keyboard adalah salah satu komponen laptop yang paling sering rusak, entah itu karena penggunaannya yang terlalu sering dan cukup banyak mengalami kontak fisik dengan tangan kita atau karena memang keyboard laptop yang sejak dulu kotor dan tidak terawat.

Tentunya keyboard laptop yang rusak akan membuat Sobat jengkel dan menghambat pekerjaan yang akan dilakukan. Maka dari itu, sebagai penggunanya hal yang dapat Sobat lakukan adalah menjaga kebersihan keyboard laptop itu sendiri. Tetapi jika keyboard sudah terlanjur rusak, maka Sobat perlu mencoba tips dibawah ini. Berikut teknocanggih.com akan bahas beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang berhenti berfungsi normal.

1. Coba Restart Komputer

Sebelum Sobat datang ke tukang servis laptop, Sobat dapat melakukan beberapa cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak ataupun tidak berfungsi. Salah satu cara yang dapat Sobat lakukan adalah restart laptop, hal ini dapat Sobat lakukan jika secara tiba-tiba keyboard tidak berfungsi meskipun Sobat menekan tombol yang ada. Dengan dilakukannya restart laptop, driver dan software yang berkaitan dengan keyboard dapat melakukan startup kembali dan jika memang masalahnya berada di software seharusnya keyboard dapat berfungsi kembali.

2. Jalankan Recovery System

Cara memperbaiki keyboard laptop yang kedua adalah dengan menjalankan recovery sistem. Seringkali keyboard laptop juga tidak berfungsi setelah Sobat melakukan instalasi aplikasi baru atau melakukan pengubahan pengaturan. Sobat juga biasanya tidak ingat secara jelas pengaturan atau aplikasi apa yang sudah Sobat rubah, maka dari itu windows memberikan fungsi restore windows, yang dapat memulihkan sistem kembali seperti semula.

Baca juga:  Cara Melacak No HP Lewat Google Maps dengan Cepat

Fungsi ini dapat Sobat temukan dengan melakukan klik menu start, dan masuk ke control panel, carilah menu system and security dan pilih back up your computer. Kemudian Sobat akan diarahkan ke bagian recover system settings, kliklah pada bagian open system restore dan ikutih arahan windows.

3. Install Ulang atau Update Driver Keyboard

Jika Sobat masih mengalami kendala, setelah melakukan restart maupun restore, Sobat dapat mencoba melakukan perbaikan pada driver keyboard. Hal ini dapat disebabkan karena driver yang tidak pernah di update atau umurnya yang terlalu lama, sehingga keyboard juga tidak mendapat input yang sama seperti yang Sobat ketik. Cobalah memasuki control panel, bagian system and security dan pilih device manager.

Pada bagian ini, Sobat akan menemukan semua hardware yang terhubung dengan laptop beserta drivenya. Pilihlah bagian keyboard dan Sobat seharusnya akan menemukan menu driver pada bagian bawah, jika memang ada masalah pada driver yang terdeteksi, Sobat akan melihat tanda segitiga kuning dengan tanda seru di dalam icon tersebut.

Sobat dapat mengatasinya dengan cara mendownload secara langsung ke website resmi produsen laptop dan cari driver keyboardnya, tidak lupa lakukan instalasi driver terbaru tersebut.

4. Bersihkan Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop berikutnya adalah dengan membersihkan komponen keyboard dan laptop. Mungkin jika keyboard masih mengalami masalah, kendalanya bukan berada di bagian driver atau software melainkan berada di bagian hardware laptop sendiri. Cobalah bersihkan keyboard laptop dengan benar, karena ada kemungkinan ada kotoran yang menghalangi komponen keyboard berfungsi dengan baik.

Baca juga:  Begini Cara Menghapus Kontak WA di Android dan iPhone!

Jika setelah melakukan semua cara keyboard laptop masih tidak berfungsi dengan benar, Sobat dapat membawa laptop ke service center yang ada di daerah Sobat. Kami sangat menyarankan Sobat datang ke service center yang disediakan oleh merek laptop Sobat jika memang tersedia, dan jika kebetulan memang tersedia di daerah Sobat, dapat juga datang ke service center yang sudah terpercaya. Usahakan jangan datang ke service center yang hanya ingin memberi harga murah saja, karena biasanya meskipun masalah Sobat terpenuhi, bisa saja service center ini menukar komponen laptop Sobat atau menimbulkan masalah lainnya.

Itu dia beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak lagi berfungsi seperti biasanya. Semoga berguna dan silahkan dicoba dahulu dari tips pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here