Ketika Sobat sedang menggunakan laptop untuk mengerjakan aktivitas rutin, namun tiba-tiba kinerja laptop menjadi menurun dan bahkan sampai hang, tentunya Sobat merasa kesal bukan? Nah, untuk itu Sobat harus tahu cara mempercepat kinerja laptop sehingga laptop Sobat menjadi lebih cepat dan super responsif performanya.

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa Sobat jalankan, tetapi di tutorial ini teknocanggih.com mencoba menghadirkan cara-cara atau teknik yang paling sederhana, tetapi cukup ampuh untuk meningkatkan performa laptop atau PC. Malahan, sebagian kecil dari tutorial ini sudah sering dilupakan oleh orang yang kebanyakan lebih asyik dan terpedaya dengan trik tweak rumit yang justru berpotensi merusak laptop.

Tanpa panjang lebar lagi, tutorial berikut adalah beberapa cara mempercepat kinerja laptop, membuat laptop Sobat kembali ngacir dan ngebut saat harus menjalankan tugas-tugas yang berat dan pastinya akan meningkatkan performa agar laptop tidak lemot lagi.

1. Nonaktifkan Program Yang Tidak Diperlukan

Performa laptop yang lambat bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya yaitu banyak program yang sebenarnya tidak diperlukan namun masih berjalan di startup.  Oleh karena itu,  cara mempercepat kinerja laptop yang perlu Sobat lakukan adalah menonaktifkan program-program atau aplikasi tersebut untuk meningkatkan performa sistem laptop secara keseluruhan.  Untuk menonaktfkan program yang tidak diperlukan, Sobat bisa menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan untuk membuka fitur Task Manager.

Baca juga:  Cara Menghubungkan Hp ke Tv Menggunakan Kabel Dengan tepat

Setelah halaman Task Manager terbuka, Sobat bisa memilih tab startup.  Pada tampilan ini, akan muncul banyak daftar program dan aplikasi yang berjalan secara otomati oleh sistem Windows.  Sobat bisa memilih aplikasi yang memang tidak diperlukan oleh sistem, caranya dengan klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih disable untuk menonaktifkannya.

2. Menonaktifkan Efek dan Animasi

Penyebab lain kinerja laptop menjadi turun dan lemot adalah karena efek visual dan animasi yang terdeteksi oleh sistem operasi.  Tanpa Sobat ketahui, efek dan animasi pada Windows secara tidak langsung meningkatkan beban pada sumber daya sistem operasi loh.  Dengan demikian, pengontrolan efek dan animasi dapat berpengaruh besar terkait performa laptop yang lambat.  Untuk itu, Sobat perlu untuk mematikan efek dan animasi tersebut, caranya dengan mengklik Start Menu dan pilih System.  Setelah itu akan muncul halaman system, Sobat bisa klik pada tab Advanced system settings, kemudian pilih performance Settings, pilih tab Visual Effects, lalu klik Adjust for best performance.  Sobat juga bisa memilih tab custom untuk memilih efek dan animasi secara manual.

Cara mempercepat kinerja laptop ini cukup ampuh, kendati di sisi lain membuat transisi dari menu ke menu dan jendela ke jendela terlihat biasa saja, tanpa ada pemanisnya.

3. Menghapus Software Yang Tidak Diperlukan

Banyaknya software yang terinstall pada laptop Sobat tentunya berdampak penuh pada lambatnya performa laptop.  Sebaiknya Sobat menghapus software yang sudah tidak digunakan lagi untuk mengurangi ruang memori pada laptop Sobat.  Untuk menghapusnya, Sobat bisa menggunakan fitur Control panel yang terletak di Start Menu.  Kemudian pilih Programs, pilih Programs and Features, akan muncul tampilan dari semua program yang terinstall di laptop Sobat.   Pilihlah software yang sudah tidak diperlukan lagi dan klik uninstall/change untuk menghapus aplikasi tersebut.

Baca juga:  Cara memblokir nomor HP dengan 2 Langkah Mudah, Dijamin Berhasil!

4. Menggunakan Performance Monitor

Khusus bagi pengguna sistem operasi Windows 10, Sobat bisa menggunakan tool yang disediakan oleh Windows 10 untuk memantau kinerja laptop Sobat.  Dengan menggunakan tool ini, rincian sistem dan sumber daya perangkat keras laptop Sobat dapat dioptimalkan.  Caranya yaitu dengan mengklik Start Menu, ketikkan Performance Monitor dan klik.  Pada halaman yang muncul, pilih opsi Reports, pilih System dan klik System Diagnostics.

5. Menghapus Extension Di Browser

Setiap add ons atau extension yang Sobat install pada browser untuk surfing internet ternyata berpengaruh juga terhadap kinerja dan performa laptop Sobat.  Dengan kata lain, semakin banyak ekstensi yang Sobat install, maka performa laptop Sobat semakin menurun.  Oleh karena itu, Sobat bisa mengoptimalkannya dengan cara menghapus extension atau add ons pada browser Sobat di pengaturan browser dan pilih add ons (atau extension), kemudian tinggal pilih extension mana yang akan dihapus.

Selesai, kita sudah menuntaskan tutorial lengkap bagaimana cara mempercepat kinerja laptop, mudah-mudahan dengan tips dan trik diatas dapat mempercepat performa laptop Sobat teknocanggih semua. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here