Artikel ini akan memandu Sobat bagaimana cara menyalakan komputer yang baik dan benar. Mengapa hal sederhana semacam ini perlu dipelajari? Karena tanpa pemahaman dasar yang kuat tentang komputer dan tombol-tombolnya, maka proses belajar ke tingkat yang lebih tinggi relatif terhambat. Tetapi pada banyak kasus, sejumlah anak bisa belajar cara menghidupkan komputer tanpa harus diajari oleh orang lain. Banyak di antara mereka langsung paham begitu memasuki level pelajaran yang lebih tinggi.

Komputer merupakan barang yang cukup penting bagi kehidupan manusia modern. Dengan bantuan komputer segala aspek kehidupan menjadi lebih mudah. Sobat teknocanggih.com juga pasti pernah menggunakan komputer bukan? baik itu untuk menunjang pekerjaan, ataupun untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kampus. Namun komputer bukanlah barang yang murah, bagi sebagian orang justru termasuk barang mewah. Oleh karena itu, penggunaan komputer harus hati-hati jika ingin komputer tersebut berumur panjang.

Hal tersebut dikarenakan perangkat atau hardware di dalamnya termasuk barang yang rentan rusak, bahkan hanya karena arus listrik yang tidak stabil bisa mengakibatkan rusaknya komputer. Menyalakan dan mematikan komputer pun tidak bisa sembarangan, ada cara yang benar untuk melakukannya.

Berikut adalah langkah-langkah cara menyalakan komputer:

  1. Pastikan kabel-kabel komputer yang Sobat akan gunakan sudah terhubung dengan daya listrik. Jika komputer Sobat menggunakan stabilizer atau UPS (Uninterruptible power supply), tekan tombol saklarnya sampai lampu indikator menyala atau berada pada posisi ON.
Baca juga:  Begini Cara Membuat Swipe Up Instagram Stories, Dijamin Mudah

Beberapa model komputer memiliki tombol On/OFF pada power supply-nya, periksa juga apakah terdapat saklar di bagian belakang komputer Sobat, jika ada, tekan juga sampai berada pada posisi ON

  1. Temukan tombol power untuk komputer yang berbentuk lingkaran dengan garis vertikal. Tombol power tersebut letaknya bisa berbeda-beda tergantung model casing komputer yang Sobat gunakan. Namun pada umumnya, letak tombol power tersebut berada pada sisi depan atau sisi atas CPU (Central Processing Unit atau Kotak besar yang terhubung dengan monitor, mouse, keyboard, dan lainnya). Untuk beberapa komputer model iMac, tombol power berada di belakang monitor atau papan keyboard.
  2. Tekan tombol power tersebut dengan tenaga secukupnya. Lalu Sobat akan mendengar suara kipas (CPU fan) menyala diikuti dengan suara bip satu kali. Kemudian monitor Sobat juga akan ikut menyala yang menampilkan layar awal proses booting. Namun jika CPU sudah menyala, namun monitor tidak ikut menyala, bisa jadi monitor berada dalam kondisi off. Maka Sobat perlu menyalakan secara manual dengan menekan tombol power yang berada dibagian bawah monitor.
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses booting atau start-up komputer Sobat selesai. Biasanya hanya memakan waktu 5 – 10 detik tergantung spesifikasi komputer yang Sobat gunakan. Jika tidak memerlukan password, maka komputer akan langsung berada pada layar desktop. Namun jika komputer tersebut dilengkapi password, maka Sobat perlu memasukan password agar bisa masuk ke layar desktop dan menggunakan komputer tersebut.
  4. Jika sudah berada di layar desktop, maka komputer sudah siap digunakan. Ciri-ciri layar desktop itu terdapat beberapa atau banyak ikon-ikon program komputer, seperti my computer, recycle bin, dan lain-lain.
Baca juga:  Cara Mengubah Kuota Videomax Menjadi Kuota Biasa (100% Work)

Itulah langkah-langkah bagaimana cara menyalakan komputer. Mudah bukan? Nah jika sudah selesai menggunakan komputernya, cara mematikannya pun tidak bisa sembarangan. Perlu langkah-langkah khusus agar komputer dapat mati dengan aman. Pada sistem operasi Windows, mematikan komputer disebut dengan Shut Down. Berikut langkah-langkah shut down komputer:

  1. Sebelum melakukan shut down, pastikan Sobat telah menutup semua aplikasi komputer yang Sobat gunakan.
  2. Arahkan mouse lalu klik tombol start yang berada pada sisi kiri paling bawah layar desktop, atau Sobat juga bisa menekan tombol yang berlogo Windows pada keyboard.
  3. Tekan tombol shut down, lalu pilih Yes. Kemudian layar akan menampilkan tulisan Windows is shuting down. Tunggu beberapa saat hingga komputer mati dengan sendirinya

Nah itu dia Sobat, cara menyalakan komputer dan mematikan komputer yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here