Tutorial Cara Menambahkan Mouse di Android

Cara Menambahkan Mouse di Android – Smartphone android disebut dengan telepon pintar atau smartphone bukan hanya karena banyaknya aplikasi yang bisa dipakai, namun juga perangkat ini bisa bekerja layaknya komputer. Salah satunya adalah untuk kebutuhan bekerja dimana tablet android pun juga mulai menggantikan fungsi laptop. Nah kali ini teknocanggih.com akan membahas tutorial menggunakan mouse di HP Android yang bisa membantu Sobat semua untuk mengontrol smartphone atau tablet di android. Berikut tips yang bisa Sobat coba.

Cara Menambahkan Mouse di Android

Untuk dapat menggunakan mouse di perangkat android, Sobat harus memastikan bahwa smartphone atau tablet sobat sudah mendukung fitur USB OTG atau USB On The Go. Karena perangkat mouse yang akan kita sambungkan nanti harus terhubung melalui port usb tersebut baik merupakan mouse wireless dengan bluetooth maupun mouse berkabel. Sebelum melanjutkan tutorial bagaimana menggunakan mouse tersebut, kita bisa mengecek smartphone Sobat apakah mendukung fitur USB OTG atau tidak.

1. Cek Fitur USB OTG di Situs GSM Arena

Cara pertama adalah cara manual yang menggunakan pencarian data apakah smartphone kita mendukung OTG atau tidak. Sumber yang bisa diandalkan adalah situs GSM Arena. Sobat hanya cukup menuju situs tersebut dan mengetikkan smartphone Sobat disana. Apabila terdapat informasi jika smartphone sobat mendukung OTG, maka Sobat dapat membeli aksesoris OTG yang dibutuhkan.

Baca juga:  Begini Cara Membuat Swipe Up Instagram Stories, Dijamin Mudah

2. Gunakan Aplikasi OTG Checker

Cara kedua untuk mengetahui apakah smartphone kita mendukung fitur OTG adalah dengan mengunduh aplikasi OTG Checker. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Playstore dan Sobat hanya perlu membuka aplikasinya dan menekan tombol check. Lalu aplikasi akan menunjukkan informasi apakah smartphone Sobat mendukung atau tidak. jika tidak, dengan sangat terpaksa Sobat tidak bisa melanjutkan tutorial ini sedangkan kalau terdapat keterangan bahwa smartphone Sobat mendukung maka Sobat bisa melanjutkan tutorial ini.

Setelah memastikan bahwa samrtphone sobat sudah mendukung fitur OTG, maka tutorial untuk menambahkan mouse pada perangkat android ini dapat kita lanjutkan segera.

  • Siapkan Aksesoris OTG

Sebelum mulai utnuk menyambungkan atau menambahkan mouse ke perangkat android, maka yang pertama Sobat butuhkan adalah aksesoris OTG. Sobat bisa membelinya di toko aksesoris sekitar Sobat atau membelinya di toko online. Sobat bisa memilih berbagai macam jenis OTG mulai dari yang tanpa kabel alias terhubung langsung dengan port micro usb atau memilih OTG dengan tambahan kabel sehingga tdak mudah tersenggol saat digunakan.

  • Sambungkan USB Bluetooth atau Kabel USB Mouse

Cara kedua ini sangatlah mudah yakni cara menambahkan mouse pada android adalah hanya dengan menempelkan atau memasangkan usb bluetooth dari mouse atau ujung kabel usb dari mouse yang akan Sobat gunakan. Dua jenis mouse tersebut akan bekerja dengan baik di smartphone Sobat jadi Sobat tidak perlu khawatir memilih jenis mouse yang mana yang sesuai untuk Sobat.

  • Tunggu Proses Sinkronisasi Selama Beberapa Detik
Baca juga:  5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android Dan Bagaimana Menghack Passwordnya

Layaknya perangkat komputer yang mendeteksi perangkat baru agar dapat digunakan secara optimal maka smartphone android tersebut juga demikian. Tunggu hingga proses pendeteksi perangkat baru selesai.

  • Cek Kembali

Langkah selanjutnya yang juga merupakan langkah terakhir dari tutorial menambahkan mouse pada android adalah dengan menggoyangkan mouse tersebut baik mouse yang memiliki kabel maupun wireless. Apabila kursor yang nampak pada layar ketika Sobat menggerakkan mouse, itu artinya Sobat sudah dapat menggunakan mouse di perangkat android.

Itulah tadi bagaimana cara menambahkan mouse di android yang bisa Sobat coba di rumah. Lalu apa manfaat dari fitur menambahkan mouse pada perangkat android kita? Bisa untuk bermain game, sebagai remot jarak jauh, sebagai shutter kamera jarak jauh sehingga jangkauan kamera lebih luas seperti saat menggunakan tripode dan juga lainnya.

Bagaimana? Menarik bukan tutorial tersebut? Apalagi jika Sobat memainkan game mobile yang banyak menekan seperti Ragnarok Mobil atau lainnya yang bisa Sobat pakai untuk mengeklik ruangan atau lokasi yang bisa Sobat tekan. Semoga artikel ini menambah manfaat untuk Sobat sehingga Sobat semakin daapt memanfaatkan smartphone canggih kita ini.