3 Cara Reset Hp Samsung untuk Mengatasi Berbagai Masalah yang Dijumpai

Cara reset Hp Samsung berbasis Android sebenarnya sangat mudah, dan bisa dilakukan secara aman sendiri. Tak perlu repot-repot pergi ke counter dan membayar untuk melakukan hal ini. Melakukan reset pada jenis handphone Android, seperti Samsung memiliki tujuan untuk mengembalikan keadaan ponsel seperti semula.

Terutama untuk pengaturan. Sehingga setelah reset, ponsel akan kembali pada factory setting seperti ketika baru dirilis. Hal ini biasanya dilakukan untuk perbaikan ringan pada software handphone dan juga tablet Android.

Ada beberapa cara reset HP Samsung, tergantung dari keadaan ponsel pada saat itu. Berikut ini akan teknocanggih.com uraikan cara termudah dan juga paling aman untuk melakukan reset handphone Samsung.

Cara Reset HP Samsung yang Pertama

Cara mereset handphone Samsung yang pertama ini paling mudah dan bisa dilakukan bila ponsel dalam keadaan hidup. Sehingga Sobat masih bisa masuk ke dalam menu pengaturan. Sebelum melakukan reset, pastikan sudah melakukan backup untuk data-data penting di dalam penyimpanan handphone lebih dulu.

Langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Masuk ke dalam menu “Pengaturan” atau “Setting”
  • Di bagian bawah, cari menu untuk “Backup & Reset”
  • Pilih “Factory Data Reset”
  • Akan muncul beberapa pilihan berbeda. Centang pada pilihan yang dianggap paling tepat
  • Pilih “Reset Device”

Setelah langkah di atas, handphone akan melakukan proses reset. Biasanya proses ini akan berlangsung selama 3 hingga 10 menit, tergantung pada besarnya data dalam penyimpanan. Saat proses sudah selesai, maka handphone akan melakukan restart dan bisa dilakukan pengaturan awal.

Baca juga:  5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android Dan Bagaimana Menghack Passwordnya

Cara Reset kedua: menggunakan kode rahasia

Bila cara reset HP Samsung yang pertama dilakukan bila Sobat masih bisa mengakses menu “Pengaturan”. Maka cara kedua ini dilakukan bila menu tak bisa lagi terbuka, namun masih bisa mengakses keyboard. Cara ini cukup mudah. Cukup mengetikan kode rahasia *2767*3855# pada keyboard kemudian pilih “Call” atau “Telepon.”

Nantinya ponsel akan melakukan proses reset dan juga restart seperti sebelumnya. Proses dengan cara ini pun akan memakan waktu sedikitnya 3 hingga 10 menit. Jangan lupa sebelumnya pastikan sudah melakukan backup data.

Cara ketiga: melalui Recovery Mode

Cara terakhir untuk melakukan reset Android, menggunakan Recovery Mode. Untuk cara ini dilakukan ketika ponsel sudah dalam keadaan mati total. Seperti dalam keadaan bootloop. Bila Sobat sama sekali tak bisa masuk ke dalam ponsel, maka cara ketiga ini bisa dilakukan untuk reset HP Samsung.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  • Langkah pertama dan juga paling penting, pastikan baterai HP dalam keadaan penuh atau minimal terisi 70 persen.
  • Matikan ponsel, kemudian tekan serta tahan tombol Home, Power, dan juga Volume Up bersamaan dalam beberapa detik.
  • Akan muncul pilihan pada layar. Gunakan tombol Volume Up untuk memilih pilihan “Factory Reset & Wipe Data”. Kemudian tekan tombol Home.
  • Proses akan berjalan. Setelah itu akan muncul kembali menu, dan pilihn “Reboot System Now.”
Baca juga:  Cara Menyadap WA dengan Nomor HP Mudah Tanpa Ribet

Sedikit berbeda dengan cara reset HP Samsung sebelumnya, langkah di atas melalui Recovery Mode akan memerlukan waktu yang cukup lama. Ini karena ponsel akan lebih dulu masuk ke dalam Recovery Mode dari bootloop.

Sebelum akhirnya memulai proses untuk Reset dan Factory Reset. Pada langkah ini, tahapan yang paling penting memang memastikan ponsel tak akan kehabisan baterai selama proses sedang berlangsung.

Beberapa hal yang perlu Sobat ketahui seputar reset ini. Yang pertama, semua data yang tersimpan di ponsel akan hilang mulai dari kontak, SMS, aplikasi, akun email dan lain sebagainya. Tetapi data-data yang tersimpan di kartu memori eksternal tetap utuh. Kedua, reset ini tidak akan memperbaiki masalah yang ditimbulkan oleh perangkat keras, misalnya sensor sidik jari yang memang rusak, lensa kamera, dan LCD. Jika komponen yang rusak, tak ada solusinya selain mengganti dengan komponen baru.

Selamat mencoba melakuan reset HP samsung Sobat sendiri, semoga tutorial di atas membantu dan bisa diikuti dengan baik.