Cara Mempercepat Internet WiFi Smartphone yang Lemot

Meski sekarang kita sudah berada di era 4G yang kecepatannya menjadi lebih baik, namun sayangnya tidak semuanya seperti itu. Ada batasan-batasan penggunaan internet 4G tersebut seperti berada di wilayah yang susah sinyal atau sinyal yang tidak stabil. Oleh karena itulah WiFi menjadi salah satu pilihan yang diminati. Hanya saja smartphone sendiri pun terkadang juga hanya bisa sedikit memanfaatkan sinyal wifi tersebut karena alasan seperti optimalisasi baterai agar tidak boros. Berikut ini teknocanggih.com akan membahas beberapa cara mempercepat internet wifi smartphone Sobat sehingga Sobat dapat menikmati jaringan internet berkualitas.

Percepat Koneksi Internet dengan Merubah Settingan Wifi

Ada beberapa macam cara mempercepat internet wifi Sobat di rumah, yang pertama dengan melakukan pengaturan khusus pada smartphone dan cara lainnya dengan menggunaka aplikasi pihak ketiga. Berikut kita bahas terlebih dahulu dengan melakukan pegaturan khusus di smartphone. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Buka Pengaturan atau Setting pada smartphone Sobat
  2. Pilih menu Opsi lainnya atau Additional Setting
  3. Setelah itu, pilih Opsi Pengembang atau Developer Options apabila tidak ada maka lakukan langkah ini terlebih dahulu
  4. Pilih Tentang Ponsel atau About Phone pada Setting atau Pengaturan
  5. Tekan Build Number berkali kali atau 10 kali hingga muncul keterangan “Anda adalah seorang pengembang”
  6. Lanjutkan langkah pada Opsi Pengembang atau Developer Options, pilih opsi Addresive Wi-Fi to Cellular Handover
  7. Kecepatan WiFi Sobat pada smartphone akan meningkat
Baca juga:  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak dan Tidak Berfungsi

Meskipun terbilang aman, namun sebenarnya cara ini akan banyak menguras baterai smartphone Sobat. Alasannya adalah karena smartphone memperkuat penerimaan internet dari WiFi sehingga baterai lebih cepat terkuras. Namun, sebagai jalan tengah Sobat dapat mematikan fitur ini ketika tidak digunakan dan mengaktifkannya kembali ketika Sobat akan mengunduh aplikasi atau file tertentu yang berukuran besar dan harus menggunkan saluran atau Jaringan WiFI.

Cara Mempercepat Internet Wifi Smartphone dengan Aplikasi WiFi Booster

Cara selanjutnya untuk mempercepat internet WiFI pada smartphone adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau Sobat perlu mengunduh aplikasi ini. Aplikasi serupa memang banyak, namun direkomendasikan untuk Sobat menggunakan aplikasi WiFI Booster ini. Cara penggunaannya kurang lebih sama seperti merubah settingan WiFi diatas. Hanya saja kali ini lebih mudah karena Sobat akan menggunakan sebuah aplikasi yang tinggal memilih opsi tertentu saja.

Cara pemakaian dari aplikasi WiFi Booster ini adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi WiFi Booster di Playstore, aplikasi ini gratis namun memiliki iklan
  2. Buka Aplikasi WiFI Booster dan tekan aktifkan
  3. Jaringan Internet dari WiFi untuk smartphone Sobat akan bertambah cepat

Semakin lama Sobat menggunakan aplikasi WiFi Booster yang terhubung ke WiFI maka akan semakin cepat pula jaringan internetnya. Namun tetap hal tersebut bergantung kepada kecepatan maksimal dari yang diberikan oleh WiFi Sobat di rumah atau di kantor. Hanya saja tetap, WiFi Booster akan memaksimalkan penggunaan internet melalui jaringan WiFi di smartphone Sobat sehingga kecepatannya maksimal.

Baca juga:  3 Cara Download Lagu di Laptop, PC ataupun Android (100% berhasil)

Apabila kedua cara tersebut tidak dapat memberikan dampak bagi smartphone Sobat, itu artinya Sobat perlu melakukan beberapa tips berikut ini pada WiFi Router Sobat. Berikut adalah beberapa tips sebagai cara mempercepat internet WiFI smartphone:

Boot Ulang Router WiFi

Langkah ini bisa Sobat lakukan apabila WiFi tetap tidak menunjukkan perubahannya setelah dilakukan beberapa upaya diatas tidak memberikan efek. Untuk reboot router WiFi bahkan disarankan setiap 1 minggu sekali untuk perangkat WiFi yang masih tergolong perangkat terbaru sedangkan untuk perangkat lama setidaknya satu kali sehari pun bisa Sobat lakukan.

Pindahkan Penempatan Router

Cara lainnya untuk mempercepat wifi smartphone adalah Sobat mendekati routernya atau letakkan router di posisi yang terjangkau. Dengan demikian sinyal akan lebih kuat dan tak akan terhalang benda yang mungkin dapat menggangu sinyal. Langkah ini juga bisa Sobat lakukan ketika langkah-langkah sebelumnya tidak membuahkan hasil.

Itulah beberapa cara mempercepat internet wifi smartphone yang bisa Sobat coba di rumah. semoga artikel ini bermanfaat dan semakin membuat Sobat nyaman berselancar.