Cara Menambahkan TouchBar di Smartphone Android

Cara Menambahkan TouchBar di Smartphone Android – Produk dari Apple seperti Macbook Pro memang menarik. Namun sayangnya harganya membuatnya menjadi tak lagi menarik karena mungkin terlalu mahal bagi beberapa orang. Tapi memang patut diakui bahwa beberapa fitur yang ada di perangkat Apple selalu menjadi perhatian dan seakan menarik untuk dicoba. Nah kali ini adalah tentang fitur TouchBar yang membuat accesibilitas dari pengguna dapat semakin baik dan juga semakin cepat. Nah ternyata fitur ini juga bisa kita dapatkan melalui cara-cara tertentu sehingga smartphone android kita memilikinya. Berikut ini teknocanggih.com akan membahas bagaimana caranya.

Cara Menambahkan TouchBar di Smartphone Android

1. Persiapan

Seperti biasa, ada beberapa hal yang perlu Sobat siapkan sebelum memulai untuk cara menambahkan TouchBar di Smartphone Android Sobat yakni dengan mengunduh sebuah aplikasi yakni TouchBar for Android. Jangan khawatir, aplikasi ini merupakan aplikasi gratisan yang mana Sobat bisa mengunduhnya melalui Google Playstore. Setelah mengunduhnya, lakukan penginstalan hingga selesai dan Sobat bisa melanjutkan caranya ke langkah selanjutnya.

2. Langkah Setting

Untuk langkah-langkah cara menambahkan TouchBar di Smartphone Android adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TouchBar for Android
  • Pada halaman awal, Sobat akan melihat tiga buah menu utama yakni Overlay Screen, Write System Settings, dan juga Do Not Disturb Access
  • Selanjutnya, pilih Overlay Screen, nyalakan opsinya
  • Selanjutnya, pilih White System Setting, nyalakan opsinya
  • Selanjutnya pilih Do Not Disturb Access, kemudian nyalakan opsinya
  • Setelah ketiganya aktif, TouchBar akan aktif
Baca juga:  Cara Melacak Lokasi Nomor HP Telkomsel Dengan Mudah

Nah diatas adalah beberapa langkah untuk cara menambahkan TouchBar di smartphone Android. Ketiga menu di awal tersebut perlu diaktifkan agar aplikasi tidak tertutup saat smartphone terkunci atau menjalankan aplikasi lainnya. Namun, di layar Sobat nantinya hanya akan muncul empat buah kotak yakni Menu Tombol Brightness, Menu Tombol Suara, Menu Tombol Notifikasi dan juga Silent dan yang terakhir dalah tombol khusus untuk Google Assistant. Nah, apabila Sobat ini mengganti salah satu dari shortcut atau tombol TouchBar ini adalah sebagai berikut.

3. Langkah Konfigurasi Tambahan

  • Pilih menu Configurations
  • Pilih Comapct Modes untuk mengatur penampilan dari TouchBar itu sendiri, apakah hanya sementara muncul atau apakah akan terus terusan muncul. Pastinya hal ini akan sangat membantu apabila layar smartphone Sobat masih berukuran kecil sehingga TouchBar dapat menghilang untuk sementara
  • Pilih menu Vibrations untuk mengatur getaran yang akan dihasilkan. settingan lanjutan yang satu ini dapat Sobat atur sesuai selera.
  • Pilih menu Customizations untuk mengatur warna dari TouchBar dan beberapa element lainya yang bisa Sobat ubah sesuai dengan keinginan Sobat
  • Pilih menu Docks untuk mengatur tombol tombol apa saja yang akan berada di dalam Dock atau yang dalam hal ini disebut sebagai TouchBar. Singkatnya, disini Sobat bisa meningkatkan fungsionalitas dari smartphone Sobat seperti dapat meraih aplikasi tertentu dengan cepat dengan App Switcher.
Baca juga:  Cara Melacak No HP Lewat Internet Mudah Tanpa Ribet

Itulah cara menambahkan Touchbar pada smartphone Android. Aplikasi ini jelas akan memberikan banyak manfaat untuk Sobat yang banyak mengakses aplikasi tertentu dalam suatu tugas. Namun ada juga dampak buruk bagi smartphone Sobat tertentu seperti yang pertama dan sudah disebutkan tadi yakni layar yang terlalu kecil akan terasa penuh apabila ditambah dengan TouchBar. Oleh karena itulah TouchBar ini sebaiknya direkomendasikan untuk smartphone berukuran besar seperti dengan ukuran 5,5 inch keatas seperti bahkan penggunaan Maps atau peta, maka aplikasi ini jelas akan sangat membantu.

Selain itu, akan ada baiknya juga jika Sobat menghindari pemakaian aplikasi ini apabila smartphone android Sobat memiliki ram yang terbatas. Setidaknya, Sobat harus memiliki ram sebesar 3 GB. Pasalnya apliasi TouchBar ini akan terus berjalan di background dan akan selalu memberatkan ram sehingga membuat smartphone akan semakin lemot, bukan akan semakin simpel dan juga mudah.

Bagaimana Sobat? Tertarik untuk mencoba cara untuk menambahkan TouchBar pada smartphone android dari Sobat? Jika iya, Sobat bisa bisa melakukan tutorial di atas. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan pengetahuan bagi Sobat semua.