Cara Membersihkan Layar Laptop yang Baik dan Benar

Cara membersihkan layar laptop akan tergantung pada penggunaan laptop itu sendiri. Maksudnya begini, jika laptop yang Sobat pakai adalah jenis laptop yang intensitas kerjanya tinggi misalnya untuk gaming dan editing, maka cara terbaik untuk membersihkan layarnya adalah dengan menggunakan produk pembersih khusus perangkat gaming. Tetapi jika perangkat dipakai untuk aktivitas harian yang tidak terlalu tinggi, maka cara membersihkan layar laptopnya cukup dengan lap khusus layar perangkat yang lembut dan tidak melukai permukaan layar.

Sebagai pengguna laptop, pastinya Sobat ingin laptop yang bersih dan enak dipandang apalagi untuk yang wanita. Layar laptop yang bersih sebenarnya tidak sulit didapatkan, tetapi Sobat harus melakukan beberapa langkah yang akan teknocanggih.com bahas pada artikel kali ini. Memang mungkin penampilan dari laptop sendiri bukan masalah bagi beberapa orang, tetapi kebersihan laptop harus tetap kita jaga agar laptop tetap enak dilihat dan meminimalisir kemungkinan kerusakan hardware pada laptop.

Yang harus Sobat ketahui, penyebab laptop yang kotor umumnya adalah debu, kotoran dari kuku, partikel makanan, dan kotoran lainnya. Layar laptop yang kotor memang tidak terlalu terlihat bila Sobat berada di ruangan yang gelap atau didalam rumah, tetapi jika dibawah ke lingkungan yang banyak cahaya layar laptop yang kotor akan sangat terlihat. Maka dari itu Sobat harus mulai menjaga kebersihan layar laptop, dan untuk layar LCD laptop yang cukup rawan rusak sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang halus.

Baca juga:  Cara Membersihkan Laptop Tanpa Repot dan Ribet

Gunakan Larutan Pembersih yang Berkualitas Baik

Untuk membersihkan layar laptop, Sobat dapat menggunakan beberapa metode. Salah satu metode yang cukup sering digunakan adalah menggunakan larutan pembersih. Yang harus Sobat lakukan sebelum menggunakannya, Sobat harus mematikan laptop terlebih dahulu dan tidak lupa mencabut adaptor charger dan baterai, jika baterai laptop bukan termasuk baterai tanam.

Kemudian Sobat dapat membuat larutan pembersih yang lembut, biasanya komposisinya terdiri dari air tawar dan cuka putih. Perlu diperhatikan untuk membersihkan layar laptop, kami sangat menyarankan Sobat menggunakan cuka putih tawar dan bukan cuka putih lainnya, selain itu gunakanlah air tawar yang disuling dan janga menggunakan pembersih yang mengandung alcohol dan ammonia, pastikan komposisi air dan pembersih kira-kira 50:50.

Kemudian Sobat dapat memasukan larutan pembersih ke botol semprot kecil, yang dapat disemprot bagian atasnya dan menghasilkan uap halus. Jangan lupa Sobat harus mengencangkan bagian atas botol semprotan ini, agar cairan tidak bocor kemana-mana. Perlu diperhatikan botol semprot ini tidak boleh disemprotkan ke layar laptop secara langsung, karena masih membutuhkan langkah-langkah selanjutnya yang harus Sobat ketahui.

Setelah menuangkan ke botol semprot, cobalah semprot sedikit larutan pembersih ke lap berserat mikro, jika Sobat memilikinya gunakanlah lap yang antilengket dan tanpa serat. Kami menyarankan penggunaan lap berserat, karena jika Sobat menggunakan lap biasa, ada kemungkinan permukaan lap yang kasar membuat layar tergores. Selain itu pastikan jangan membuat lap yang disemprot terlalu basah, buatlah terlalu lembap, karena jika lap terlalu basah dapat membuat layar laptp rusak dibagian pinggir layar dan merusak tampilan maupun fungsi layar yang biasanya sulit diperbaiki. Untuk memastikannya semprotlah bagian semprotan ke ujung lap saja.

Baca juga:  5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android Dan Bagaimana Menghack Passwordnya

Setelah Sobat memiliki layar yang lembap, cobalah usapkan lap tersebut pada layar dengan gerakan berotasi atau memutar. Cobalah mengusapkannya dengan tekanan, tetapi jangan terlalu memakai tenaga meskipun ada kotoran bandel untuk menghindari kerusakan pada layar laptop permanen.

Selain itu saat membersihkan layar, kami sangat menyarankan Sobat untuk memegang layar bagian atas atau bawah agar noda tidak kembali. Jika Sobat memang kesulitan membersihkan dengan seimbang, cobalah berpegang pada bezel layar. Selain itu, untuk memastikan layar yang bersih dari luar dan dalam, cobalah bersihkan layar beberapa kali meskipun sudah terlihat bersih. Karena seringkali layar laptop tetap terlihat kotor sesudah ditunggu beberapa lama, karena pembersihan layar yang tidak maksimal.

Cara membersihkan layar laptop di atas tidak membutuhkan keahlian tertentu, cukup Sobat bayangkan ketika Sobat membersihkan barang kesayangan. Maka, harus dengan lembut dan juga hati-hati, meskipun laptop adalah sebuah benda mati.