Teknologi di dunia hiburan terutama yang memanfaatkan smartphone semakin hari semakin menarik saja. Salah satunya adalah teknologi VR atau Virtual Reality yang membuat kita seakan berada di suatu tempat yang bereda. Ditambah dengan foto 360 derajat, kita semakin merasa berada di lokasi lain dalam sudut pandang penuh 360 derajat. Sayangnya, alat untuk mengambil foto 360 derajat ini harganya sama atau bahkan semahal sebuah smartphone. Namun, bukan smartphone namanya jika tidak dapat memberikan fitur canggih dan berikut ini teknocanggih.com akan mengulas bagaimana cara membuat foto 360 derajat menggunakan kamera android.

Persiapan Membuat Foto 360 Derajat Menggunakan Kamera Android

Sebelum memulai membuat foto 360 derajat menggunakan kamera android, ada beberapa hal yang perlu Sobat siapkan yakni yang pertama adalah smartphone yang bisa digunakan adalah smartphone yang memiliki fitur gyroscope. Untuk mengecek apakah smartphone Sobat memiliki dukungan fitur ini atau tidak, Sobat bisa browsing di intenet atau mengunduh VR Checker di Playstore. Apabila aplikasi yang Sobat unduh tersebut dapat berjalan dengan baik artinya smartphone Sobat mendukung dan bisa melanjutkan tutorial ini. Apabila tidak, terpaksa Sobat harus mencari smartphone lainnya yang mendukung.

Yang kedua sebelum Sobat melanjutkan tutorialnya, Sobat memerlukan sebuah aplikasi yang dapat membantu Sobat untuk mengambil foto 360 derajat. Aplikasi yang Sobat butuhkan bernama Panorama 360. Unduh dan intal aplikasi tersebu dan Sobat dapat memulai tutorialnya.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Virus di HP Android Pasti Berhasil!

Siapkan Lokasinya

Agar dapat menghasilkan foto 360 derajat yang menarik, Sobat bisa mencari lokasi yang luas atau memang baik untuk diambil gambarnya. Mulai dari cahaya yang mencukupi dan juga lokasi yang aman untuk Sobat mengambil gambar, karena Sobat akan terdiam cukup lama di suatu titik sehingga pastikan Sobat mencari lokasi dimana Sobat takkan bergerak dari situ selama beberapa waktu.

Buka Aplikasi Panorama 360

Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Panorama 360 dan mengijinkan segala akses dari aplikasi ini terutama untuk akses ke gyroscope. Pasalnya aplikasi ini akan memanfaatkan fitur tersebut nantinya untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan agar hasilnya maksimal. Di awal Sobat akan melihat bahwa aplikasi ini bisa digunakan dengan berbagai kamera 360 dan juga berbagai merknya. Namun jangan khawatir, Sobat tetap dapat menggunakan kamera smartphone Sobat untuk mengambil foto 360 derajat.

Mulai Pengambilan Gambar

Selanjutnya untuk langkah tutorial membuat foto 360 derajat menggunakan kamera android adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Sobat memegang kamera dalam keadaan portrait, agar hasil lebih baik ada baiknya juga Sobat menggunakan gimbal atau tripod.
  2. Klik Start Capture untuk memulai merekam gambar sekitar
  3. Lakukan pengambilan gambar dengan pergerakan secara perlahan
  4. Ikuti petunjuk dari kamera dan ambil gambar yang sedikit demi sedikit tampak hasilnya
  5. Ikuti petunjuk hingga selesai dan gambar akan tersimpan secara otomatis
  6. Untuk mengecek hasilnya, Sobat bisa membukanya di galeri yang ada di Panorama 360
Baca juga:  Cara Melacak Lokasi Nomor HP Telkomsel Dengan Mudah

Terkadang tidak semua aplikasi galeri bawaan dapat membuka hasilnya karena keterbatasan format file yang tidak didukung.

Share Foto Sobat

Selanjutnya yang bisa Sobat lakukan tentu saja share foto yang sudah diambil secara 360 derajat di sosial media seperti Facebook ataupun Instagram. Mengapa memilih facebook atau instagram sebagai lokasi untuk sharing hasil dari foto Sobat adalah karena aplikasi Facebook dan Instagram mendukung untuk menampilkan foto tersebut secara baik. Namun, ada juga cara lainnya yang bisa Sobat coba yakni dengan menggunakan aplikasi VR yang mendukung untuk membuka hasil atau file dari foto 360 derajat yang sudah Sobat ambil.

Itulah tadi tutorial membuat foto 360 derajat menggunakan kamera android yang bisa Sobat coba dirumah. Sayangnya untuk video 360 derajat mungkin akan lebih sulit dibuat karena Sobat harus memiliki kamera khusus yang dapat merekam berbagai sisi dalam waktu yang sama. Padahal sebuah kamera smartphone hanya dapat mengambil satu sisi saja.

Namun, semoga nantinya ada aplikasi yang dapat membuat hal tersebut menjadi nyata dan Sobat dapat mengeceknya disini untuk tutorial dan tips pada smartphone terbaru android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here