dengan sistem operasi Windows lainnya, salah satunya yaitu penambahan fitur screenshot.  Untuk mengambil screenshot di Windows XP, Sobat cukup menekan tombol Print Screen atau PrtSc yang terletak di pojok kanan bagian atas keyboard laptop Sobat.

Setelah menekan tombol tersebut, Sobat tinggal menekan Ctrl + V di program seperti Paint, Microsoft Power Point dan Microsoft Word.  Setelah itu, screenshot yang Sobat ambil sudah ada dan tinggal di save dalam bentuk gambar.  Sedikit tambahan, jika Sobat ingin mengambil screenshot pada jendela windows yang spesifik, Sobat tinggal menekan Alt + PrtSc secara bersamaan, selanjutnya Sobat dapat melanjutkan dengan langkah yang sama seperti di atas.

Baca juga:  Panduan Cara Cek Resi JNE Via HP Dengan Mudah

Cara Mengambil Screenshot Laptop di Windows Vista dan Windows 7

Cara screenshot laptop yang kedua menggunakan Windows Vista dan Windows 7, yang memang menyediakan fitur yang berbeda untuk mengambil screenshot.  Caranya yaitu dengan menggunakan Snipping tools, fitur ini bisa Sobat dapatkan pada semua sistem operasi Windows setelah Windows XP.

Sobat bisa menggunakan fitur ini dengan mengklik tombol Start, kemudian pilih All Programs, pilih menu Accessories dan pilih Snipping Tools.  Dengan menggunakan fitur ini, Sobat bisa mengambil screenshot secara spesifik dengan area yang Sobat inginkan.  Caranya dengan mengklik new pada tampilan awal Snipping Tools, kemudian pilih save ketika Sobat selesai mengambil screenshot.  Cukup mudah dan simple bukan ?

Mengambil Screenshot Laptop di Windows 8

Untuk mengambil screenshot di Windows 8, Sobat cukup menekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan.  Sobat juga bisa menggunakan fitur yang tersedia juga di sistem operasi Windows Vista dan Windows 7, yaitu Snipping Tools.  Windows 8 memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan sistem operasi sebelumnya.  Mengambil screenshot di Windows 8 akan lebih dimudahkan dalam penyimpanan screenshot sehingga Sobat tidak perlu repot-repot menyimpan hasil screenshot, karena sudah secara otomatis tersimpan di folder Pictures Library.

Cara Ambil Screenshot Laptop di Windows 10

Sama seperti penjelasan untuk mengambil screenshot sebelumnya, sebenarnya langkah-langkah tersebut juga digunakan di Windows 10, hanya saja caranya  yang berbeda.  Untuk menggunakan fitur Snipping Tools, Sobat bisa menemukan fitur ini pada menu Start, kemudian pilih All Programs, pilih Windows Accessories dan klik Snipping Tools.  Penggunaannya sama dengan sebelumnya, Sobat hanya perlu mengklik menu New dan lakukan proses pengambilan screenshot.  Jangan lupa untuk melakukan save secara otomatis.

Baca juga:  Cara Mereset iPhone untuk Mengatasi Berbagai Masalah yang Ditemui

Sobat juga bisa menekan tombol PrtSc yang tersedia di bagian atas keyboard laptop Sobat.  Untuk beberapa merk, biasanya penempatan tombol ini bervariasi.  Sobat juga bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol Windows + PrtSc di Windows 10.  Selain cara-cara tersebut, Sobat juga bisa menggunakan fitur Windows Surface, yaitu dengan menekan tombol Windows + Volume Down pada keyboard Sobat.  Untuk hasil screenshot sudah secara otomatis tersimpan di folder Screenshot (pictures).

Itu dia beberapa cara screenshot laptop berbasis Windows mulai dari versi XP hingga Windows versi terbaru, Windows 10 yang fenomenal. Semoga tutorial ini bermanfaat, silahkan dicoba sendiri dan sampai jumpa di tutorial-tutorial lainnya. Jangan lupa like dan share ke teman-teman Sobat melalui media sosial dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here