Gadget hiburan paling sering kita gunakan sehari-hari adalah TV dan HP. Saat ini HP memang lebih sering digunakan. Sayangnya, layarnya yang kecil kurang puas untuk nonton film, streaming, video call, main game, dll. Untungnya teknologi yang semakin canggih memungkinkan Sobat semua untuk menyambungkan kedua perangkat ini. Banyak orang yang belum tahu tentang cara menyambungkan HP ke TV. Padahal, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Jika Sobat juga ingin menyambungkan HP ke TV, silahkan ikuti salah satu cara yang akan teknocanggih.com bahas berikut ini.

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Kabel HDMI

Salah satu cara menghubungkan HP ke TV adalah dengan menggunakan kabel HDMI. Ini adalah cara paling mudah karena Sobat hanya tinggal menyambungkan kedua perangkat menggunakan kabel HDMI. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika HP dan TV Sobat sudah dilengkapi dengan slot HDMI. Jika memang kedua perangkat sudah dilengkapi slot HDMI, maka tak ada yang perlu dibikin pusing lagi.

Kabel HDMI pun juga tersedia banyak di toko elektronik. Sobat pun bisa puas menikmati konten di HP melalui layar TV. Tentu saja ini akan sangat seru, bukan? Sayangnya, tak semua HP dan TV memiliki slot HDMI. Jadi, cara ini hanya berlaku untuk HP dan TV tertentu saja. HP dan TV baru masa kini kebanyakan sudah hadir dengan slot HDMI.

Baca juga:  Tutorial Membuat Kamera Smartphone Menjadi Kamera Pintar

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Miracast

Jika HP & TV Sobat belum mendukung HDMI, jangan khawatir, Sobat masih bisa menyambungkan keduanya. Caranya adalah dengan menggunakan Miracast. Cara ini tak memerlukan kabel. Miracast Dongle adalah sebuah fitur atau alat yang tersedia di toko komputer di berbagai daerah. Jadi, yang perlu Sobat lakukan adalah membeli alat ini dan kemudian menyambungkan perangkat HP ke TV.

Dengan menghubungkan koneksi tanpa kabel, HP Sobat akan terhubung ke TV. Namun ada catatan sekali lagi, cara ini juga tak bisa dipakai untuk semua jenis HP & TV. Hanya HP & TV yang sudah support Miracast yang bisa disambungkan dengan cara ini. Jika kedua perangkat Sobat sudah mendukung Miracast, maka ini bisa menjadi alternative cara menyambungkan HP ke TV.

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Wireless Display

Ada lagi cara menyambungkan smartphone ke TV yaitu dengan menggunakan Wireless Display. Alat ini juga bisa ditemukan di toko elektronik maupun toko komputer terdekat. Namun, Sobat harus tahu cara menggunakannya agar HP bisa tersambung ke TV. Setelah membeli alat ini, Sobat harus mengunduh aplikasi khusus yang sesuai dengan Wireless Display yang digunakan.

Apabila telah terinstal di smartphone, silahkan Sobat pasang alat Wireless Display ke TV supaya dapat menerima sambungan tanpa kabel. Untuk selanjutnya, Sobat hanya tinggal menghubungkan televisi dengan headphone HP. Sekarang Sobat bisa menikmati konten HP melalui TV sepuasnya dengan layar yang besar.

Baca juga:  Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7, 8 dan 10

Cara Menyambungkan HP ke TV Melalui Screen Mirroring

Ada juga cara lain yang lebih simple. Di sini, Sobat tak perlu membeli HP & TV yang sudah support HDMI maupun membeli alat-alat seperti yang sudah disebutkan di atas. Yang perlu Sobat lakukan adalah dengan mengaktifkan sebuah fitur yang bernama Screen Mirroring. Namun, fitur ini hanya terdapat pada smartphone-smartphone tertentu. Misalnya adalah Samsung Galaxy S5 hingga S8.

Jika Sobat memiliki HP yang terdapat fitur Screen Mirroring, Sobat hanya perlu menekan tombol Source yang ada di remote TV kemudian pilih Screen Mirroring. Secara otomatis, HP Sobat akan tersambung ke TV dan siap menampilkan konten-konten di HP. Namun, pastikan TV Sobat juga merupakan produk dari Samsung.

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Aplikasi

Ternyata, ada juga beberapa aplikasi khusus yang bisa membantu menyambungkan HP ke TV. Salah satunya adalah Air Play. Ini adalah sebuah program dari Mac yang memang dirancang khusus untuk ponsel iPhone, iPad maupun produk lain dari Apple. Jadi, aplikasi ini tidak bisa digunakan pada smartphone dengan basis Android. Jika smartphone Sobat adalah produk dari iPhone, maka tak ada salahnya mencoba menyambungkan HP ke TV dengan aplikasi khusus ini.

Selain itu, ada juga aplikasi yang bernama All Share. Jika Air Play khusus untuk produk Apple, All Share adalah fitur yang hanya bisa diakses oleh produk Samsung. Fitur ini juga bisa disebut dengan Samsung Link. Hampir semua tipe smartphone Samsung Galaxy memiliki fitur yang satu ini. Jadi, jika kebetulan HP Sobat adalah Samsung Galaxy, cara menyambungkan HP ke TV menggunakan aplikasi All Share bisa dicoba. Dengan tersambungnya HP ke TV, maka Sobat bisa menikmati hiburan dengan lebih menyenangkan dan seru.

Baca juga:  Panduan Cara Cek Resi JNE Via HP Dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here