Tutorial Membuat Kamera Smartphone Menjadi Kamera Pintar

Tidak sedikit smartphone saat ini yang dibuat dengan menambahkan fitur AI atau kecerdasan buatan yang dikenal sebagai Artificial Intelegence. Alhasil kamera smartphone menjadi lebih pintar dalam memberikan settingan yang sesuai dengan situasi foto atau bahkan mengenali obyek apa yang sedang dalam tangkapan kamera yang juga bahkan menunjukkan dimana barang tersebut dijual lengkap dengan harganya. Nah, kali ini teknocanggih.com akan mengajak Sobat untuk membuat kamera smartphone menjadi kamera pintar. Dengan demikian Sobat tidak perlu membeli smartphone baru yang mahal dengan fitur AI. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Tutorial Membuat Kamera Smartphone Menjadi Kamera Pintar

Sebelum melanjutkan tutorial ini, ada dua hal yang perlu Sobat siapkan seperti biasa. Yang pertama adalah pastikan smartphone yang Sobat gunakan merupakan smartphone yang memiliki jaringan internet. Akan lebih baik lagi jika jaringan internet tersebut cukup ngebut sehingga interaksi dengan smartphone Sobat nantinya akan lebih baik.

Yang kedua adalah Sobat perlu mengunduh sebuah aplikasi bernama CamFind. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Playstore. Lakukan penginstalan hingga aplikasi terinstal. Ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa Sobat pakai, namun Sobat bisa mencobanya dengan menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu.

Setting Awal

Sebelum Sobat memulai untuk menggunakan aplikasi, pastikan Sobat memberikan ijin kepada aplikasi terutama untuk akses ke kamera. caranya adalah buka aplikasinya, kemudian beri ijin untuk jendela yang muncul di layar smartphone Sobat dan pilih allow atau ijinkan. Jangan khawatir, aplikasi ini aman sehingga Sobat tidak perlu khawatir.

Baca juga:  Ragam Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Agar Tidak Terlewat

Yang kedua yang perlu dilakukan adalah Sobat perlu mengganti bahasa hasil pencarian ke Bahasa Indonesia. Namun hal ini opsional apabila Sobat menginginkan untuk menggunakan bahasa Inggris, karena pencarian nantinya juga ditentukan dari bahasa yang dipakai. Dengan demikian, disarankan untuk Sobat memilih bahasa tercinta kita, Bahasa Indonesia.

Memulai Mengambil Gambar

Selanjutnya langkahnya lebih mudah, cukup memfoto objek tertentu dan dalam beberapa waktu aplikasi akan memunculkan pencarian dari objek yang Sobat foto. Sebagai tes lakukan hal berikut ini:

  1. Siapkan sebuah objek yang mudah ditemui di sektar Sobat seperti cangkir atau gelas atau benda lainnya
  2. Letakkan objek tersebut di tempat yang memiliki background atau latar belakang yang tak terlalu ramai dan di ruangan yang tidak terlalu gelap. Apabila ruangan terlalu gelap, Sobat bisa menggunakan flash.
  3. Tekan tombol “Shutter”
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul hasil pencarian
  5. Akan muncul jendela hasil pencarian yang dekat atau mirip dengan foto Sobat beserta keterangan benda apa itu.

Manfaat dari aplikasi ini?

Selain gratisan, aplikasi ini ternyata juga bermanfaat untuk Sobat yang sering menginginkan untuk membeli sesuatu namun tidak mengetahui apa nama dari benda tersebut. Dengan demikian Sobat bisa mencari tahu apa namanya dan juga bahkan mencari toko online dimana Sobat bisa membeli benda tersebut. Selain aplikasi CamFind untuk mencari nama dari suatu benda, ada beberapa aplikasi kamera pintar yang bisa Sobat unduh dan gunakan yakni sebagai berikut:

  1. FlowerChecker
Baca juga:  Cara Merekam Layar Laptop, Mudah dan 100% Berhasil

Seperti namanya, aplikasi ini berguna untuk mengetahui nama dan informasi dari tanaman yang Sobat temui. Sangat berguna untuk Sobat yang memang menyukai tanaman atau sedang belajar mengenai jenis tanaman. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Beberapa jenis aplikasi pencari nama tanaman yang terkenal adalah NatureGate, PlantSnapp, Plantifier, dan lain-lain.

  1. Google Goggles

Hampir mirip dengan CamFInd, aplikasi ini merupakan aplikasi buatan Google yang memanfaatkan situs pencarian berdasarkan gambar sehingga akan memunculkan hasil yang mirip dengan apa yang Sobat foto. dari foto tersebut, Sobat bisa mengetahui beberapa informasi mengenai benda yang Sobat butuhkan.

  1. Photomath

Berbeda dengan dua poin diatas, seperti namanya Photomath sangat berhubungan dengan matematika. Soal yang Sobat foto menggunakan aplikasi ini akan dihitung dan ditunjukkan cara penghitungannya. Aplikasi ini sangat membantu untuk mereka yang masih belajar, namun jangan dimanfaatkan untuk mengerjakan PR Sobat ya.

Nah itulah tutorial membuat kamera smartphone menjadi kamera pintar di semua smartphone Android. Semoga tutorial ini memberi nilai lebih untuk Sobat.