Rekomended! Cara Mengetahui Spesifikasi Kamera Agar Tidak Salah Pilih

Cara Mengetahui Spesifikasi Kamera

Cara Mengetahui Spesifikasi Kamera – Kamera yang dijual di pasaran terdiri dari banyak sekali jenis dan tipe yang bisa dipilih. Untuk bisa menentukan pilihan, Anda harus mengetahui spesifikasi dari masing-masing kamera tersebut. Spesifikasi dapat dilihat pada box kamera atau melalui internet dengan mencarinya di mesin pencarian. Setelah melihat spesifikasi, kemudian Anda tinggal mencari cara mengetahui spesifikasi kamera yang bagus agar tidak salah pilih.

Inilah Cara Mengetahui Spesifikasi Kamera yang Bagus

Mayoritas orang beranggapan bahwa ukuran megapixel kamera yang besar menentukan spesifikasi yang tinggi serta kualitas hasil foto yang bagus. Padahal sebenarnya gambar yang berkualitas tinggi tidak hanya melihat besar ukuran megapixel kamera saja. Berikut ini adalah cara mengetahui spesifikasi kamera yang bagus agar tidak salah pilih:

1. Melihat Sensor

Pada kamera digital, sensor berfungsi seperti film dimana akan bekerja ketika terkena cahaya saat mengambil gambar. Sensor sendiri terdiri dari banyak sekali jenis dan juga spesifikasi. Namun beberapa hal yang berhubungan mengenai sensor diantaranya adalah sensor micro 4/3 rds, frame, sensor APS-C, serta sensor kamera ponsel dan kamera saku. Sensor APS-C dan sensor micro 4/3 rds banyak digunakan pada kamera jenis SLR dan DSLR.

2. Melihat Lensa

Untuk mengetahui spesifikasi kamera yang bagus Anda harus melihat lensa, karena komponen tersebut berfungsi layaknya mata. Lensa berhubungan dengan aperture atau lebar bukaan. Semakin luas aperture dari sebuah kamera maka akan semakin bagus karena cahaya yang masuk lebih maksimal. Aperture dinilai dengan f-stop, jadi jika Anda melihat spesifikasi f/3.5 itu berarti nilai f-stop adalah 3,5. Semakin lebar aperture maka akan semakin baik karena dapat digunakan untuk menangkap objek di tempat yang minim cahaya. Aperture sebuah kamera biasanya berada pada rentang f/1.4 hingga f/2.8.

Baca juga:  Gotcha! - Aplikasi Dating Terbaik Indonesia yang sedang Populer dan banyak mencuri hati Orang Luar Negri

3. Melihat Kecepatan Processor

Spesifikasi processor juga sangat penting untuk Anda perhatikan karena berpengaruh pada kualitas foto atau video yang dihasilkan. Processor yang bagus dapat menangani operasi dengan lebih baik. Selain itu juga dapat berpengaruh pada pengambilan gambar seperti penangkapan secara berurutan. Kecepatan processor juga dapat membantu mengimbangi kondisi pemotretan di ruangan minim cahaya sehingga gambar yang dihasilkan tetap bagus.

4. Melihat Besar Auto Focus

Auto Focus kamera berkaitan dengan jumlah titik yang dimiliki oleh kamera. Semakin banyak auto focus maka akan semakin baik untuk mengambil gambar karena wilayah yang mampu dicover menjadi lebih luas. Auto Focus ini harus seimbang dengan jumlah Cross Sensor. Kamera tidak akan bagus meski auto focus banyak tapi cross sensor sedikit. Jadi AF 19 dan Cross Sensor 19 lebih baik dibandingkan AF 45 dan Cross Sensor 9.

5. Melihat Fitur Tambahan

Kamera biasanya memiliki fitur unggulan tersendiri seperti Wireless and GPS. Spesifikasi berupa fitur tambahan tersebut juga harus diperhatikan ketika ingin mengetahui spesifikasi kamera. Wireless and GPS memungkinkan Anda untuk menghubungkan kamera dengan ponsel pintar sehingga bisa dioperasikan melalui ponsel tersebut.

Selain itu, dengan menghubungkan kamera dan ponsel pintar Anda bisa langsung memposting foto hasil jepretan. Fitur tambahan tidak hanya Wireless and GPS saja, Anda bisa mengecek fitur tambahan melalui spesifikasi lengkapnya.

Baca juga:  5 Rekomendasi Desktop PC Paling Populer 2019

Itulah cara mengetahui spesifikasi kamera yang bagus agar Anda tidak salah pilih saat membelinya. Perhatikan sensor, lensa, serta kecepatan processor dari kamera yang akan Anda pilih untuk semua jenis maupun tipe kamera. Semoga informasi yang diberikan tersebut dapat membantu Anda mengetahui spesifikasi kamera terbaik dengan mudah.