Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop Maupun Komputer

Cara melihat spesifikasi laptop – Mengetahui spesifikasi dari perangkat laptop atau PC Sobat merupakan hal yang cukup penting. Dengan mengetahui spesifikasi laptop, Sobat dapat menentukan aplikasi yang akan diinstall apakah bisa dijalankan atau tidak. Dengan demikian, Sobat tidak memaksakan untuk menginstall apikasi yang tidak sesuai dengan sepesifikasi yang nantinya akan membuat kinerja dan performa laptop menjadi lambat. Selain itu, dengan mengecek spesifikasi laptop, Sobat dapat mengatasi masalah pada hardware portabel komputer tersebut. Benefit terakhir, pengetahuan ini bisa dipakai misalnya Sobat ingin membeli laptop, baik laptop yang masih baru ataupun yang bekas. Untuk lebih detailnya, berikut ini tekncanggih.com akan bahas langkah-langkah bagaimana cara melihat spesifikasi laptop.

1. Menggunakan Fitur Pengaturan Aplikasi

Cara pertama yang bisa Sobat lakukan adalah dengan menggunakan pengaturan aplikasi. Pada fitur ini, Sobat dapat melihat gambaran umum konfigurasi sistem yang digunakan laptop Sobat mulai dari perangkat keras maupun perangkat lunak. Untuk dapat menggunakan fitur ini, Sobat bisa mengklik Start Menu, kemudian pilih Settings, pilih System dan klik About. Pada halaman yang ditampilkan, semua informasi lengkap tentang laptop Sobat tercantum disini.

2. Menggunakan Fitur System Information

Cara kedua yang bisa Sobat lakukan yaitu dengan menggunakan fitur System Information. Untuk mengaksesnya, Sobat bisa klik pada Start Menu, kemudian ketik pada kolom search msinfo32 atau bisa juga menggunakan kata kunci System Information, lalu tekan enter.  Halaman system information pun terbuka. Pada halaman ini, Sobat bisa mengetahui semua hardware yang ada pada sistem operasi laptop Sobat, seperti sistem, jenis sistem, prosesor, informasi BIOS hingga tanggal update firmware terakhir.

Baca juga:  3 Cara Reset Hp Samsung untuk Mengatasi Berbagai Masalah yang Dijumpai

Fitur System Information juga bisa membantu Sobat untuk menemukan kerusakan perangkat keras pada laptop Sobat.  Dengan demikian, Sobat dapat mengetahui hardware apa yang mengalami kerusakan dan dapat diperbaiki dengan efektif.

3. Menggunakan Command Prompt

Cara melihat spesifikasi laptop berikutnya yaitu dengan menggunakan Command Prompt, kemungkinan informasi tentang spesifikasi laptop Sobat lebih banyak didapatkan di sini. Bahkan, Sobat dapat mengetahui informasi tentang pemasangan sistem operasi yang digunakan pada laptop Sobat. Untuk melihat spesifikasi laptop menggunakan Command Prompt, Sobat dapat langsung mengklik Start Menu, kemudian ketik Command Prompt pada kolom pencarian, klik enter. Setelah itu klik kanan pada command prompt dan pilih Run as administrator. Pada kolom command prompt, ketikkan perintah :systeminfo dan klik enter.  Setelah itu akan muncul spesifikasi secara rinci tentang perangkat keras laptop Sobat, versi BIOS, memori, detail netword adaptor dan informasi lainnya.

4. Menggunakan Software DXdiag

Selain fitur bawaan yang disediakan oleh Windows, Sobat juga bisa melihat spesifikasi laptop menggunakan software bawaan yang juga disediakan oleh Windows. Jadi Sobat tidak perlu repot untuk menginstal software untuk mengetahui spesifikasi laptop Sobat. Software bawaan Windows yang berfungsi untuk mengetahui spesifikasi laptop adalah DXdiag. Untuk bisa menjalankan software ini, Sobat hanya perlu untuk membuka fitur Run pada laptop dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard. Setelah itu, akan muncul perintah Run, ketikkan dxdiag pada kolom run yang muncul kemudian klik OK.

Baca juga:  Cara Melacak No HP Lewat Internet Mudah Tanpa Ribet

Software DXdiag akan berjalan, tunggu beberapa detik, kemudian software DXdiag akan menampilakn informasi lengkap tentang spesifikasi laptop Sobat.  Klik pada tab system untuk melihat data lengkap spesifikasi laptop, mulai dari prosesor yang digunakan, sistem operasi dan kapasitas RAM laptop. Pada tab display memberikan informasi tentang kartu grafis yang dimiliki laptop Sobat.  Pada tab sound dan input versi system memberikan informasi lengkap tentang driver dan input device laptop Sobat.

Cara melihat spesifikasi laptop menggunakan DXdiag jauh lebih lengkap ketimbang cara-cara yang kita bahas di atas. Namun, sebagian istilah yang dipakai cukup membingungkan terutama bagi mereka yang baru mengenal komputer.

Itu dia beberapa cara melihat spesifikasi laptop berbasis Windows, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Semoga dapat menjawab rasa penasaran Sobat. Pantau terus berbagai tutorial untuk pemula dari teknocanggih.com dan jangan lupa untuk like dan membagikan artikel ini apabila dirasa bermanfaat.