Tutorial Filter Layar Smartphone Android

Tutorial Filter Layar Android – Smartphone adalah salah satu perangkat elektronik yang tidak bisa lepas dari tangan kita.

Hampir setiap saat kita memegang smartphone bahkan saat di atas tempat tidur kita pun masih menggunakan perangkat pintar ini. Padahal salah satu dampak yang paling cepat terasa akibat penggunaan smartphone berlebihan adalah kelelahan pada mata akibat terpapar layar smartphone yang terlalu terang atau pemakaian di tempat yang redup.

Dampak jangka panjangnya bisa membuat mata minus atau gangguan mata lainnya.

Tutorial Filter Layar Android

Nah, berikut ini ada tutorial filter layar smartphone android yang bisa Sobat coba.

Filter ini bukan berupa lapisan layar tambahan seperti pada komputer yang ditempel didepan layar, namun berupa aplikasi yang akan membuat cahaya dari layar smartphone lebih nyaman untuk mata.

Lalu seperti apakah langkah-langkahnya? Berikut ulasannya untuk Sobat.

1.Unduh dan instal aplikasi filter layar smartphone di PlaystoreAda beberapa aplikasi untuk memberikan filter layar pada smartphone Sobat, namun kali ini kita merekomendasikan sebuah aplikasi bernama Twillight: Blue Light Filter. Menurut penelitian dari berbagai sumber, Blue Light inilah yang membuat mata kita terus terjaga meskipun sudah di malam hari sehingga mata menjadi lelah dan mulai menurun fungsinya.

2. Buka aplikasi, berikan ijin untuk aplikasi jika dibutuhkanIjin aplikasi ini biasanya ada pada Aksesbilitas. Jangan khawatir, aplikasi ini aman untuk digunakan.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Video Yang Goyang Saat Merekam

3. Pada halaman awal, akan muncul tiga menu pengaturan yakni Color Temperature, Intensity, dan Screen Dim.

Berikut penjelasannya

Color Temperature:

Disini Sobat akan mengatur cahaya biru atau Blue Light pada layar dengan memberikan warna yang hangat. Sebagai rekomendasi, set color temperature ke angka antara 3000 hingga 3200 sesuai dengan kenyamanan Sobat. Karena angka 3500 tidak akan membuat mata Sobat rileks.

Intensity

Disini Sobat akan mengatur intensitas kekuatan filter pada layar. Untuk rekomendasi, set intensitas pada angka 30% atau intensitas lainnya yang nyaman dengan mata Sobat.

Screen Dim

adalah keredupan layar. Untuk yang satu ini Sobat bisa memanfaatkan pengaturan pada smartphone Sobat tersendiri. Namun pengaturan Screen Dim ini juga bisa Sobat atur sesuai dengan kenyamanan Sobat yang juga bergantung pada kondisi cahaya dalam ruangan Sobat.

4. Setting pengaturan lebih lanjut untuk setting filter secara otomatis. Terdapat empat buah menu pilihan yakni Always, Sun, Alarm dan Custom. Berikut penjelasan untuk setiap menunya

Always

Untuk pilihan Always, itu artinya Sobat akan selalu menyalakan filter selama 24 jam nonstop. Settingan ini mungkin akan membuat Sobat kurang nyaman untuk pemakaian smartphone di luar ruangan.

Sun

Selanjutnya untuk pilihan Sun, Sobat akan mengatur filter secara otomatis berdasarkan waktu matahari terbit. Sobat terlebih dahulu harus mengatur lokasi dimana Sobat tinggal dan juga untuk pilihan ini Sobat harus selalu terhubung ke internet.

Baca juga:  Tutorial Light Painting Menggunakan Smartphone Android

Alarm

Seperti namanya, aplikasi Twillight ini akan menyesuaikan dengan alarm yang Sobat miliki. Namun untuk beberapa smartphone membutuhkan aplikasi tambahan yang bisa diunduh secara gratis di Playstore.

Custom

Dari ke empat pilihan, mungkin pilihan terakhir ini yang tepat untuk Sobat. Sobat dapat mengatur waktu kapan aplikasi ini akan memasang filter dan kapan aplikasi akan mematikan filternya.

Sobat tinggal mengatur durasi waktunya dan akan lebih baik, agar dapat membantu istirahat Sobat, sebaiknya aplikasi disetting beberapa jam sebelum Sobat tidur dan dimatikan sebelum Sobat bangun. Misal pukul 19.00 hingga pukul 04.00.

Nah itulah langkah dan penjelasan mengenai tutorial filter layar smartphone android yang bisa Sobat coba. Memang, akibat dari pemakaian ini mungkin layar smartphone Sobat akan terlihat redup dan berwarna oranye dan juga warnanya tidak akan terlihat cerah.

Namun, yang terpenting dari efek sampingnya adalah manfaat positifnya yakni mata Sobat akan lebih terjaga karena cahaya biru yang dihasilkan oleh smartphone Sobat berkurang.

Untuk lebih dalam memahami tentang dampak buruk terlalu lama melihat layar smartphone, Sobat bisa mencari artikel kesehatan yang terkait.

Semoga tutorial ini bermanfaat untuk Sobat terutama dalam menjaga kesehatan Sobat.