Perbandingan Antara Realme 5 vs Xiaomi Mi A3

Review Oppo Realme

Review Realme 5 dan Xiaomi Mi A3 – yang baru diluncurkan memiliki segmen harga yang sama. Jadi di antara kedua smartphone ini, manakah yang harus dipilih pengguna berdasarkan spesifikasinya?

Sub-merek OPPO baru saja mengungkapkan jajaran smartphone baru yang berfokus pada rasio harga dan kualitas, Realme 5 dan Realme 5 Pro. Kedua smartphone ini memiliki spesifikasi yang sangat baik dan harga yang sangat murah. Ini akan menjadi saingan sempurna dari seri Xiaomi Mi CC terbaru, juga dikenal sebagai Xiaomi Mi A3 .

Xiaomi Mi A3 adalah versi berganti nama dari Mi CC9 untuk dijual di luar Tiongkok. Karena itu, kami hari ini memutuskan untuk membandingkan smartphone ini dengan Realme 5 untuk melihat manakah yang akan menjadi pilihan terbaik dalam kisaran harga yang sama untuk pengguna.

Perbandingan Antara Realme 5 vs Xiaomi Mi A3

Desain

Baik Realme 5 dan Xiaomi Mi A3 memiliki desain yang sangat menarik dengan desain bagian punggung reflektif dan warna gradien yang mengesankan. Namun, jika Anda benar-benar menginginkan desain dan kualitas material terbaik, tidak ada yang lebih baik dari Xiaomi Mi A3 dalam kisaran harga yang sama. Seperti smartphone kelas atas, smartphone ini memiliki desain berbahan kaca pada bagian belakang dan bingkai aluminium yang kokoh. Di sisi lain, Realme 5 lebih baik daripada pesaingnya dalam ketahanan air dan ringan, serta sudah memiliki lapisan nano di seluruh bodinya. Selain itu, Xiaomi Mi A3 memiliki sidik jari dalam layar, sedangkan Realme 5 tidak.

Baca juga:  5 Kelebihan Huawei Mate 20 Pro yang Harus Diketahui

Layar

Layar bukan poin terkuat dari Realme 5 dan Xiaomi Mi A3. Karena, keduanya hanya memiliki resolusi layar HD + yang sama atau 720p, sementara sebagian besar smartphone dengan harga yang sama sudah memiliki layar Full HD +. Di antara kedua smartphone ini, Xiaomi Mi A3 berjanji untuk memberikan kualitas tampilan yang lebih baik karena sudah dilengkapi dengan panel AMOLED, bukan LCD. Dan seperti yang disebutkan di atas, smartphone Xiaomi sudah memiliki sidik jari dalam layar. Selain itu, Xiaomi Mi A3 juga memiliki layar yang ringkas untuk mereka yang menyukai kerapian. Jika Anda ingin produk menikmati fitur multimedia atau bermain, pilih Realme 5 karena memiliki layar besar 6,5 inci.

Spesifikasi dan perangkat lunak

Kedua smartphone memiliki chip prosesor yang sama dan pilihan penyimpanan yang sama. Namun, Xiaomi Mi A3 mengungguli saingannya berkat menggunakan Android One Google. Selain memiliki antarmuka yang lebih lembut dan lebih optimal, smartphone Xiaomi juga sistem operasinya dapat diperbarui dengan cepat dengan semua peningkatan terbaru. Namun, Realme 5 juga memiliki kinerja yang cukup baik dan fitur AI Freezer khusus, yang dapat membantu membekukan aplikasi latar belakang ketika mendeteksi pengguna tidak membutuhkannya.

Kamera

Realme 5 merupakan salah satu dari sedikit smartphone yang memiliki 4 kamera di bagian belakang, termasuk lensa makro khusus. Meskipun memiliki lebih banyak lensa, saya pribadi lebih suka dengan kamera Xiaomi Mi A3 berkat sensor utama 48MP yang super tajam, yang dapat menangkap lebih banyak detail dengan teknologi Quad Bayer. Apalagi Xiaomi Mi A3 juga memiliki kamera selfie yang lebih baik dengan resolusi 32 MP.

Baca juga:  Harga Huawei Nova 3i Terbaru: Review Lengkap dan Spesifikasi

Baterai

Berkat chip Snapdragon 665 dengan proses 11nm hemat energi dan layar HD +, Realme 5 dan Xiaomi Mi A3 dapat menyediakan waktu penggunaan yang lebih lama daripada kebanyakan smartphone lain di pasaran saat ini. Namun, dalam perbandingan ini, Realme 5 lebih biak berkat baterai 1.000 mAh lebih besar dibandingkan dengan Xiaomi Mi A3.

Harga

Pada saat artikel ini dibuat, Realme 5 dimulai dengan hanya $ 140, sedangkan Xiaomi Mi A3 dihargai sekitar $ 245 di pasar global. Kami masih belum tahu berapa harga Realme 5 di pasar lain, tetapi mungkin masih lebih murah daripada Mi A3. Secara keseluruhan, Realme 5 mungkin menjadi pilihan yang lebih baik bagi banyak orang karena memiliki layar yang lebih besar. Tetapi jika Anda tidak memprioritaskan layar besar, Xiaomi Mi A3 akan lebih sempurna karena memiliki kamera yang hebat, fitur sidik jari di layar, mengunakan Android One, dan memiliki desain premium.