Review Mendalam Vivo V11 Pro: Sensor Sidik Jari Dilayar dan Desain mewah

Persaingan yang ketat di industri smartphone tanah air mau tak mau membuat para vendor smartphone saling beradu inovasi untuk jadi yang terbaik. Salah satunya adalah Vivo yang menghadirkan kamera dengan segudang fitur AI dan juga teknologi sensor sidik jari di dalam layar untuk smartphone terbarunya.

Bahkan ini yang pertama ada di Indonesia. Selain AI kamera dan juga Screen Touch ID, apalagi sih hal-hal keren yang bisa Sobat temukan di smartphone Vivo ini? Saya, Arya dari Teknocanggih.com dan inilah hands-on Vivo V11 Pro.

tampilan depan vivo v11
tampilan depan vivo v11

Review Vivo V11 Pro, Desain Mewah dengan Segudang Kelebihan

Bicara soal desain, Vivo V11 Pro ini sudah masuk kategori smartphone zaman now banget. Sebut saja, layar Ultra All Screen 6.41″ dengan bodi yang masih compact di tangan.

notch vivo v11
notch vivo v11

Iya, terima kasih rasio 19. 5:9! Umm. . notch alias poni juga semakin imut-imut demi visual yang lebih luas. Screen to body ratio-nya aja tembus 91.27% dan layar ini tidak cuma lebar saja Panel yang dipakai juga sudah SuperAMOLED.

tampilan depan vivo v11 #2
tampilan depan vivo v11 #2

Tipikal warna yang kontras begini jelas asik banget buat nonton film,atau mantengin foto gebetan di feed Instagram. Tak mau kalah dengan tampilan depan, bodi belakangnya punya desain melengkung 3D,dengan perpaduan warna yang tidak biasa.

tampilan video vivo v11
tampilan video vivo v11
tampilan layar vivo v11
tampilan layar vivo v11
tampilan belakang vivo v11 #3
tampilan belakang vivo v11 #3
tampilan belakang vivo v11 #2
tampilan belakang vivo v11 #2

Iya, Vivo V11 Pro yang saya pegang ini adalah varian warna Nebula Purple yang mengawinkan warna biru dan juga ungu yang elegan. Saat terpapar cahaya kilauan bodi belakang ini membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama. By the way, ada juga varian warna lain yaitu Starry Black.

tampilan belakang vivo v11
tampilan belakang vivo v11

Yang jelas, kedua warna ini sama-sama cakep sebagai teman meeting bareng klien atau pergi ke kondangan mantan. Ngobrolin smartphone Vivo, sepertinya tak afdol kalau tak membahas kameranya.

Dual Kamera Vivo V11 Pro (12MP + 5MP)

Tren dua kamera belakang masih dianut Vivo yang kini speknya makin cakep. Dengan resolusi kamera utama 12MP, dengan sensor Dual Pixel, plus 5MP sebagai Depth Sensor.

kamera belakang vivo 11
kamera belakang vivo 11

Dengan sensor Dual Pixel, autofocus-nya ngebut banget pas mengunci obyek. Jadi Sobat tak akan ketinggalan momen-momen darurat dengan kamera smartphone ini, yang tombol shutter-nya juga tak kalah cepat pas mengambil gambar.

Punya bukaan lensa f/1. 8 plus ukuran pixel 1.28 micron tentu bikin kamera Vivo V11 Pro ini bisa diandalkan di berbagai kondisi. Ditambah lagi dengan bantuan AI, salah satunya AI Scene Recognition yang sudah aktif by default.

Hasil foto-fotonya sih tak bisa diremehkan, AI ini akan mengenali obyek tertentu, seperti makanan atau bunga. Dan secara otomatis mengatur setting kamera yang terbaik untuk obyek tersebut.

hasil AI Vivo v11
hasil AI Vivo v11
hasil foto vivo v11 #2
hasil foto vivo v11 #2
hasil foto vivo v11 #3
hasil foto vivo v11 #3

Hasilnya, gokil banget sih. Saturasi warnanya asik,tapi tidak lebay. Detail obyeknya juga tetap terjaga dengan baik. Kemampuan Anti Backlight AI HDR-nya juga top markotop,terutama buat memperindah foto-foto obyek yang bagian terang dan juga gelapnya mencolok.

Baca juga:  Spesifikasi Dan Harga HP Xiaomi Redmi 3 Terbaru 2018/2019

Dipakai foto-foto di indoor, saya tak melihat adanya penurunan kualitas. Sama-sama tajam dan instagramable hasil kameranya. Mengambil detail obyek juga masih oke banget.

Lalu, bagaimana untuk foto-foto di kondisi lowlight? Surprisingly! Performa kamera Vivo V11 Pro ini impresive banget! White Balance-nya masih teratur, warna obyeknya masih cukup tajam, ada sih noise, tapi baru kelihatan kalau fotonya di-zoom.

hasil AI Vivo v11 low light
hasil AI Vivo v11 low light
hasil foto vivo v11 #5
hasil foto vivo v11 #5
hasil AI Vivo v11 low light #4
hasil AI Vivo v11 low light #4
hasil AI Vivo v11 low light #2
hasil AI Vivo v11 low light #2
hasil AI Vivo v11 low light #3
hasil AI Vivo v11 low light #3

Foto-foto obyek lampu juga tidak diikuti dengan ekor cahaya alias flare yang merusak komposisi foto. Nah, cakepnya foto-foto lowlight ini tentu tak lepas dari ukuran pixel yang besar, bukaan lensa yang lebar, AI Lowlight Mode dan tentu saja teknologi Dual Pixel yang memang spesialis meningkatkan kualitas foto di tempat yang minim cahaya.

Dengan bantuan sensor sekunder 5MP plus AI Portrait Framing, kamera Vivo V11 Pro ini juga bisa mengambil foto-foto bokeh dengan blur di background yang dramatis.

hasil AI Vivo v11 bokeh
hasil AI Vivo v11 bokeh

Tidak cuma itu saja, fokus blurnya juga bisa diatur lagi setelah foto diambil. Dari sini saya mulai sadar, kalau liburan dari pada nenteng-nenteng kamera DSLR yang berat itu, kayaknya sekarang cukup membawa Vivo V11 Pro saja yang sudah bisa mengabadikan momen-momen instagramable yang tidak kalah cakep, plus bisa bokeh pastinya.

Google Lens Pada Vivo V11 Pro

hasil AI Vivo v11 integrasi dengan google
hasil AI Vivo v11 integrasi dengan google
hasil AI Vivo v11 integrasi dengan google #2
hasil AI Vivo v11 integrasi dengan google #2

Yang paling baru, kamera belakang Vivo V11 Pro ini,sudah terintegrasi dengan Google Lens. Anyway, fitur ini membantu sekali pas saat ingin mencari info tentang suatu obyek, landmark, atau tulisan tertentu. Tinggal arahkan ke kamera, Google Lens akan menganalisis by AI dan melakukan pencarian terkait dengan obyek tersebut.

25MP AI Camera

kamera depan vivo 11
kamera depan vivo 11

Nah, buat yang hobi selfie, kamera depan Vivo V11 Pro ini punya resolusi tinggi di 25MP. Dan tidak cuma menang di resolusi saja, kamera depan ini sudah disokong segudang fitur AI. Ada AI Face Shapping, yang otomatis menyempurnakan bagian hidung, mulut dan juga mata supaya terlihat proporsional di foto.

Lalu, ada AI Selfie Lighting, yang buat foto selfie Sobat makin artistik, dengan 6 teknik pencahayaan yang berbeda. Mau yang rasa studio atau yang klasik dengan warna monochrome di background? Semuanya ada.

Pilih bebas aja sesuai selera,. Dan yang paling sering saya pakai tentu saja AI Anti-Backlight HDR. Foto membelakangi cahaya yang sejatinya diharamkan di dunia fotografi, bisa diantisipasi dengan baik oleh kamera depan smartphone Vivo V11 Pro yang lagi-lagi diperbantukan oleh AI tentunya dengan HDR, dan juga Algoritma AI, yang bisa mengatur kembali exposure yang tepat dan juga menyempurnakan background foto secara alami.

Baca juga:  Hp Xiaomi Harga 1 Jutaan dengan Jaringan 4G LTE 2019

hasil AI Vivo v11 #6
hasil AI Vivo v11 #6
hasil AI Vivo v11 #4
hasil AI Vivo v11 #4
hasil AI Vivo v11 #3
hasil AI Vivo v11 #3
hasil AI Vivo v11 #2
hasil AI Vivo v11 #2

Hasilnya. . . backlight tak terjadi, dan foto wajah masih tampak terang meski di belakangnya ada cahaya matahari yang terik. Overall, hadirnya AI di kamera depan dan juga kamera belakang memang memudahkan, tak perlu otak atik pengaturan kamera sana-sini, AI secara otomatis menyesuaikan obyek dan menghasilkan foto terbaik di berbagai kondisi cahaya.

Kamera depan smartphone ini bisa merekam video dengan resolusi maksimal Full HD di 30fps. Menurut Sobat, bagaimana hasilnya?

Screen Touch ID Vivo V11 Pro

Screen Touch ID juga menjadi salah satu nilai jual utama Vivo V11 Pro. Nah, langkah Vivo memindahkan sensor sidik jari dari bodi belakang ke dalam layar ini sih brilian banget, yah. Desain bodi belakang lebih terjaga sisi glossy-nya dan bisa dibilang, hingga artikel ini dirilis Vivo V11 Pro adalah smartphone pertama di Indonesia yang menghadirkan teknologi sidik jari di dalam layar.

screen touch id vivo v11 #2
screen touch id vivo v11 #2
screen touch id vivo v11
screen touch id vivo v11

Mantap banget! Screen Touch ID ini, bekerja dengan menghubungkan teknologi layar sentuh, dan mengintegrasikan autentikasi biometrik sehingga memungkinkan Sobat bisa membuka smartphone lewat layar sentuh.

Iya, karena belum banyak yang mengadopsi unlock smartphone pakai Screen Touch ID ini, berasa keren banget dan juga futuristik saat dipamerkan di depan teman-teman. Ditambah lagi, tampilan dengan logo sidik jari yang tampak menyala saat disentuh dan ada visual effect-nya ini, serasa sedang memegang smartphone yang ada di film science fiction.

Soal kecepatan baca sidik jari, sensor biometrik ini juga cukup responsif saat unlock smartphone. Umm. . . menurut Sobat, apakah fingerprint sensor di dalam layar ini bakal jadi tren smartphone masa depan? Komen di bawah yah!

Face Access Vivo V11

face unlock vivo v11
face unlock vivo v11

Selain Screen Touch ID, Face Access jadi sensor biometrik alternatif untuk unlock Vivo V11 Pro. Fiturnya kini ditingkatkan, dengan kombinasi sinar infrared yang mampu memindai 1024 titik wajah. Lalu, seberapa cepat unlock-nya? Umm. . ngebut banget, sampai tak kerasa kalau smartphone ini sedang di-lock, berkat infrared Face Access ini juga bisa dipakai di kondisi lowlight sekalipun.

Nah, di sektor dapur pacu Vivo V11 Pro ini diotaki chipset Octa-core Qualcomm Snapdragon 660 AIE. Soal performa rasanya tak perlu diragukan lagi yah. Disokong RAM 6GB, ROM 64GB dan Funtouch OS 4. 5, yang sudah berbasis Android Oreo 8.1, buka-tutup dan berpindah antar aplikasi nyaris tak terasa ada lag. Mulai dari operasi yang sederhana, sampai main game yang intensif bisa dieksekusi smartphone ini tanpa hambatan.

antutu vivo v11
antutu vivo v11

Buat Gadgeteers yang doyan mobile online seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile siap-siap saja dimanjakan oleh Vivo V11 Pro ini karena punya layar yang lebar untuk handling control game yang lebih nyaman dan ditunjang dengan kombinasi kinerja Snapdragon 660 AIE, plus RAM 6GB, yang membuat smartphone ini anti-lag saat memainkan game-game dengan grafis HD.

Baca juga:  Harga Hp Dibawah 1 Juta: 5 Android Murah Terbaik 2019
main game vivo v11
main game vivo v11

Meski powerful, bukan berarti prosesor ini boros daya yah. Dengan fabrikasi 14nm, Snapdragon 660 ini menawarkan keseimbangan antara performa yang kencang namun tetap efisien daya, karena ukuran transistor yang lebih kecil. Iya, dengan spek gaming dan juga AI kamera yang dimilikinya Sobat tak perlu takut kehabisan daya di waktu yang tidak tepat karena Vivo V11 Pro ini sudah dibekali baterai 3400 mAh yang siap menemani Sobat seharian penuh.

Tentu saja itu tak lepas dari peran chipset 14nm dan optimasi software Funtouch OS 4.5 terbaru dengan manajemen daya yang lebih baik.

Dual-Engine Fast Charging Vivo V11

Pilih baterai besar atau nge-charge cepat? Saya sih pilih opsi nge-charge cepat yah, karena saya sering lupa nge-charge dan baru sadar saat smartphone sudah terburu low-bat.

charger vivo v11
charger vivo v11

Nah, dengan Dual-Engine Fast Charging, mengisi baterai 3400 mAh di smartphone ini tidak butuh waktu yang lama. Bahkan untuk mengisi daya sampai 50%, cuma butuh waktu sekitar 30 menit saja. Saat Vivo V11 Pro lupa di-charge semalam, yang perlu saya lakukan adalah segera colok ke charger lalu ditinggal mandi saja, sarapan sambil menyiap-nyiapkan hal lain.

Nah, saat sudah mau dipakai ke kantor, prosentase baterai-nya sudah aman untuk dipakai seharian. Oh iya, Dual-Engine Fast Charging ini tetap dapat bekerja yah saat menggunakan kabel smartphone apapun.

Vivo V11 Pro adalah salah satu pilihan menarik untuk Gadgeteers yang mencari smartphone dengan paket komplit, antara desain dan varian warna yang cakep. Performa ngacir, kamera dengan segudang fitur AI, dan fitur Dual-Engine Fast Charging yang bisa mengisi ulang daya baterai lebih cepat, plus aman untuk perangkat.

Dan yang tak kalah ketinggalan yaitu inovasi teknologi Screen Touch ID yang hingga artikel ini rilis, baru ada di Vivo V11 Pro di antara sekian smartphone resmi lain yang ada di pasar Indonesia.

Cakep-nya dapet, ngebutnya dapat,inovasinya juga dapat. Nah, satu hal yang terpenting, Vivo V11 Pro adalah hape anti-ghoib, tak usah rebutan di FlashSale. Unitnya sudah ready stock, dan sudah dibeli baik itu via Online ataupun offline di store Vivo terdekat di kota Sobat. Lagipula, apa artinya smartphone dengan spek cakep kalau belinya saja susah.

Murah atau mahal? Semuanya kembali lagi pada selera, kebutuhan dan yang pasti budget Sobat teknocanggih semua. Klik Like kalau Sobat suka dengan artikel review Vivo V11 Pro dari Teknocanggih.com.

Harga Vivo V11 Pro: Rp. 4.999.000