Cara Mengganti RAM Laptop dengan mudah untuk Pemula

Cara Mengganti RAM Laptop – RAM atau Random Access Memory merupakan komponen komputer yang sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer itu sendiri. Berbeda dengan hard disk yang digunakan untuk penyimpanan permanen, RAM ini berfungsi sebagai penyimpanan sementara proses yang sedang berjalan. Sehingga jika spesifikasi RAM laptop kecil dan digunakan untuk banyak aplikasi maka laptop akan lemot. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan mengganti RAM dengan kapasitas yang lebih besar. Cara mengganti RAM laptop tidak terlalu sulit, dan bisa dilakukan oleh pemula yang ingin mencoba.

Berikut Ini Cara Mengganti RAM Laptop dengan Mudah

Selain untuk upgrade, mengganti RAM laptop juga harus dilakukan jika RAM mengalami kerusakan. Jika RAM rusak maka laptop tidak dapat digunakan seperti biasanya karena akan ada error. Berikut ini adalah langkah-langkah mengganti RAM laptop yang bisa Anda ikuti:

1. Pilih RAM yang sesuai

Banyak pemula yang tidak paham bahwa sebenarnya memilih RAM adalah hal yang wajib diperhatikan. RAM dengan performa yang baik akan membuat laptop Anda juga memiliki performa yang baik. Berikut ini adalah cara memilih RAM yang benar :

  • Pilih RAM SODIMM atau SO-DIMM untuk RAM laptop.
  • Cek socket motherboad untuk melihat tipe DDR3, DDR3L, atau DDR4.
  • Cari di Google kapasitas maksimal RAM dari laptop Anda.
  • Cek motherboad untuk melihat kecepatan RAM kemudian meningkatkannya.
Baca juga:  Cara Mengunci Desktop Komputer Dengan Mudah

Untuk spesifikasi RAM lainnya, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dan budget. Yang terpenting jangan membeli RAM dengan spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Dan belilah RAM yang orisinil agar tahan lama dan tidak cepat rusak.

2. Bongkar Laptop

Setelah menemukan RAM pengganti terbaik, cara mengganti RAM laptop selanjutnya adalah membongkar laptop untuk mengganti RAM. Cara membongkar laptop berbeda-beda tergantung dari tipe dan merk laptop. Namun untuk mengganti RAM saja, Anda tidak perlu membongkar secara penuh. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membongkar laptop agar aman yaitu :

  • Lihat buku panduan untuk membongkar laptop.
  • Cari tempat yang luas, aman, nyaman, serta jauh dari anak-anak saat membongkar.
  • Lepaskan cassing dan komponen dengan hati-hati namun tegas.
  • Temukan Slot RAM dan Ambil RAM Lama

Sebelum membongkar, Anda harus mencari tahu letak slot RAM agar tidak kebingungan saat laptop sudah dibongkar. Slot RAM setiap merk dan tipe laptop berbeda jadi cari tipe milik Anda melalui Google. Setelah slot ditemukan, kemudian ambil RAM lama dengan hati-hati. Anda bisa menyimpan RAM lama tersebut atau membuangnya jika sudah rusak.

3. Pasang RAM Baru

Setelah RAM lama berhasil diambil, selanjutnya masukkan RAM baru yang Anda beli ke dalam slot RAM lama tersebut. Pasang RAM dengan sempurna dan terkunci oleh slot RAM. Kunci slot RAM akan berbunyi klik saat RAM terpasang dengan baik dan sempurna. Pastikan tidak ada yang mengganjal atau RAM tidak terasa keras seperti ada sesuatu di bawahnya.

Baca juga:  Cara Menghapus Virus di HP Android Yang Mudah dan Cepat

4. Rakit Kembali Laptop

Jika RAM sudah dipastikan terpasang dengan sempurna, Anda sudah bisa merakit laptop kembali. Memasang laptop kembali bukan perkara mudah untuk para pemula, Anda bisa mencari atau melihat buku panduan agar aman. Setelah laptop sudah terpasang dengan benar, kemudian nyalakan laptop dan cek spesifikasi RAM.

Itulah cara mengganti RAM laptop lengkap yang bisa Anda ikuti. Pastikan Anda tahu batas maksimal kapasitas RAM dari tipe laptop Anda. Jika Anda memasang RAM melebihi batas maksimal maka yang terbaca hanya sampai batas maksimal tersebut. Sekarang Anda sudah bisa berhemat karena bisa memasang RAM sendiri.