Cara Membuka HP Xiaomi yang Terkunci Tanpa Harus Mengeluarkan Biaya

Saat ini, HP android menjadi salah satu alat komunikasi dan informasi yang paling digemari oleh masyarakat di belahan dunia manapun. Tak jarang banyak data penting dan sangat rahasia yang tersimpan di dalam sebuah HP. Hal ini mengharuskan untuk memberikan kunci keamanan agar tidak semua orang bisa mengakses HP kita. Tapi bagaimana kalau kita sendiri lupa sandi atau pola untuk membuka akses HP kita tersebut? Apabila HP yang Sobat miliki adalah merk Xiaomi, berikut ini teknocaggih.com akan bahas beberapa cara membuka HP Xiaomi yang terkunci.

Membuka HP Xiaomi yang terkunci Menggunakan Pengelola Perangkat Android

Cara membuka kunci HP Xiaomi yang terlupa password atau polanya dengan pengelolan perangkat android atau android device manager dilakukan melalui browser. Untuk bisa membuka kunci dengan cara ini, Sobat harus login menggunakan akun google sesuai dengan yang digunakan dalam HP. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Membuka link pengelola perangkat android atau android device manager dari browser.
  2. Di dalam layanan tersebut, Sobat akan diberikan tiga pilihan yaitu deringkan perangkat, kunci perangkat dan hapus perangkat. Sobat harus memilih yang kunci perangkat atau lock.
  3. Setelah memilih kunci perangkat, Sobat akan dimintai untuk mengisikan kata sandi yang baru sehingga menggantikan yang lama.
  4. Setelah mengisikan semua yang diminta, klik tombol kunci.
  5. Setelah kurang lebih lima menit, perangkat sudah digunakan kembali.
Baca juga:  Cara Download Aplikasi di Laptop yang Aman dan Bebas Virus

Unlock HP Xiaomi yang terkunci Menggunakan Lupa Password

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan menu lupa password. Menu ini akan tampil ketika Sobat sudah mencapai batas maksimum untuk mencoba membuka sandi. Setelah ada menu lupa password yang ditampilkan, klik menu tersebut. Selanjutnya masukkan akun mi yang ada pada HP Xiaomi Sobat. Setelah akun dimasukkan, selanjutnya Sobat akan diminta untuk mengisikan sandi baru dan HP sudah bisa digunakan.

Membuka HP Xiaomi yang terkunci Melalui Mi Cloud

Cara membuka HP Xiaomi yang terkunci berikutnya adalah menggunakan Mi Cloud. Untuk bisa membuka kunci menggunakan Mi Cloud, Sobat harus memastikan bahwa fitur find device yang ada dalam Mi Cloud telah diaktifkan sebelumnya. Jika sudah pasti aktif, langkah yang harus dilakukan yaitu:

  1. Mengunjungi website Xiaomi dengan HP lain atau bisa juga menggunakan komputer
  2. Setelah ada menu yang ditampilkan, lakukan login
  3. Langkah selanjutnya memilih menu temukan perangkat atau find device
  4. Setelah itu pilih menu reset password, tunggu hingga prosesnya selesai.
Disetting ulang pabrik atau factory reset

Cara yang sangat sering dilakukan untuk membuka sandi yang terlupa dari HP Xiaomi adalah menyetting ulang pabrik atau factory reset. Hal ini memang mudah dilakukan bahkan jika harus dilakukan sendiri. Hanya saja, kemungkinan besar Sobat akan kehilangan semua data yang ada dalam penyimpanan telepon HP. Tetapi apabila langkah lain sudah dicoba dan tidak membuahkan hasil, cara ini bisa menjadi alternative terakhir. Langkah-langkah untuk mengakses kembali HP yang terkunci dengan cara ini adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan factory reset memang membutuhkan waktu yang lumayan lama, untuk itu alangkah baiknya jika daya baterai HP masih lebih dari 50%
  2. Apabila HP Xiaomi Sobat masih dalam keadaan hidup, maka harus dimatikan terlebih dahulu
  3. Setelah HP benar-benar dalam keadaan mati, langkah selanjutnya adalah menekan tombol power dan tombol menaikkan volume secara bersama-sama hingga muncul logo Xiaomi pada layar kemudian lepaskan tekanannya
  4. Setelah ada menu recovery mode yang ditampilkan, gunakan tombol volume untuk menaikkan atau menurunkan menu dan gunakan tombol power untuk memilih menu
  5. Pilihlah menu wipe & reset, kemudian pilih wipe chache dan lakukan persetujuan dengan menekan tombol power
  6. Jika sudah melakukan persetujuan, perangkat akan memproses perintah lalu kembali pada menu wipe & reset
  7. Setelah itu, pilihlah menu wipe user data dan konfirmasi perintah
  8. Ketika muncul menu selanjutnya, pilih reboot system dan tunggu hingga proses tersebut selesai
  9. Jika sudah selesai maka HP sudah bisa digunakan kembali
Baca juga:  Tips Charge Smartphone Khusus Android Agar Baterai Selalu Awet
Menggunakan Android Debug Bridge (ADB)

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuka HP Xiaomu yang terkunci adalah menggunakan ADB. Hanya saja, cara ini bisa dilakukan apabila sebelumnya pernah melakukan aktivasi debugging dan pernah menghubungkannya dengan komputer. Langkah untuk membuka kuncinya adalah sebagai berikut:

  1. Menghubungkan HP dengan komputer menggunakan kabel data
  2. Membuka jendela command prompt pada direktori instalasi
  3. Ketikkan adb shell rm/data/system/gesture.key lalu enter
  4. HP Xiaomi akan di reboot dan tentunya kunci layar telah terbuka

Demikianlah cara membuka HP Xiaomi yang terkunci. Apabila cara-cara tersebut tidak berhasil, jalan satu-satunya adalah dengan membawa ke service HP ataupun ke gerai Xiaomi langsung.