Ngobrolin kamera smartphone, terutama selfie,memang tidak bisa jauh-jauh dari brand yang satu ini. Bikin hape selfie sudah, bikin hape dengan layar fullscreen sampai yang ada poninya juga sudah.

Nah, kali ini mereka mencoba menghadirkan inovasi yang cukup canggih, terutama di desain kameranya. Umm. . emang sekeren apa sih? Saya, Arya dari teknocanggih.com, dan inilah review kamera Oppo Find X.

oppo find x
oppo find x

Iya, setelah nyobain Oppo Find X kurang lebih 1 minggu, sektor kamera memang jadi sektor yang paling menarik di smartphone ini. maka dari itu, saya coba bikin artikel yang khusus membahas kameranya saja, karena ada banyak banget fitur kamera yang bisa di explore di Oppo Find X ini.

Review Oppo Find X dan Harga Terbaru 2018/2019

Oppo Find X adalah smartphone dengan desain paling unik yang pernah saya lihat di tahun 2018 ini. Bagaimana tidak, pertama kali melihat kamera depan dan kamera belakangnya itu tidak ada. Jadi, si Oppo Find X ini lebih memilih untuk mementingkan layar fullscreen-nya dengan bezel yang super tipis dan kameranya sendiri tersembunyi di dalam bodi.

oppo find x kamera depan
oppo find x kamera depan

Jadi, Oppo di sini menggunakan namanya 3D Stealth Camera dengan mekanisme pop-up otomatis yang pakai micro motor, jadi kalau kameranya kita mau pakai kamera itu akan otomatis menyembul dari dalam ke atas, dan kalau sudah tidak terpakai lagi dia akan balik ke bawah.

Yang tidak kalah menarik di sini adalah suara saat kameranya muncul itu seperti suaranya Iron Man saat mengeluarkan armor-nya. Cakep banget!

oppo find x kamera depan 25MP
oppo find x kamera depan 25MP

Ngobrolin smartphone Oppo rasanya kurang afdol kalau tidak membahas kameranya. Nah di seri Find X ini, Oppo menghadirkan kamera depan 25MP yang punya bukaan lensa f/2.0 dan sensor buatan Sony yaitu Sony IMX576.

Tapi di sini tidak cuma sekedar gede-gedean resolusi saja, Oppo membekali dengan sejumlah sensor canggih yang siap menaikkan kelas dan pengalaman selfie Sobat teknocanggih.

oppo find x kamera depan dengn sensor
oppo find x kamera depan dengn sensor

Kamera depan ini ditemani sejumlah sensor mulai dari dot projector, receiver, ranging sensor, terus ada kamera infrared sampai flood illuminator.

Tapi di sini saya tidak akan membahas secara teknis sensor tersebut. Tapi, pada intinya sensor-sensor tadi yang akan menghadirkan 3D Structure Light, umm. . apa lagi itu? Iya, bahasa gampangnya ini adalah sistem pendeteksi cahaya secara 3 dimensi.

Dengan sensor tadi, Find X bisa mendapatkan informasi wajah secara presisi untuk membikin model 3D yang akurat. Model 3D ini akan membantu menyesuaikan masing-masing elemen wajah secara spesifik.

Tentunya saat pemindaian wajah, kita diharuskan untuk memperlihatkan sisi depan, kanan, kiri dan juga bawah wajah.

oppo find x kamera depan 3D
oppo find x kamera depan 3D

Fitur 3D Structure Light itu juga dikombinasikan dengan teknologi kecerdasan buatan alias AI. Dengan bantuan teknologi AI wajah pengguna yang dipindai secara 3 dimensi ini akan dianalisis dan nantinya bisa disesuaikan dengan 4 pilihan beautification yang tersedia.

Misalnya, pipi bisa dibuat lebih ramping atau mata jadi lebih lebar. Itu bisa dilakukan sesuai keinginan Sobat. Setelah di otak-atik efek beauty-nya profil 3D wajah ini akan tersimpan di sistem dan secara otomatis akan diaplikasikan setiap kali penggunaanya.

Nah, dengan begini sobat jadi tidak perlu lagirepot-repot mengedit beautify setiap kali selfie. Saya sendiri baru benar-benar merasakan ternyata ada fitur beautify yang dulunya sekedar filter sekarang berevolusi dengan pengaturan yang secanggih ini.

Baca juga:  Review samsung galaxy j4+: Harga Terbaru dan Spesifikasi Lengkap 2018

Ternyata tidak cuma itu saja, Oppo Find X di sini memanfaatkan teknik pencahayaan 3 dimensi untuk membuat foto portrait yang artistik layaknya diambil pakai kamera profesional.

Mulai dari pencahayaan yang menyoroti kontur wajah cahaya 2 warna yang mensimulasikan warna biru-merah yang klasik sampai cahaya rim yang membuat warna kulit kelihatan lebih cerah dan juga kontur wajah lebih jelas.

Iya, dengan banyaknya teknik pencahayaan ini tentu bikin pengalaman selfie Sobat jadi naik kelas. Di mode auto Sobat akan diberikan 6 pilihan face beauty atau kalau nggak mau ribet Sobat bisa pilih mode AI yang akan secara otomatis mengatur wajah kita dan akan memberikan penyesuaian efek mulus di wajah.

Jadi si AI ini akan menganalisis secara presisi dan tergantung pada gender,usia, jenis kelamin, bahkan warna kulit. Dan tentunya hasilnya tidak se-lebay face beauty yang ada di smartphone lain pada umumnya. Ini bisa dibuktikan untuk saya seorang pria yang sebenarnya tidak terlalu doyan selfie sih, tapi pas cobain selfie pakai Oppo Find X dan pakai mode AI efek maskulinnya tidak hilang.

Di sini, saya coba tidak pakai screen flash. Kalau butuh pencahayaan tambahan, bisa pakai screen flash. Screen flash ini cahayanya lebih natural dan merata ke wajah. Jadi tidak terlalu menyilaukan.

Selain untuk mempercantik jepretan selfie sistem pengenalan wajah secara 3 dimensi di kamera depan Oppo Find X ini juga sebenarnya punya fungsi utama sebagai metode untuk mengamankan smartphone.

Iya, dengan sistem pengenalan wajah secara 3 dimensi ini tentu face recognition-nya Oppo Find X lebih akurat dibandingkan face unlock di smartphone pada umumya yang hanya memindai kontur wajah depan saja.

Kalau kata si Oppo sih, mengklaim cuma butuh waktu 0.6 detik saja untuk memunculkan kamera untuk scanning wajah kita secara 3 dimensi, menurut Sobat cepat atau tidak? Silahkan komen di bawah yah.

oppo find x belakang
oppo find x belakang

Lalu, bagaimana sih cara kerja 3D face recognition di Oppo Find X ini? Secara teknis, dot projector yang ada di samping kamera depan ini akan menembakkan 15 ribu titik infra merah ke muka kita dan saya tidak tahu secara teknisnya bagaimana, cuman memang by default by system dia akan mengidentifikasikan karakteristik muka kita secara lebih akurat dan juga presisi.

Jadi, hanya muka yang diregistrasi di smartphone ini yang bisa unlock smartphone Oppo Find X. Bahkan 3D face recognition ini bisa digunakan di kondisi yang gelap sekalipun.

Iya, kelebihan ini yang mungkin tidak akan Sobat temui di smartphone dengan biometric face unlock 2 dimensi pada umumnya. Iya, dengan tingkat kesalahan yang hanya 1 banding 1 juta di 3D face recognition ini, Oppo Find X PeDe tidak pakai fingerprint scanner seperti yang ada di smartphone lain pada umumnya.

Menurut saya make sense sih, karena fingerprint scanner itu punya tingkat kesalahan yang jauh lebih tinggi loh,yaitu 1/50 ribu. Sudah begitu, fingerprint scanner juga rawan ngadat kalau permukaannya kotor seperti karena kebasahan atau kena minyak. Dan hal ini tidak akan terjadi ketika kita coba unlock smartphone pakai 3D face recognition.

Baca juga:  Harga Huawei Nova 3i Terbaru: Review Lengkap dan Spesifikasi
oppo find x belakang #2
oppo find x belakang #2

Menurut saya juga lebih aman karena kamera di Oppo Find X ini tersembunyi di dalam bodi. Tidak seperti Oppo seri-F, Oppo Find X ini tidak punya tagline “Selfie Expert” karena selfie memang bukan jualan utama dari smartphone ini.

Tagline-nya sendiri adalah “Flagship of Future” yah, namanya barang flagship, tentu fitur kamera depan dan kamera belakang harusnya berimbang bukan? Iya, dikatakan berimbang karena Oppo Find X ini juga dibekali spek kamera belakang yang mumpuni.

Dual Kamera Oppo Find X

Ada dual kamera di belakang ini yang sensor utamanya adalah 16MP yang punya sensor Sony IMX519.Sedangkan sensor kamera sekundernya punya resolusi yang lebih tinggi 20MP dengan sensor Sony IMX376 yang fungsinya lebih ke Deep of Effect alias untuk foto-foto bokeh.

oppo find x belakang #3

oppo find x belakang #5
oppo find x belakang #5
oppo find x belakang #6
oppo find x belakang #6
oppo find x belakang #4
oppo find x belakang #4

Iya, kamera belakang ini juga dibekali dengan fitur AI namun peruntukannya agak beda dengan AI di kamera depan yang bisa dipakai untuk menganalisa wajah. AI di kamera belakang ini, peruntukannya lebih luas yaitu dapat mendeteksi scene tertentu yang dibuat oleh obyek. Jadi, kalau kita sedang foto orang, nanti yang muncul tulisan karakter.

Ketika kita membidik obyek yang berupa indoor atau dalam ruangan maka tulisannya sesuai “Di dalam Ruangan” dan AI scene recognition ini akan menyesuaikan pengaturan kamera.

oppo find x hasil kamera belakang
oppo find x hasil kamera belakang

Jadi, kita tidak perlu lagi mengotak-atik setting macam-macam seperti mode manualnya karena kameranya sudah dibantu oleh AI untuk mengatur ISO, Shutterspeed, White Balance, sampai Exposure.

Jadi, akan diberikan hasil yang terbaik setelah dijepret. Iya, selain scene recognition, fitur AI di kamera belakang Oppo Find X ini juga bisa membantu untuk mengambil foto-foto portrait yang cukup berkelas.

Dengan berbagai teknik pencahayaan mulai dari yang natural, teknik pencahayaan ala foto studio, sampai teknik pencahayaan dengan 2 warna.

Iya, dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh AI ini Saya jadi malas untuk tenteng-tenteng DSLR yang besar-besar itu, karena cukup dengan Oppo Find X saya bisa mengambil foto bokeh. Iya, seperti smartphone flagship pada umumnya, kamera belakang Oppo Find X ini juga dibekali dengan mode manual atau di sini namanya mode pakar atau mode profesional yah.

oppo find x hasil kamera belakang #2
oppo find x hasil kamera belakang #2
oppo find x hasil kamera belakang #3
oppo find x hasil kamera belakang #3

Di sini Sobat bisa mengubah beberapa parameter kamera mulai dari White Balance, Exposure, ISO, Shutterspeed dan juga Focus-nya sendiri. Tapi untuk yang tidak suka ribet seperti saya ini masih lebih mending pakai mode auto karena kamera belakang
Oppo Find X ini sudah dibekali dengan fitur AI scene recognition.

Jadi, obyek yang kita foto itu nantinya akan disesuaikan oleh AI tadi. Jadi tidak perlu lagi mengatur-atur mode manual. Iya, untuk foto di outdoor, hasil fotonya Oppo Find X ini keren banget sih. Warnanya terlihat pop-up banget.

oppo find x hasil kamera belakang #4
oppo find x hasil kamera belakang #4
oppo find x hasil kamera belakang #5
oppo find x hasil kamera belakang #5

Dan untuk foto-foto seperti yang ada di depan saya sekarang, elemen fotonya terlihat sangat jelas dan gambarannya juga cukup tinggi jadi tidak ada blur di sini.

Sekarang mari kita coba tes lowlight di kamera Oppo Find X ini. Let’s go! Ini dia tampilan dari kamera Oppo Find X dan muncul AI Scene Recognition di sini ada tulisan “pemandangan malam”.

oppo find x hasil kamera belakang low light
oppo find x hasil kamera belakang low light
oppo find x hasil kamera belakang low light #3
oppo find x hasil kamera belakang low light #3
oppo find x hasil kamera belakang low light #4
oppo find x hasil kamera belakang low light #4
oppo find x hasil kamera belakang low light #5
oppo find x hasil kamera belakang low light #5
oppo find x hasil kamera belakang low light #2
oppo find x hasil kamera belakang low light #2

Dan AI ini akan mendeteksi obyek secara otomatis dan memberikan penyesuaian pengaturan kameranya. Jadi, sobat sudah tidak perlu lagi repot-repot mengatur parameter kameranya secara manual.

Baca juga:  Review Nokia 6.1 plus indonesia: Harga Terbaru dan Spesifikasi Lengkap

Hasilnya, sudah di set oleh AI ini. Kamera belakang Oppo Find X ini sudah bisa merekam video maksimal resolusi 4K di 30 fps. Hasilnya sendiri sudah cukup tajam, yah, standar kamera video flagship pada umumnya.

Jadi, kalau saya mau meng-crop video 4K itu tidak usah takut hasilnya pecah. Size video 4K itu memang gede banget filenya, cuman itu tidak masalah untuk Oppo Find X yang punya internal storage sampai 256GB.

Tapi fitur Optical Image Stabilization atau OIS ini hanya berjalan di mode Full HD 1080p saja. Jadi, kalau Sobat tidak punya stabilizer khusus saya sarankan untuk stay di mode Full HD saja atau 1080p, karena hasilnya jauh lebih stabil bahkan pas dipakai merekam sambil jalan.

Tapi sebenarnya bukan itu saja yang membuat saya senang dengan kamera video Oppo Find X ini. Iya, jangan lupakan mode slow motion yang bisa merekam video gerakan lambat pakai resolusi tinggi 1080p atau Full HD di 240fps.

Bahkan Sobat juga bisa mengambil video gerakan lambat dengan frame per second yang lebih tinggi di 480fps. Namun konsekuensinya, resolusi video akan di downgrade ke 720p alias HD.

Chipset Oppo find X

untuk menunjang kecanggihan AI di kamera depan dan kamera belakangnya tentu butuh dapur pacu yang mumpuni. Di sini, Oppo Find X sudah di-otaki chipset yang paling flagship dari Qualcomm di tahun 2018 ini, apalagi kalau bukan Snapdragon 845.

oppo find x chipset
oppo find x chipset

iya, dari Snapdragon seri ini  Qualcomm juga mengenalkan Image Signal Processor atau ISP yang paling baru yaitu Spectra 280 yang punya fungsi fotografi lebih baik seperti meningkatkan kemampuan AI dalam mengenali obyek jepretan jadi lebih cepat, fokusnya juga lebih cepat dan yang tidak kalah penting adalah dukungan video slow motion hingga 480fps.

Dan fitur ini tidak akan Sobat temukan di chipset Snapdragon lainnya. Jadi, apakah Oppo Find X ini recommended? Kalau menurut saya sih, recommended saja selama masih ada budjet-nya. Dan yang pasti Oppo Find X ini menyasar generasi milenial yang selalu ingin tampil beda karena Oppo Find X ini punya desain yang cukup futuristik dan inovatif lewat mekanisme camera slider-nya di depan dan juga belakang.

Oppo Find X juga cocok untuk Sobat yang doyan foto-foto tapi malas atau ribet bawa kamera DSLR yang sudah semakin berat. Oppo Find X ini sudah paket lengkap antara fotografi dan juga video.

Mau dipakai untuk foto produk, oke.  Foto OOTD oke, foto selfie dengan gebetan dengan teknik pencahayaan yang berbeda juga oke. Atau buat sekedar nge-vlog sudah memenuhi standar flagship.

Target pasar Oppo Find X sendiri adalah orang-orang yang punya mobilitas tinggi, jadi tidak heran kalau Oppo sudah membekali teknologi VOOC Flash charge yang bisa men-charge baterai 3730 mAh di smartphone ini dalam waktu yang singkat.

oppo find x fast charge
oppo find x fast charge
oppo find x fast charge #2
oppo find x fast charge #2

Murah atau mahal? Semuanya kembali lagi pada selera, kebutuhan dan yang pasti budget Sobat. Oke, sekian artikel review kamera Oppo Find X. Klik Like dan share kalau Sobat suka dengan artikel ini.

Harga Oppo Find X: Rp.15.000.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here