Pada beberapa kondisi, pasti Sobat ingin merekam pergerakan layar laptop yang sedang digunakan. Biasanya rekaman layar ini digunakan untuk merekam game dan dibagikan ke akun instagram ataupun youtube. Cara merekam layar laptop sebenarnya terbilang sangatlah mudah dan tidak memerlukan banyak tenaga, sehingga pada kesempatan kali ini, teknocanggih.com akan memberikan beberapa cara untuk merekam layar laptop dengan mudah.

Rekam Layar Laptop Pada Windows 10

Untuk merekam layar laptop, bagi Sobat yang menggunakan windows 10, sudah disediakan software bawaan yang dapat Sobat gunakan. Fitur ini adalah fitur terbaru yang berada di windows 10 creators update, bernama game DVR yang windows ciptakan untuk mendukung perekaman layar saat melakukan gaming PC.  Untuk menggunaannya Sobat dapat menekan windows + G, pada semua aplikasi yang sudah terinstall di windows 10 dan nantinya akan muncul game bar. Pilihlah ‘yes, this is a game’ pada kondisi yang ingin Sobat rekam meskipun aplikasi bukan termasuk game.

Tetapi ada kondisi di mana game bar tidak muncul, mungkin ini terjadi karena Sobat secara tidak sadar atau secara default tidak mengaktifkannya, cobalah masuk ke settings bagian gaming dan pilih game bar. Pastikan pilihan ‘record game clips, screenshot and broadcasting using game bar’ sudah aktif, nantinya game bar akan muncul dan Sobat dapat memilih start recording.

Baca juga:  Cara Mereset iPhone untuk Mengatasi Berbagai Masalah yang Ditemui

Saat Sobat melakukan perekaman, akan muncul semacam timer di sebelah kanan layar laptop, tidak usaha diapa-apakah karena itu adalah tanda jika game DVR sedasng merekam pergerakan layar Sobat. Selain itu game DVR juga menyediakan fitur microphone, aktifkan saja dengan mengklik icon microphone pada game bar maka semua suara Sobat akan ikut terekam selama perekaman layar.

Jika Sobat sudah selesai melakukan perekaman, pada game bar kliklah icon stop berupa icon kubus. Karena ini merupakan aplikasi bawaan, windows akan menyimpan hasil perekaman di C:UsersNameVideosCaptures menggunakan format MP4, tetapi lokasi penyimpanan juga dapat Sobat rubah.

Merekam Layar Komputer Dengan Software OBS

Tetapi selain menggunakan apllikasi bawaan, ada juga software gratis yang dapat Sobat coba yang lebih banyak fiturnya. Cara merekam layar laptop ini menggunakan aplikasi open broadcaster atau OBS yang dapat Sobat unduh di obsprrojcet.com dengan gratis. Banyak orang menggunakan aplikasi ini, apalagi untuk orang-orang yang melakukan live streaming.

Setelah Sobat mendownload open broadcaster, dan melakukan instalasi pada aplikasi tersebut. Bukalah aplikasi open broadcaster, nantinya Sobat akan melihat layar hitam beserta beberapa kolom. Perlu diketahui OBS menggunakan scene sebagai hasil final video rekaman dan source sebagai sumber video sebagai hal yang akan ditampilkan di video rekaman.

Untuk Sobat memulai perekaman, klik kanan pada box source pada bagian bawah jendela pilih add dan klik pilihan display capture, namailah file source sesuai keinginan Sobat, dan klik ok. Kelebihan OBS adalah kita dapat melihat preview dari layar Sobat sendiri, dan terdapat fungsi-fungsi seperti apakah Sobat ingin menampilkan cursor mouse atau tidak.

Baca juga:  Cara Menghapus Virus di HP Android Yang Mudah dan Cepat

Selain itu OBS juga dapat mencapture satu aplikasi saja, sehingga aplikasi lain dalam satu full screen tidak akan terlihat. Kliklah pada bagian add dan pilih windows capture, dan ikutilah instruksi yang diberikan OBS. Fungsi ini sangat berguna karena semua aktivitas kita di windows lain tidak akan terlihat, dan video akan lebih fokus kepada pergerakan satu aplikasi.

Perlu diketahui jika OBS akan menyimpan file dengan format .flv secara default, tetapi Sobat dapat menggantinya di bagian file, settings pada bagian output, ubahlah recording format. Selain itu untuk mempermudah dan mempercepat proses perekaman, OBS menyediakan fitur hotkey dimans boat dapat memulai perekaman, ataupun menghentikannya dengan cepat menggunakan kunci yang Sobat tentukan.

Itu dia dua cara merekam layar laptop menggunakan aplikasi bawaan dari Windows 10 dan aplikasi pihak ketiga Open Broadcaaster. Dari dua opsi ini, bagus yang mana? Relatif sih, tergantung gaya masing-masing pengguna. Semoga membantu Sobat yang ingin menjadi youtuber atau gamer yang aktif di platform berbagi video tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here