Cara Membersihkan Laptop Tanpa Repot dan Ribet

Selain Smartphone, Laptop juga menjadi salah satu perangkat yang sering dibawa untuk beraktivitas sepanjang hari. Tak jarang jika laptop Sobat menjadi mudah kotor dan berdebu, untuk menjaga kebersihan laptop agar nyaman dipakai, tentunya Sobat harus rajin merawat laptop secara rutin. Selain menambah kenyamanan pemakaian, menjaga kebersihan laptop juga dapat mencegah kerusakan laptop loh. Berikut ini teknocanggih.com akan mengulas bagaimana cara membersihkan laptop yang bisa Sobat lakukan di rumah.

Langkah Awal Sebelum Membersihkan Laptop

Alangkah lebih baiknya jika sebelum membersihkan laptop, Sobat harus mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal berikut ini. Cara membersihkan laptop ini harus ditempuh agar Sobat terlindungi dari resiko yang mengancam keselamatan.

  • Pastikan laptop yang Sobat akan bersihkan sudah mati dan tidak ada aliran listrik yang masuk.
  • Pastikan juga untuk melepas baterai dari laptop Sobat.
  • Siapkan kain pembersih yang tidak memiliki serabut dan permukaannya halus. Kain ini yang nantinya akan disemprot cairan pembersih.
  • Siapkan cairan pembersih laptop dan kompresor udara yang bisa Sobat dapatkan di toko komputer.

Mulai Membersihkan Dari Case Laptop

Jika persiapan di atas sudah dilakukan, maka saatnya Sobat melakukan pembersihan laptop mulai dari case laptop. Berikut cara membersihkan laptopnya:

  • Bersihkan laptop menggunakan kain pembersih kering untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada case laptop.
  • Setelah case telah cukup bersih, gunakan kain pembersih yang telah disemprot cairan pembersih laptop untuk membersihkan bagian exterior case laptop.
  • Mulai lakukan dengan mengelap bagian-bagian yang kotor secara perlahan.
  • Setelah bagian exterior sudah bersih, Sobat bisa membuka laptop dan mengelap bagian interior dari case laptop dan bersihkan daerah keyboard laptop Sobat
Baca juga:  Cara Meningkatkan Sensitivitas Sidik Jari di Hp Android

Membersihkan Layar LCD

Setelah membersihkan bagian case laptop, selanjutnya Sobat bisa langsung membersihkan layar LCD laptop Sobat. Untuk bagian ini, ada beberapa cara membersihkan laptop yang perlu Sobat perhatikan ketika menyeka layar LCD. Berikut ini uraiannya.

  • Bersihkan layar LCD dari debu dan kotoran yang menempel dengan menggunakan kain pembersih kering terlebih dahulu.
  • Setelah itu, Sobat bisa menggunakan kain pembersih yang telah disemprot cairan pembersih laptop untuk membersihkan layar LCD.
  • Usahakan ketika mengelap layar LCD, jangan memberi tekanan pada layar agar layar tidak pecah. Selain itu, gunakan gerakan searah untuk mengelap layar LCD laptop Sobat ya.

Membersihkan Keyboard dan Touchpad

Cara membersihkan laptop selanjutnya yaitu membersihkan keyboard dan touchpad laptop Sobat. Membersihkan keyboard dan touchpad juga tidak sembarangan, karena bagian ini cukup sensitif untuk dibersihkan. Berikut ini uraiannya.

  • Sobat bisa menggunakan kompresor udara untuk menghilangkan debu dan kotoran yang terselip di tombol keyboard laptop Sobat.
  • Jika masih ada kotoran dan debu yang sulit untuk dibersihkan, Sobat bisa melepas keyboard laptop dan mengelap bagian bawah keyboard laptop tersebut. Cek terlebih dahulu cara melepaskan keyboard laptop Sobat ya, karena beberapa laptop memiliki cara berbeda untuk melepas keyboard.
  • Setelah itu, Sobat bisa membersihkan bagian touchpad menggunkan kain pembersih.

Membersihkan Port dan Kipas Angin Laptop

Bagian terakhir ketika membersihkan laptop Sobat yaitu bagian port dan kipas angin. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Sobat lakukan.

  • Semprot kompresor udara ke bagian luar port dan kipas angin laptop untuk menghilangkan debu dan kotoran. Usahakan semprot dari sudut tertentu sehingga debu dan kotoran keluar ya, bukan malah masuk ke bagian dalam.
  • Usahakan berhati-hati ketika menyemprotkan kompresor udara, sehingga cairan tak masuk ke bagian dalam port dan kipas angin.
  • Sobat bisa menggunakan tusuk gigi atau cotton bud untuk mengganjal kipas angin, agar tidak bergerak ketika disemprot kompresor udara.
Baca juga:  Ini Dia Tutorial Foto Bokeh ala Dual Kamera Yang Harus Kamu Coba

Oke, tuntas sepertinya bahasan kita tentang bagaimana cara membersihkan laptop baik berbasis Windows ataupun Mac. Semoga ulasan sederhana ini berguna untuk Sobat semua. Dan jangan lupa, setelah dibersihkan laptop juga harus disimpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan hewan, cairan, anak-anak dan pencuri pastinya.