Internet telah menjadi kebutuhan primer bagi generasi milenial saat ini, jadi ketika kondisi tidak memungkinan untuk memiliki koneksi internet wireless, satu-satunya cara adalah membuat koneksi wireless via laptop. Membuat koneksi hotspot di laptop ini akan berbeda dalam tiap-tiap operating system tapi kali ini teknocanggih.com akan secara khusus membahas tentang cara membuat hotspot di laptop dengan OS Windows.

Buat Sobat yang masih bingung, dengan membuat hotspot di laptop maka Sobat dan teman yang berada di rumah bisa terhubung ke internet. Fitur semacam ini tak ubahnya fitur thetering yang ada di smartphone, hanya saja perangkat yang kita gunakan adalah laptop. Laptop yang digunakan sebagai host tentu saja harus terhubung ke internet.

Penasaran dengan cara membuat hotspot di laptop? Simak penjelasan berikut.

Cara Membuat Hotspot Windows 10

Jika Sobat adalah salah satu dari banyak pengguna OS besutan Microsoft ini maka Sobat sedang beruntung. Sejak dirilis beberapa tahun lalu, OS terbaru dari perusahaan milik Bill Gates ini terus memperbaiki fitur dalam operating system mereka termasuk dalam prosedur membuat hotspot. Kini membuat hotspot di laptop Windows 10 hanya perlu beberapa langkah mudah seperti yang akan kami jelaskan dibawah ini.

1. Tekan tombol Windows dan klik Settings.

2. Setelah menu dalam Settings keluar, Sobat bisa pilih Network & Internet.

3. Setelahnya Sobat akan melihat banyak tab/panel di sisi kiri, turun agak ke bawah ada opsi “Mobile Hotspot” klik tab tersebut.

Baca juga:  Cara Melacak Lokasi Nomor HP Telkomsel Dengan Mudah

4. Setelah itu dalam Windows yang lebih besar di sebelah kanan ada pengaturan dalam Mobile Hotspot. Dalam pengaturan ini Sobat bisa merubah Network Name, Network Password dan opsi Share Internet.

5. Pastikan semuanya sudah sesuai dengan personalisasi keinginan Sobat dan kemudian kembali ke bagian atas windows tersebut dan geser tombol Mobile Hotspot dari off ke on.

6. Jangan lupa untuk mematikan kembali Mobile Hotspot setelah digunakan.

Cara Aktifkan Hotspot Windows 8 & 7

Windows 8 dan windows 7 sayangnya belum ditanamkan fitur mobile hotspot seperti yang ada di Windows 10. Jadi jika Sobat ingin membuat hotspot di laptop yang berjalan denagn OS Windows 8 atau 7 harus mengikuti langkah yang mungkin sedikit lebih sulit. Namun tenang, teknocanggih.com telah siapkan tutorial yang sangat mudah untuk membuat hotspot di laptop Sobat. Ikuti dengan seksama ya.

Menggunakan Menu Ad-Hoc

1. Buka start menu dan kemudian pilih Control Panel.

2. Didalam Control Panel Sobat akan melihat Network and Sharing Center, klik menu tersebut.

3. Selanjutnya Sobat akan dikirim ke windows baru yang berisi opsi networking dari laptop Sobat. Disini Sobat lihat ke arah bagan bagian bawah ada pilihan “Set up a new connection or network” klik menu tersebut dan selanjutnya Sobat akan melihat setidaknya lima opsi dalam setup tersebut.

Baca juga:  Cara Menghubungkan Hp ke Tv Menggunakan Kabel Dengan tepat

4. Turun sedikit ke bagian bawah ada pilihan “Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network” klik sekali pada opsi tersebut lalu tekan next.

5. Windows akan memberitahukan berbagai tips untuk memperlancar proses ini, Sobat hanya perlu tekan tombol next sampai windows meminta Sobat untuk mengisi network name, security type dan security key.

6. Setelah mengisi semuanya, Sobat bisa memilih untuk mencentang box “save this network” jika ingin menggunakannya dalam kesempatan selanjutnya. Jika sudah, klik next.

7. Langkah terakhir adalah memastikan bahwa semua data yang Sobat pilih sudah dicatat dengan benar. Jika memang masih memiliki keraguan sebelum menekan confirm, tidak ada salahnya untuk mengecek kembali dengan tombol back. Jika memang semuanya sudah benar, pilih confirm dan tadaaa Sobat telah berhasil membuat hotspot di laptop.

Cara membuat hotspot di laptop ini memiliki kelemahan untuk pengguna mobile device terutama yang OS-nya berbasis karnel Linux. Jika memang masalah tidak bisa diselesaikan, cobalah membuat hotspot dengan command line.

Oke gaes, perjumpaan kita di tutorial cara membuat hotspot di laptop sepertinya harus diakhiri sampai di sini. Silahkan dipraktikkan di laptop masing-masing, dan semoga membantu memuaskan rasa penasaran Sobat semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here