Sejak peluncuran Zenfone Max Pro M1, Asus tampaknya akan fokus pada segmen smartphone murah dan kali ini Asus juga telah memasarkan smartphone barunya dengan seri Asus Zenfone Lite L1.

Spesifikasi Asus Zenfone Lite L1

Asus baru-baru ini meluncurkan dua smartphone murah yaitu Zenfone Max M1 dan Zenfone Lite L1. Meskipun kedua ponsel memiliki spesifikasi yang sama, ada beberapa perbedaan kecil dalam spesifikasi kamera. Dalam hal harga, Asus Zenfone Lite L1 sedikit lebih murah, tetapi tetap memiliki daya tarik tersendiri. Smartphone ini masih bisa bersaing dengan rivalnya seperti Xiaomi di segmen yang sama. Mari kita tinjau serta evaluasi Smartphone Asus Zenfone Lite L1 pada artikel berikut ini untuk melihat apakah Asus Zenfone Lite L1 benar-benar layak untuk Sobat dibeli atau tidak.

Desain Zenfone Lite L1

Karena Zenfone Lite L1 adalah smartphone murah, Asus telah melakukan banyak hal untuk memangkas biaya produksi. Ini dilihat melalui desainnya sendiri yang seluruhnya hanya terbuat dari bingkai plastik. Ponsel ini memiliki layar IPS LCD 5,45 inci dan aspek rasio 18:9 serta memiliki resolusi 720 × 1440 piksel, dengan kepadatan pixel 295ppi.

Berkat rasio 18:9 bezel pada Smartphone ini bisa dibilang begitu tipis. Untuk bagian belakang, Zenfone Lite L1 memiliki satu kamera dan tidak ada sensor sidik jari. Di bagian depan, ponsel ini juga memiliki sensor selfie bersama dengan flash dan LED untuk notifikasi. Selebihnya, Zenfone Lite L1 masih menggunakan port micro USB untuk mengisi daya, speaker simetris dengan mikrofon percakapan dan tombol fisik terletak di tepi kanan perangkat.

Baca juga:  Review samsung galaxy j4+: Harga Terbaru dan Spesifikasi Lengkap 2018

Sobat akan puas bahwa jack headphone 3.5mm dipertahankan di bagian atas unit, tetapi posisinya sedikit aneh. Asus tidak menempatkan jack di bagian tengah atau disudut seperti ponsel lainnya, meskipun itu tidak banyak mempengaruhi pengalaman pengguna. Secara keseluruhan, Zenfone Lite L1 cukup bagus dengan desain bodinya.

Kinerja Zenfone Lite L1

Asus Zenfone Lite L1 didukung oleh prosesor SoC Snapdragon 430 Qualcomm. Chip ini memiliki empat core Cortex A53 yang berjalan pada 1.4GHz dan arsitektur GPU Adreno 505. Chip ini juga Asus gunakan pada Zenfone 3 Max. Meskipun chipset tersebut cukup populer pada smartphone di segmen seperti ini, namun Asus harus memilih untuk menggunakan chip MediaTek Helio A22 yang diperkenalkan lebih dulu pada Redmi 6A. Meskipun tidak mengesankan, Zenfone Lite L1 tetap memberikan kinerja sangat baik dengan RAM 2GB yang dimilikinnya.

Mempertimbangkan harga Asus Zenfone Lite L1 yang murah, bisa dibilang ponsel ini dapat menangani tugas sehari-hari dengan cukup nyaman. Namun, hanya memiliki RAM 2GB sehingga membuat multitasking tidak terlalu bagus. Mesin akan panas jika ada terlalu banyak aplikasi yang berjalan sekaligus, dan Sobat perlu menghapus aplikasi tersembunyi. Ponsel ini dilengkapi dengan Android Oreo 8.0 dengan ZenUI yang cukup ringan.

Karena Asus Zenfone Lite L1 adalah ponsel murah, sensor sidik jari dihilangkan. Sobat dapat membuka kunci dengan cepat dan nyaman dengan pemindaian wajah. Ini tidak secepat scan sidik jari, tetapi lebih baik daripada memasukkan pin atau kata sandi. Tentu saja, Face Unlock tidak akan seaman Face ID Apple atau teknologi pemindaian 3D lainnya.

Baca juga:  5 Smartphone dengan Masa Pakai Baterai Terbaik di Tahun 2018

Kamera Zenfone Lite L1

Zenfone Lite L1 dilengkapi dengan kamera 13MP dengan bukaan f / 2.0 dengan lampu kilat LED dan fokus fase AFAF. Kemampuan untuk menangkap gambar dalam kondisi terang cukup baik. Gambar cukup tajam berkat mode HDR dan fokus kameranya cepat. Ponsel ini juga menambahkan fitur lain seperti mode potret dan penangkapan panorama.

Mode potret bekerja dengan baik dalam memisahkan subjek dari latar belakang, meskipun prosesnya algoritmik dan tidak memiliki lensa bantu. Sayangnya, banyak hal terlihat kurang dalam kondisi cahaya rendah, tetapi ingat Zenfone Lite L1 hanyalah smartphone murah.

Di depan dan belakang kamera, Zenfone Lite L1 sudah dilengkapi dengan mode Beauty. Selfie kamera depan memiliki sensor 5MP, Selfie berjalan cukup baik dalam cahaya terang dan ketika menambahkan mode Portrait akan memberikan efek blur pada background meskipun hanya sensor tunggal.

Selain itu, kamera depan yang dilengkapi dengan lampu kilat juga membantu mengambil foto selfie dalam cahaya yang lebih baik. Secara umum, kamera pada Zenfone Lite L1 memberikan hasil yang bagus dalam beberapa kasus, dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Baterai Zenfone Lite L1

Zenfone Lite L1 dilengkapi dengan baterai 3000mAh, yang memberikan kenyamanan penggunaan sehari-hari. Satu-satunya kekurangannya adalah ketika bermain game berat atau multitasking yang membuat ponsel panas dan mengurangi daya tahan baterai cukup banyak. Saya harap kelemahan ini dapat diperbaiki melalui pembaruan perangkat lunak dari Asus. Tidak ada pengisian daya baterai cepat pada Asus Zenfone Lite L1, tetapi Sobat hanya perlu 2 jam untuk mengisi baterai secara penuh.

Baca juga:  Ini Dia 6 Hp Ram 3gb Harga 1 Jutaan

Harga Asus Zenfone Lite L1

Zenfone Lite L1 merupakan pendekatan cerdas dari Asus di segmen smartphone murah. Ini adalah opsi yang sangat baik dalam kisaran harga di bawah 2 jutaan yang mirip dengan Xiaomi.

Ponsel ini memiliki 2 versi warna, yaitu hitam atau kuning yang bisa Sobat teknocanggih pilih. Untuk mendapatkan Asus Zenfone Lite L1, Sobat hanya cukup mengeluarkan uang sekitar 1,3 juta saja. Hmm cukup murah bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here