Ini Dia Tutorial Foto Bokeh ala Dual Kamera Yang Harus Kamu Coba

Tutorial Foto Bokeh ala Dual Kamera – Salah satu keunikan dari smartphone yang sudah memiliki dual camera atau memiliki kamera ganda adalah dapat membuat background dari objek foto menjadi bokeh atau blur. Fitur yang disebut defokus ini meniru kamera profesional DSLR sehingga hasil foto pun menjadi ciamik meskipun fitur ini merupakan fitur digital saja alias bukan karena Depth of Field yang dihasilkan oleh lensa. Bagi Sobat yang ingin mendapatkan foto dengan efek bokeh namun hanya memiliki satu kamera di smartphonenya tidak perlu khawatir. Berikut ini teknocanggih.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat foto bokeh mirip dual kamera yang bisa Sobat coba.

Tutorial Foto Bokeh ala Dual Kamera

Untuk tips foto bokeh kali ini, kita akan menggunakan beberapa aplikasi. Aplikasi ini banyak yang gratis namun juga ada yang berbayar untuk menghilangkan iklannya. Oleh karena itu, Sobat bisa memilih mana yang menurut Sobat paling mudah untuk digunakan. Berikut daftar aplikasinya.

  1. Afterfocus

Untuk membuat foto bokeh ala dual kamera, pertama kita akan menggunakan Afterfocus. Aplikasi ini berbeda dengan cara mengambil gambar menggunakan kamera, jadi Sobat hanya mengeditnya sehingga memiliki efek bokeh ala DSLR dan Dual Camera. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka gambar yang akan diedit
  • Pilih fitur masking, beri area yang tidak akan terkena blur
  • Atur jenis dan tingkat bokeh yang disuka
  • Pilih filter yang disukai
  • Simpan
Baca juga:  Cara Melacak Lokasi Nomor HP Telkomsel Dengan Mudah

Membuat foto bokeh menggunakan aplikasi Afterfocus ini memerlukan ketelitian agar foto bokeh yang dihasilkan alami dan nampak indah.

  1. Google Camera

Tutorial atau cara mendapatkan foto bokeh ala dual kamera yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Google Camera. Aplikasi ini memang terbatas untuk smartphone tertentu saja, namun Sobat bisa mencari apk nya di Google dan menginstalnya. Berikut cara menggunakan aplikasi Google Camera:

  • Buka aplikasi Google Camera
  • Pastikan obyek foto tidak bergerak
  • Ikuti langkah yang ada di layar smartphone Sobat yakni dengan menaikkan kamera ke atas secara perlahan-lahan.
  • Tekan tombol shutter kamera
  • Foto dengan efek bokeh akan tersimpan di smartphone Sobat

Berbeda dengan Afterfocus, Google Camera memberikan efek bokeh secara live alias langsung saat melakukan foto. Namun efek bokeh yang dihasilkan pun serupa dengan efek bokeh dual camera yang hanya dipercantik secara digital atau bukan dengan lensa. Namun yang terpenting adalah hasilnya yang memuaskan selama Sobat berlatih menggerakkan atau menaikkan kamera ke atas sehingga tampak efek blurnya. Karena untuk Sobat yang baru mencoba pasti akan kesulitan untuk mengambil foto dengan cara seperti ini.

  1. Snapseed

Selanjutnya yang bisa Sobat gunakan untuk mendapatkan foto bokeh ala dual kamera yang cantik adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Snapseed. Aplikasi ini merupakan aplikasi editor android terlengkap dan juga gratis besutan dari Google. Namun, selain melakukan editing, aplikasi ini juga dapat memberikan efek bokeh atau blur pada foto. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Snapseed, tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Buka aplikasi dan buka foto yang ingin Sobat beri efek foto bokeh ala dual kamera
  • Pilih opsi edit, dan pilih opsi Lens Blur di pojok kanan bawah
  • Akan muncul dua lingkaran yang bisa anda ubah ukurannya
  • Atur ukuran lingkaran lensa yakni lensa luar dan lensa dalam, pastikan lensa dalam lebih mendekat pada obyek sedangkan lensa luar menyentuh di luar obyek
  • Simpan foto Sobat di smartphone
Baca juga:  2 Cara Download Video di Facebook Lewat PC dan Aplikasi

Meskipun hanya dapat memberikan efek bokeh secara radial atau hanya membulat saja, namun aplikasi ini memberikan hasil yang baik karena dapat mengatur tingkat bokeh dari lingkaran dalam dan lingkaran luar sehingga dapat menghasilkan efek Depth of Field yang indah.

  1. Aplikasi Lainnya

Selain ketiga aplikasi diatas yang bisa digunakan untuk mendapatkan foto bokeh layaknya dual kamera, ada juga beberapa aplikasi lainnya yang bisa Sobat gunakan seperti PhotoDirector, Insta Bokeh: Blend Camera, atau Blur Bokeh Background.

Itulah tadi tutorial untuk mendapatkan foto bokeh ala dual kamera dengan menggunakan aplikasi editor foto. Yang terpenting adalah Sobat bisa berekspresi dengan kamera walaupun belum memiliki kamera DSLR canggih atau smartphone dual camera.