Restart atau soft reset sering kali jadi kunci untuk nyelesain masalah kecil dengan perangkat lunak di ponsel pintar jenis apapun. Kalau emang cara “baik-baik” ini gagal untuk nyelesain masalah, maka Sobat-Sobat sekalian bisa memilih untuk melakukan jenis reset lainnya termasuk hard reset atau paksa restart dan master reset atau biasa disebut factory reset.

Karena nobody ain’t got time for that maka tutorial cara mereset iphone kita kali ini bakal fokus ke iOS atau lebih tepatnya ke iPhone X dan perangkat yang dirilis setelahnya. Jadi buat pengguna Android, atau pun produk lain dibawah iPhone X bisa cari artikel lain yang lebih berfaedah.

Sebelum kami ngelanjutin ke langkah-langkah aktual, perlu dicatat bahwa Apple telah membuat sedikit perubahan tidak hanya dengan prosedur reset tetapi juga pada penamaan kunci perangkat keras pada iPhone baru mereka. Tombol Sleep / Wake atau tombol Power di iPhone sebelumnya sekarang disebut dengan tombol Side. Jadi pastiin Sobat-Sobat pada mudeng, karena teknocanggih.com akan menerapkan istilah baru ini dalam konten kami.

Bagaimana cara soft reset iPhone?

Ada banyak dampak baik yang terjadi ketika soft reset dilakukan ke iPhone Sobat. Selain memberi perangkat awal yang baru, prosedur ini juga dapat membantu menghilangkan gangguan kecil yang memengaruhi fungsi iOS. Sebagai permulaan, ikuti langkah-langkah ini untuk melakukan soft reset iPhone X Sobat:

  • Tekan dan tahan tombol Side dan tombol Volume hingga layar geser ke mati muncul.
  • Seret penggeser untuk mematikan iPhone X sepenuhnya.
  • Setelah iPhone mati, tekan dan tahan tombol Side sekali lagi sampai logo Apple muncul.
  • IPhone kemudian akan memulai proses reboot.
Baca juga:  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak dan Tidak Berfungsi

Cara mereset iphone dengan metode alternatif: Menggunakan menu pengaturan

Di iOS 11 atau versi yang lebih baru, Sobat sekarang dapat mematikan perangkat iOS melalui menu pengaturan. Begini caranya:

  • Buka Pengaturan dari layar Beranda.
  • Pilih Umum.
  • Scroll dan pilih opsi Shutdown. Proses ini akan mematikan iPhone X Sobat.
  • Setelah beberapa detik, tekan tombol Side sekali untuk menyalakannya kembali.

Soft reset gak akan memengaruhi data yang tersimpan di perangkat Sobat jadi Sobat ga perlu khawatir kehilangan konten penting setelah proses ini selesai.

Bagaimana cara melakukan hard reset iPhone?

Hard reset adalah jenis restart lain yang direkomendasikan untuk menangani kerusakan perangkat lunak yang menyebabkan iPhone macet, freeze, atau menjadi tidak responsif. Dalam keadaan ini, prosedur restart yang biasa ga dapat bisa dilakui jadi Sobat mungkin dengan terpaksa harus memaksa perangkat Sobat untuk restart.

Selain nama baru yang ditetapkan untuk beberapa tombol kontrol, Apple juga udah memodifikasi proses dalam menjalankan force restart pada perangkat iPhone 8 ke atas. Sekarang, menekan dan menahan kombinasi tombol akan mengaktifkan panggliat SOS Darurat, jadinya proses reboot akhirnya harus pindah ke kombinasi tombol yang lebih rumit. Tapi tenang, we’ve got you covered sob! Inilah cara tepat untuk melalukan hard reset pada perangkat iPhone Sobat:

  • Seperti yang udah kami jelasin tadi, Sobat perlu lebih lincah untuk bisa melakuakan hard reset, jadi bisa kali warming up dan perengganggan dikit. Kalau udah relax, tekan dan lepaskan tombol Volume Up dengan cepat.
  • Trus dengan cepat, tekan dan lepaskan tombol Volume Down.
  • Terakhir, tekan dan tahan tombol Side.
Baca juga:  Cara Mempercepat Internet WiFi Smartphone yang Lemot

Udah! cuma tiga langkah itu aja cara mereset iphone, tapi asal tahu aja, sistem force restart yang baru ini ternyata masih rada awkward untuk para crazy rich yang punya gawaian iPhone terbaru.

Terakhir, karena ini handphone mahal yang gak semua orang bisa beli. Maka, saran saya cobalah untuk disayang, jangan mendownload aplikasi di luar App Store. Kalaupun terpaksa, pastikan bukan berasal dari situs abal-abal yang justru akan merugikan dirimu sendiri sob. Terakhir, pergunakan perangkat sesuai peruntukannya. Jika memang bukan untuk game, ya jangan dipaksa main game berjam-jam lamanya. Dijamin hp bakal cepet soak. Sayang kan? Semoga tips ini bermanfaat, sampai ketemu di tutorial lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here