Membuat Shortcut Dari Tombol Smartphone – Beberapa smartphone terbaru atau beberapa brand khusus menyediakan sebuah tombol untuk mengakses menu khusus seperti asisten baik itu Google maupun Bixby. Fitur ini seringkali menjadi fitur yang bermanfaat bagi pengguna. Dikatakan seringkali karena ada juga mereka yang tidak menyukainya karena shortcut atau pintasan tersebut tidak dapat diubah. Nah, berikut ini teknocanggih.com akan membahas tutorial membuat shortcut dari tombol smartphone. Berikut langkah langkahnya yang bisa Sobat ikuti berikut dengan penjelasannya.

Tutorial Membuat Shortcut Dari Tombol Smartphone

Sebelumnya, shortcut ini memang sudah tersedia untuk smartphone kita, hanya saja opsinya masih sangat terbatas. Sebagai contoh adalah dengan menekan tombol volume sebagai pengganti tombol shutter sehingga kita bisa mengambil foto tanpa menyentuh tombol shutter di layar ketika layar basah atau jari kita kotor. Hanya saja shortcut ini sangatlah terbatas. Bukan android namanya kalau tidak ada aplikasi untuk memodifikasi fungsi tersebut, ada sebuah aplikasi bernama Button Mapper yang akan membantu Sobat untuk semakin mempercanggih smartphone Sobat.

  1. Unduh Aplikasi Button Mapper

Langkah pertama untuk membuat shortcut dari tombol smartphone adalah dengan mengunduh aplikasi Button Mapper dari Playstore. Jangan khawatir, selain aplikasi ini merupakan aplikasi gratisan yang bisa Sobat unduh dengan mudah, aplikasi ini juga tidak membutuhkan akses root meskipun kustomisasinya cukup canggih. Berterimakasihlah pada developer dari aplikasi ini yakni flar2 yang telah mengembangkan aplikasi ini dengan memberikan komentar positif dan juga bintang 5.

  1. Buka Button Mapper
Baca juga:  Tutorial Cara Setting Wifi di Laptop Windows

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi Button Mapper, langsung saja buka aplikasinya. Namun sebelum menjalankan aplikasi atau melakukan settingan lanjut, Sobat harus terlebih dahulu memberikan ijin aksesbilitas atau Accessbility untuk aplikasi ini. Secara otomatis Sobat akan dibawa ke setting dan Sobat hanya perlu memberikan centang dan pilih OK Saja. Dengan demikian aplikasi dapat berjalan secara normal, Sobat dapat kembali ke aplikasi melalui menekan ikon di home atau melalui recent apps.

  1. Lakukan Setting Awal

Ketika Sobat membuka kembali aplikasi Button Manager, akan tampak berbagai settingan. Yang paling awal adalah tombol yang ada di smartphone Sobat itu sendiri mulai dari Volume Up, Volume Down, dan sebagai tambahan adalah Headset Button yang apabila headset tersambung ke smartphone nanti. Disini Sobat bisa menambahkan tombol lainnya yang mungkin tidak di semua smartphone ada seperti tombol kamera yang ada di smartphone seperti smartphone dari Sony. Namun, jika tidak ada perbedaan Sobat bisa melanjutkan ke langkah berikutnya

  1. Lakukan Kustomisasi

Langkah tutorial membuat shortcut dari tombol smartphone selanjutnya adalah melakukan kustomisasi. Cara kustomisasi atau menambahkan shortcut ini dilakukan dengan memilih tombol mana yang akan Sobat gunakan dulu. Misalnya adalah tombol Volume Up. Tombol Volume Up akan memberikan efeknya apabila ditekan dalam jangka waktu yang lama yang kemudian akan menambahkan volume. Namun ketika dikostumisasi, Sobat bisa menambahkan fungsi lainnya seperti double tap atau klik dua kali untuk mengakses senter atau flashlight.

Baca juga:  5 Cara Merawat Laptop Untuk Pemula Yang Kerap Dilupakan

Cara untuk melakukan kustomisasi ini adalah dengan memilih tombol Volume Up, lalu aktifkan pilihan Customize, kemudian pilih pilihan Double Tap kemudian pilih shortcut yang sesuai dengan keinginan Sobat seperti mematikan layar, menyalakan senter, screenshoot, dan lainnya. Namun ingat, jangan sampai settingan yang Sobat buat nantinya malah akan mengganggu fungsi utamanya seperti opsi Long Press yang seharusnya secara default akan menambah volume tapi malah diganti dengan fungsi lainnya.

  1. Kustomisasi Lanjutan

Selain melakukan kustomisasi yang sudah tersedia, Sobat juga bisa menambahkan shortcut untuk fungsi yang lebih rumit seperti menuliskan keycode, Shell Command, dan juga mengkombinasikannya dengan aplikasi Tasker. Hanya saja untuk kustomisasi lanjutan ini, Sobat harus memahami apa itu keycode, Shell Command dan juga harus memahami bagaimana aplikasi Tasker bekerja.

Itulah beberapa langkah tutorial membuat shortcut dari tombol smartphone. Sebagai opreker pastinya juga Sobat ingin berkreasi lebih lanjut  dengan mencoba kustomisasi lanjutan sehingga memunculkan fungsi lebih baik lagi. Semoga tutorial ini semakin membuat smartphone Sobat lebih ringkas dan bermanfaat bagi keseharian Sobat tentunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here