Tentunya Sobat teknocanggih.com sudah menyadari bahwa hidup di era yang serba digital kebutuhan akan penggunaan laptop memang sudah tidak terhindarkan lagi. Segala aktivitas dapat dilakukan lebih mudah dan cepat dengan bantuan laptop. Membuat dokumen, menghitung laporan keuangan, mengerjakan tugas, mendesain, atau hanya sekedar mencari hiburan, dapat dilakukan hanya dengan sebuah laptop.

Ribuan aplikasi tersedia, baik itu yang gratis maupun yang berbayar, kesemuanya tersedia untuk membantu atau mempermudah pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Bagi Sobat yang masih baru atau belum terbiasa dengan teknologi pastinya masih bingung bagaimana caranya menambah aplikasi atau software di laptop Sobat. Tapi tidak perlu khawatir, artikel ini akan membantu Sobat  untuk mengetahui cara download aplikasi di laptop dengan mudah. Hanya dengan beberapa langkah simple, Sobat sudah dapat menambahkan aplikasi yang diinginkan ke dalam laptop. Bagaimana caranya? Langsung saja disimak:

Terdapat dua jenis aplikasi yang beredar saat ini, yang pertama adalah aplikasi atau software untuk laptop dan komputer. Seperti namanya aplikasi ini hanya diperuntukan untuk pengguna laptop dan komputer saja. Kemudian yang kedua adalah aplikasi untuk smartphone. Aplikasi jenis ini sedikit berbeda karena selain bisa berjalan pada perangkat smartphone, aplikasi ini juga bisa digunakan di perangkat laptop atau komputer dengan bantuan aplikasi tambahan yang disebut  emulator.

Pertama-tama ada baiknya Sobat mengetahui dulu aplikasi apa yang ingin Sobat download. Jika yang Sobat cari adalah aplikasi untuk laptop, maka ada berbagai macam cara download aplikasi di laptop. Kita mulai dari yang paling mudah dan aman yaitu lewat Windows App Store, sesuai namanya Windows App Store serupa dengan Play Store di android, hanya saja Sobat perlu membukanya lewat browser  atau klik icon Store di laptop kalian. Langsung saja:

  1. Sebelum memulai, pastikan Laptop Sobat terhubung ke internet. Jika Sobat pengguna Windows 8 atau Windows 10, maka Sobat hanya perlu membuka Store dengan mengklik icon Windows Store yang berada di taskbar bagian bawah desktop Sobat. Jika tidak ada, Sobat juga bisa membukanya lewat browser dengan cara: buka browser di laptop Sobat, seperti Google Chrome, Mozila Firefox, atau Internet Explore. Lalu ketikan atau klik tautan berikut: https://www.microsoft.com/en-id/store/b/home
  2. Kemudian pastikan juga laptop yang Sobat gunakan sudah terhubung dengan akun microsoft atau jika lewat browser klik tombol Sign in yang berada di pojok kanan atas. Jika sudah terhubung, maka yang perlu dilakukan adalah mencari aplikasi yang ingin Sobat download.
  3. Caranya tinggal ketik nama aplikasi yang Sobat inginkan di kotak search bar, misalnya ketikan microsoft words kemudian enter, maka layar berpindah ke halaman download microsoft word.
  4. Jika aplikasi yang inginkan tergolong gratis, maka klik tombol Get atau Dapatkan, kemudian klik Install untuk mulai mendownload dan menginstall, namun jika aplikasi tersebut berbayar, maka Sobat perlu mengklik Buy untuk membeli aplikasi tersebut sebelum bisa diinstall.
Baca juga:  Begini Cara Melacak No HP Lewat Google Maps di Android dan PC

Selain lewat Windows App Store, cara download aplikasi di laptop juga bisa melalui website penyedia software. Perlu diingat, cara ini cenderung kurang aman karena website tersebut tergolong tidak resmi atau perantara pihak ketiga. Ada banyak website penyedia software di luar sana, seperti Filehippo, Cnet, atau Softonic. Kita ambil contoh Filehippo karena koleksinya yang sangat lengkap dan navigasinya mudah.

  1. Seperti biasa buka browser Sobat lalu ketikan filehippo.com di address bar pada browser Sobat. Tunggu beberapa saat kemudian browser akan menampilkan halaman muka atau home website filehippo.
  2. Kemudian ketikan nama aplikasi yang hendak Sobat download pada search box bagian atas bertuliskan ‘Search Software’. Misalnya VLC player, kemudian enter. Halaman akan menampilkan berbagai jenis VLC Player, pilih yang sesuai dengan spesifikasi laptop atau kebutuhan Sobat, seperti untuk windows 32 atau 64 bit.
  3. Klik aplikasi yang Sobat inginkan kemudian layar akan menampilkan halaman download. Klik tombol hijau bertuliskan download yang berada di bagian kanan halaman.
  4. Lalu Browser akan secara otomatis mendownload aplikasi tersebut kemudian menyimpannya ke direktori download laptop Sobat.
  5. Untuk menginstallnya cukup klik dua kali file yang telah didownload tadi, lalu pilih Yes kemudian ikuti petunjuk instalasi hingga selesai.

Bagaimana, mudah bukan? Sebenarnya ada beragam cara download aplikasi di laptop selain yang sudah disebutkan pada artikel ini. Namun sekiranya cara tersebutlah yang paling mudah dan aman digunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Sobat sekalian.

Baca juga:  Cara Cepat Belajar Komputer Dengan Mudah Tanpa Kursus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here