Mungkin nggak sih mengirimkan BBM di laptop atau komputer? Sangat mungkin. Itulah yang akan menjadi topik kita hari ini, yaitu cara BBM di laptop. Simak terus ya.

Sobat pasti ingat, beberapa tahun yang lalu perangkat Blackberry dengan BBM (Blackberry Messenger) merupakan aplikasi Instant Messenger paling populer terutama di kalangan anak muda. Jika tidak punya BBM kita akan dianggap kurang gaul dan pastinya akan menghambat kehidupan sosial kita. Karena semua orang pada saat itu berkomunikasi melalui BBM. Setelah perangkat Android muncul dan mulai populer, BBM pun melebarkan sayapnya dengan meluncurkan BBM for Android yang membuat BBM tidak lagi eksklusif untuk pengguna Blackberry. Dengan demikian BBM pun bisa digunakan untuk komunikasi antar pengguna Blackberry maupun smartphone Android.

Namun apa yang harus kita lakukan jika kita tidak punya, baik android maupun blackberry?. Tenang saja, Sobat tidak perlu khawatir, karena kabar baiknya sekarang BBM bisa dijalankan di laptop ataupun komputer.  Praktis kan? Jadi, bagaimana cara bbm di laptop? Ada 2 (dua) jalan supaya Sobat bisa menjalankan BBM di laptop. Mudah kok, langsung saja disimak tips dari teknocanggih.com berikut ini.

Cara BBM di laptop yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi emulator andorid. Emulator adalah aplikasi atau software komputer yang memungkinkan Sobat menjalankan sistem operasi Android di komputer atau laptop Sobat. Ada banyak emulator yang bisa Sobat gunakan untuk menjalankan BBM di laptop, seperti Bluestack, Nox Player, MeMu, dan banyak lainnya. Kabar baiknya, semuanya gratis alias tergolong Freeware. Di kesempatan ini kita ambil contoh Nox Player. Untuk menginstall Nox Player dan menjalankan BBM, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi web resmi Nox Player dengan mengetikan alamat www.bignox.com pada browser laptop Sobat.
  2. Download Nox Player versi terbaru, yang pada saat artikel ini ditulis sudah pada versi Nox Player 6 (Versi 6.2.6.3). kemudian klik tombol dowload yang terdapat pada halaman muka, lalu browser akan otomatis mendownload. Tunggu hingga download selesai.
  3. Setelah proses download selesai, klik dua kali file yang telah berhasil didownload tadi. Kemudian jendela selamat datang akan muncul disertai tombol Install. Sebelum klik install, jangan lupa untuk mencentang (√) tulisan “Saya telah membaca dan menerima Perjanjian Lisensi Nox
  4. Tunggu beberapa saat selama proses instalasi berjalan. Proses ini memakan waktu sekitar 10-15 menit. Jika proses instalasi gagal, ada baiknya nonaktifkan antivirus terlebih dahulu kemudian ulang proses instalasi.
  5. Setelah proses selesai, akan muncul jendela baru yang berisi tombol ‘Mulai’. Klik tombol tersebut untuk menjalankan aplikasi Nox
  6. Setelah beberapa saat, Nox player akan terbuka dan menampilkan layar utama yang selayaknya terlihat seperti di smartphone Android. Pada tahap ini Sobat sudah sudah bisa menjalankan apapun yang smartphone Android bisa lakukan.
  7. Login akun Gmail Sobat pada menu pengaturan akun pada Nox Player. Hal ini dilakukan agar Sobat bisa mengakses Play Store untuk mendapatkan BBM for Android. Jika belum punya, Sobat juga bisa membuat akun dengan langsung menuju Play Store kemudian ikuti instruksi yang ada untuk membuat akun baru Google.
  8. Selanjutnya cari aplikasi BBM dengan mengetikan ‘BBM’ pada search box Play Store. Kemudian pilih Install. Tunggu hingga proses download dan install selesai. Setelah selesai, kembali ke layar utama Nox Player lalu klik icon BBM. Selamat Sobat sudah bisa menjalankan aplikasi BBM di laptop.
Baca juga:  3 Cara Download Lagu di Laptop, PC ataupun Android (100% berhasil)

Cara BBM di laptop yang kedua adalah melalui Blackberry Messenger Desktop versi web. Berbeda dengan cara pertama, cara kedua cenderung lebih mudah karena tidak perlu mendownload apapun dan hanya menggunakan browser sebagai alat utamanya. Namun kekurangannya, dengan cara ini Sobat juga harus memiliki BBM yang terpasang di perangkat smartphone Android.  Jika sudah ada, Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan Sobat sudah memiliki akun Blackberry Messenger yang aktif di perangkat Android
  2. Kunjungi alamat https://web.bbmessaging.com melalui browser di laptop Sobat. Lalu akan muncul kode QR yang berfungsi untuk login ke BBM pada halaman utama.
  3. Buka aplikasi BBM pada smartphone Android, kemudian buka menu ‘Saya’ atau ‘Me’, kemudian pilih ‘BBM Desktop’
  4. Kemudian pindai dengan mengarahkan kamera ke kode QR yang terdapat pada halaman web BBM tadi.
  5. Selamat! Sobat sudah bisa chatting dengan semua kontak BBM Sobat melalui Laptop.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa cara BBM di laptop. Gimana Sobat, cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here