Perbandingan iPhone XR VS iPhone 8 Plus

iPhone Keluaran Terbaru

Review iPhone XR VS iPhone 8 Plus – Dengan harga yang sama, apakah Anda ingin memilih iPhone XR atau iPhone 8 Plus untuk dibeli? Silakan temukan jawaban terbaik dengan menyimak artikel berikut.

iPhone XR diluncurkan pada 2018 dengan banyak peningkatan kuat dalam perangkat keras dan desain, sedangkan iPhone 8 Plus telah dirilis selama hampir 2 tahun lalu dan tentunya masih memiliki desain lama. Jadi dengan harga yang sama saat ini, iPhone mana yang harus Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda?

Perbandingan iPhone XR VS iPhone 8 Plus

Pilihan desain yang trendi pada iPhone XR klasik atau iPhone 8 Plus

Perbedaan terbesar antara kedua smartphone ini adalah pada bagian layarnya. Secara khusus, iPhone XR dilengkapi dengan layar besar berukuran 6,1 inci dan jelas lebih besar dari ukuran 5,8 inci yang dimiliki iPhone 8 Plus. Ini berdasarkan dari fakta bahwa iPhone XR cukup tebal dan mungkin banyak pengguna yang tidak suka sama sekali dengan desain ini. Layar penuh hanya dalam arti kiasan tetapi tidak benar-benar tipis, batas tepi pada layar iPhone XR juga masih cukup tebal.

Untuk varian warna, iPhone 8 Plus dilengkapi dengan 3 warna yaitu putih, hitam dan emas, sedangkan iPhone XR memiliki 6 pilihan warna yang sangat menarik, membantu pengguna dapat bebas memilih warna favorit mereka.

Namun bukan itu saja, iPhone XR memiliki banyak keterbatasan dibandingkan dengan iPhone 8 Plus yaitu kemampuan untuk tampilan layarnya. Dengan resolusi HD +, iPhone XR akan memberikan kualitas yang buruk dibandingkan dengan resolusi Full HD yang dimiliki iPhone 8 Plus. Selain itu, berkat ukuran layar yang lebih kecil, kerapatan piksel pada iPhone 8 Plus akan lebih besar. Sehingga, detailnya, gambar yang ditampilkan akan lebih tajam.

Baca juga:  Vivo IQOO Pro 5G Resmi Dirilis, Jagoan Baru Vivo dengan Prosesor Snapdragon 855 Plus

Di sisi lain, iPhone 8 Plus masih mengunakan tombol Home dan Touch ID sementara pada iPhone XR sepenuhnya dihilangkan dan diganti dengan Face ID unlock yang lebih canggih dan modern. Tetapi, ada orang yang menyukainya dan beberapa orang masih lebih suka bentuk desain pada iPhone 8 Plus. Ini tergantung pada preferensi pribadi masing-masing pengguna.

Kamera: Pilih FaceID atau kamera ganda belakang?

IPhone XR memiliki kamera depan yang dapat merasakan kedalaman bidang baik dan mendeteksi wajah Anda. Karena itu, Anda dapat membuka kunci ponsel atau mengotorisasi kata sandi yang disimpan dengan FaceID dan sudah tidak menggunakan sidik jari dan juga Anda dapat membuat emotikon animasi yang mencerminkan gerakan wajah Anda. Namun, kelemahan pada iPhone XR hanya dilengkapi dengan satu kamera pada bagian belakang, belum menggunakan dual kamera. Kamera ini hanya memiliki kemampuan zoom optik digital dan mengambil foto pengkaburan latar belakang menggunakan perangkat lunak tidak seperti lensa telefoto seperti yang dimiliki iPhone 8 Plus.

Namun, berdasarkan evaluasi penggunaan, kualitas gambar pada iPhone XR lebih baik, termasuk kemampuan untuk mengambil gambar dengan pengkaburan latar belakang atau 2X zoom juga lebih baik daripada iPhone 8 Plus. Selain itu, kluster kamera utama pada kedua ponsel ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan studio, tetapi untuk kamera depan, iPhone XR dilengkapi dengan fitur ini sementara 8 Plus tidak akan memilikinya.

Baca juga:  WOW… Ternyata Ada HP Android Murah Dibawah 1 Juta yang sudah 4G 2019

Kinerja: iPhone XR jauh lebih baik

Dalam hal kapasitas pemrosesan dan kecepatan dalam kinerja hariannya, sulit untuk melihat perbedaan signifikan dalam kecepatan dan ketika melakukan tugas sehari-hari seperti membuka aplikasi dan mengaktifkan kamera, kedua smartphone tampaknya bekerja cepat dan sepertinya tidak ada latensi. Tetapi perbedaannya hanya terjadi ketika kita melakukan tugas yang lebih berat seperti menonton video atau bermain game berat.

Dalam hal daya tahan baterai, iPhone XR memberikan waktu penggunaan yang jauh lebih baik dengan hampir 20 jam pemutaran video, sedangkan iPhone 8 Plus hanya mencapai 13 jam 45 menit. Hasil ini menunjukkan betapa hebatnya masa pakai baterai pada iPhone XR dan ini juga merupakan smartphone dengan baterai terbaik di iPhone yang pernah dirilis Apple.