Cara Membersihkan Keyboard Laptop Dengan Aman

Bagi Sobat pengguna laptop yang kurang terawat, pastinya pernah mengalami kendala seperti keyboard kotor dan beberapa tombol yang terkadang tidak berfungsi. Hal ini disebabkan karena adanya kotoran di sela-sela atau di dalam keyboard yang bersarang pada keyboard laptop.

Cara membersihkan keyboard laptop tentunya akan lebih sulit jika keyboard dalam kondisi tua atau rusak. Padahal, keyboard sangat vital perannya dan wajib dibersihkan paling tidak satu atau dua bulan sekali. Jika tidak, keyboard bisa saja ngambek dan berhenti bekerja.

Mungkin bagi beberapa dari Sobat kendala seperti di atas bukanlah masalah besar, karena Sobat mungkin jarang mengetik menggunakan laptop dan dapat menggunakan aplikasi seperti on-screen keyboard, tetapi Sobat juga harus mengetahui jika keyboard tetap kotor dan tidak segera dibersihkan, dapat merusak komponen motherboard, bahkan pada beberapa kasus Sobat mungkin harus mengganti motherboard laptop yang tidak murah harganya.

kotoran-kotoran yang sering bersarang pada keyboard laptop, disebabkan oleh beberapa penyebab baik secara alami ataupun kecerobohan kita sendiri. Kotoran yang karena alami adalah jika kita menggunakan laptop di lingkungan yang berdebu, karena debu itu kecil dan tidak terlihat kita tidak dapat membersihkannya secara langsung. Selain itu keyboard laptop juga bisa kotor karena sisa-sisa makanan di jari dan kuku ataupun lengket karena tangan kita yang tidak dibersihkan terlebih dahulu setelah memakan makanan berminyak atau manis.

Baca juga:  Cara Melacak Lokasi Nomor HP Secara Detail dan Lengkap Semua Operator

Untuk membersihkan keyboard laptop dengan bersih dan tidak merusak hardware yang terpasang di portabel komputer tersebut, Sobat harus membersihkannya secara teliti dan tidak asal-asalan. Yang pertama harus Sobat lakukan tentunya adalah mematikan laptop terlebih dahulu, agar tidak terjadi korslet atau tombol keyboard yang terpencet saat kita membersihkannya. Kemudian Sobat dapat menghadapkan laptop terbalik, agar kotoran dapat jatuh dengan lebih mudah, hal ini penting agar kotoran yang sudah kita bersihkan tidak kembali lagi.

Dalam posisi terbalik, Sobat dapat mengangkat laptop dan menekan tombol-tombol pada laptop untuk memudahkan kotoran keluar. Tetapi membersihkan tombol-tombol hanya dengan menekannya terbukti tidak terlalu efektif, karena kotoran yang keluar biasanya kotoran yang besar, maka dari itu cobalah gunakan sikat kecil seperti brush makeup atau sikat gigi yang tidak terpakai. Pastikan semua sikat yang digunakan kering, dan bersihkanlah debu yang menyelinap dengan lembut.

Jika Sobat ingin keyboard laptop yang bersih maksimal, gunakanlah vacuum cleaner kecil yang dapat menyedot semua debu yang ada di keyboard laptop. Saat Sobat menggunakannya, pastikan gunakan mode bertekanan rendah agar tidak merusak komponen keyboard sendiri.

Selain itu untuk langkah terakhir, jika Sobat sudah memastikan keyboard laptop sudah bersih dari debu dan kotoran lainnya, Sobat dapat menggunakan hari dryer. Perlu diperhatikan keyboard laptop harus benar-benar bersih, karena tekanan hair dryer justru dapat membuat kotoran semakin menempel di laptop jika laptop tidak bersih.

Baca juga:  Tips Anti Gangguan Saat Main Game Android

Dengan menggunakan langkah-langkah yang disebutkan diatas, asalkan Sobat teliti keyboard laptop pasti bersih dan bebas dari kotoran. Tetapi, jika Sobat memang ingin keyboard laptop yang lebih bersih lagi, Sobat dapat mencabut tombol-tombol di keyboard laptop dan membersihkannya pertombol.

Tetapi cara membersihkan keyboard laptop ini sangat tidak disarankan bagi Sobat yang belum ahli atau tidak biasa dengan komponen-komponen laptop karena justru dapat berpotensi kerusakan pada keyboard laptop ataupun komponen lainnya yang ada di laptop. Bagi Sobat yang sudah ahli dan ingin mencoba menggunakan cara ini, pastikan mencabut setiap tombol keyboard dengan lembut dan benar, agar bagian-bagian dari tombol dapat terpasang kembali pada komponen keyboard. Selain itu, bersihkanlah menggunakan lap berserat yang lembut ataupun sikat gigi yang tidak terpakai, pastikan membersihkannya tidak menggunakan tekanan yang terlalu besar.

Demikianlah tips dari teknocanggih.com mengenai Cara Membersihkan Keyboard Laptop, semoga artikel sederhana ini bermanfaat dan dapat memberi pencerahan untuk Sobat yang mulai merasakan gejala tak beres di keyboardnya.