Xiaomi Mi A2 dan Xiaomi Mi A2 Lite adalah dua nama smartphone yang sedang trend di segmen smartphone murah. Jika Sobat bertanya-tanya ponsel mana yang lebih layak dibeli, silakan simak artikel berikut ini.

Perbandingan Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite

Xiaomi memiliki banyak produk berkualitas dan harga murah dan terjangkau di pasaran saat ini. Namun memiliki beberapa ponsel dan memberi nama ponselnya dengan nama yang relatif sama, membuat pengguna agak bingung dalam memilihnya. Di segmen 2 jutaan, Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite semuanya adalah produk yang bagus. Artikel kali ini akan membandingkan detail dari Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite, sehingga Sobat teknocanggih dapat membuat keputusan rasional tentang smartphone mana yang akan dibeli.

Desain Mi A2 dan Mi A2 Lite

Hal yang sama dalam desain dirancang dalam tren bezel tipis dari Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite. Xiaomi Mi A2 Lite akan mengikuti tren notch berponi, sedangkan Mi A2 memiliki layar penuh, tanpa poni. Oleh karena itu, perbatasan layar Mi A2 Lite akan sedikit lebih tipis, tetapi bagi mereka yang tidak memiliki simpati dengan notch berponi masih lebih menyukai Mi A2.

Bagian belakang kedua mesin ini sangat mirip dengan kamera gsobat, tata letak sensor sidik jari vertikal dan yang sama. Terbuat dari logam tetapi Mi A2 lebih koaksial dengan dua strip antena gsobat, sedangkan Mi A2 Lite memasangkan dua resin lagi untuk bertindak sebagai antena. Ini bisa dimaklumi karena harga Mi A2 lebih mahal, sehingga kualitas finishnya juga lebih tinggi.

Baca juga:  5 Daftar HP Xiaomi yang Resmi di Indonesia Terbaru dan Bergaransi

Dalam hal ukuran keseluruhan dan grip, Xiaomi Mi A2 Lite secara signifikan lebih kecil karena memiliki layar lebih kecil dan bezel lebih tipis. Namun, Mi A2 juga tidak terlalu besar.

Layar Mi A2 dan Mi A2 Lite

Ukuran layar Xiaomi Mi A2 6 inci, Full HD + resolusi, rasio 18: 9, teknologi IPS LCD. Sedangkan Mi A2 Lite adalah 5,84 inci, Full HD + resolusi, aspek rasio 19: 9, teknologi IPS LCD. Keduanya berkualitas tinggi, menampilkan resolusi tinggi yang menampilkan warna-warna cerah, tajam, dan akurat. Seperti disebutkan di atas, perbedaan terbesar adalah Mi-A2 memiliki layar yang lebih besar, tidak ada notch berponi seperti pada Mi A2 Lite.

Konfigurasi Mi A2 dan Mi A2 Lite

Inilah perbedaan konfigurasi antara Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite. Xiaomi Mi A2 Lite berjalan pada prosesor Snapdragon 625 chip 8-core, yang merupakan yang cukup kuat dalam kisaran harga smartphone mid-range. Namun, Xiaomi Mi A2 ditenagai oleh Snapdragon 660. Snapdragon 660 adalah prosesor paling kuat dari seri 600 saat ini dengan GPU Adreno 512 yang kuat dan delapan core Kryo high-end. Kekuatan Snapdragon 660 bahkan sebanding dengan Snapdragon 835.

Jika Sobat sering memainkan game berat, Xiaomi Mi A2 akan lebih baik daripada Mi A2 Lite. Xiaomi Mi A2 Lite hanya cocok untuk game ringan. Namun dalam penggunaan normal, kedua mesin berjalan dengan lancar, perbedaannya hanya pada saat bermain game.

Baca juga:  Bocoran Perbandingan Galaxy S10 vs Galaxy S9

Baik Mi A2 dan Mi A2 Lite tersedia dipasaran dengan RAM opsional 4GB. Namun yang mengejutkan, Mi A2 Lite memiliki memori internal yang lebih besar dengan memori 64GB dibandingkan dengan 32GB dari Xiaomi Mi A2. Ini juga merupakan informasi berharga bagi Sobat untuk membuat pilihan yang tepat dalam hal memori internalnya.

Kamera Mi A2 dan Mi A2 Lite

Kamera yang sama menggunakan dual kamera tetapi ada perbedaan besar dalam kualitas sensor antara Mi A2 dan Mi A2 Lite. Xiaomi Mi A2 mencakup dua kamera 12MP + 20MP sedangkan Mi A2 Lite 12MP + 5MP. Kamera belakang Xiaomi Mi A2 sangat baik karena telah menggunakan lensa Sony IMX486, piksel besar 1,25um dan aperture besar f / 1,75. Dalam kondisi normal, kualitas gambar dari dua kamera tidak jauh berbeda, tetapi ketika kurang cahaya, Mi A2 secara signifikan lebih baik. Kamera depan Xiaomi Mi A2 juga lebih baik dengan resolusi 20MP dari 5MP Xiaomi Mi A2 Lite.

Masa pakai baterai

Selain dalam hal konfigurasi dan kamera tetapi masa pakai baterai, Xiaomi Mi A2 Lite mengungguli kapasitas baterai 4000 mAh. Baterai ini memungkinkan Sobat menggunakan Mi A2 Lite selama 2 hari. Bahkan, Xiaomi Mi A2 juga memiliki baterai yang cukup baik dengan baterai 3010 mAh, tetapi angka ini tidak dapat dibandingkan dengan Mi A2 Lite.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga HP Samsung J7 Prime Terbaru 2018

Harga jual Mi A2 dan Mi A2 Lite

Saat ini Xiaomi Mi A2 dijual 1,7 juta di toko online dan merupakan harga termurah dipasaran. Dengan harga tersebut, Sobat sudah mendapatkan RAM 4GB dan memori internal 32GB. Harga Xiaomi Mi A2 Lite bahkan lebih mahal, untuk harga termurah dipasaran online saat ini jika Sobat ingin membeli Xiaomi Mi A2 Lite maka Sobat harus membeli dengan harga baru 2 jutaan. Dapat dilihat bahwa harga Xiaomi Mi A2 Lite lebih mahal daripada Xiaomi Mi A2.

Setelah membandingkan kriteria di atas, mungkin setiap pengguna memiliki pilihan sendiri. Xiaomi Mi A2 memiliki keuntungan dari konfigurasi yang kuat, kamera pencitraan yang baik dan Mi A2 Lite memiliki memori internal yang besar, desain yang ringkas, masa pakai baterai yang lebih lama tetapi memiliki harga yang lebih mahal. Juga apakah akan menikmati layar notch berponi atau tidak, ini tergantung pada keputusan Sobat untuk membeli salah satu smartphone terbaik Xiaomi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here